1. Lifestyle

Akankah 9GAG Masuki Pasar Gaming Lebih Serius?

Founder Ray Chan menyebut 9GAG sebagai 'tujuan orang-orang yang ingin membunuh waktu dan bersenang-senang'. 9GAG ialah rumah dari ribuan internet meme, disajikan dalam bentuk gambar dan gif. Sejauh ini, kontennya diisi sendiri oleh komunitas 9gaggers, tapi pengungkapan permainan Readhead Redemption merupakan sebuah lembaran baru serta eksperimen menarik.

Layaknya Reddit atau Digg, 9GAG dirancang untuk menjadi platform interaksi antara user melalui cara yang unik. Pada Tech Crunch, Chan menjelaskan bahwa mereka tak tahu-menahu soal pembuatan game. Namun arah permainan mulai berubah sesudah ia bertemu CEO TouchTen Games, Anton Soeharyo, dalam acara di Singapura bulan Oktober 2014. Dua bulan kemudian, terlahirlah permainan perdana 9GAG, sekaligus versi remaster Cute Kill dan parodi Red Dead Redemption buatan Rockstar.

Sang CEO menuturkan, ia dan timnya ingin selalu menciptakan nilai lebih bagi para pengguna. Di sisi lain, mereka membutuhkan pemasukan, dan cara terbaiknya adalah langsung dari komunitas. Berkat luasnya cakupan 9GAG, start awal Redhead Redemption terbilang sukses. Game freemium ini diunduh 100.000 kali hanya dalam dua hari semenjak ketersediaannya di Malam Natal.

Data lainnya tidak kalah mengagumkan: permainan buatan studio asal Jakarta tersebut diinstal ke lebih dari 500.000 device, di-rating oleh 68.000 lebih user, serta memperoleh skor 4,6 dari 5 bintang. Padahal 9GAG sama sekali tidak mengeluarkan biaya untuk beriklan. Jika Anda berkunjung ke sana, cuma ada tambahan kategori bertuliskan 'Game' di bagian atas, membawa Anda langsung ke laman Google Play.

 

Info menarik: Kolaborasi 9GAG dan TouchTen Hadirkan Game Readhead Redemption

 

Apa alasan mereka berkolaborasi bersama TouchTen? Chan mengakui ada banyak sekali game-game bermutu racikan studio asal Asia. Belakangan kompetisi semakin ketat dan biaya per instal kian naik, membuat kesempatan developer kecil menyempit. "Kami pikir akan sangat menarik seandainya kami bisa bekerja dengan studio-studio [permainan], dan membantu mereka mempublikasi," tutur Chan.

Strategi ini merupakan solusi yang membawa dampak positif ke semua: 9GAG, developer serta user. Dan kebetulan, Ray Chan ialah penggemar TouchTen Games. Di perspektif developer, 9GAG dapat berfungsi sebagai batu lompatan, membantu mereka membangun reputasi, dan menjadi medium umpan balik langsung dari komunitas.

Kini pertanyaan terbesarnya adalah, akankah 9GAG lebih serius memasuki industri gaming? Sepertinya iya. Mereka sedang mencari studio 'terpercaya' berisi 10 sampai 20 orang untuk meracik permainan 9GAG selanjutnya...

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again