30 December 2013

by Yoga Wisesa

Akses Perangkat Elektronik Rumah dari Smartphone Anda Dengan PlugAway

Pernahkah saat meninggalkan rumah, Anda barus sadar telah melupakan sesuatu yang penting: lupa menyalakan lampu, mematikan TV hingga mematikan mesin kopi? Anda harus segera kembali ke rumah, padahal Anda sudah telat untuk berangkat ke kantor. Seorang desainer bernama John Storm meracik sebuah device yang membuat hidup Anda jauh lebih mudah.

Dengan memimpin tim developer berbasis Beijing, China, bernama Torrap, John Storm dengan bangga memperkenalkan PlugAway. Ia adalah sebuah perangkat yang mengusung konsep smart home dan tersinkronisasi dengan jaringan Wi-Fi sehingga pengguna bisa mengatur fungsi rumah hanya dengan mengakses smartphone.

Plugaway memanfaatkan fungsi Smart Plugs & LED Bulbs dimana Anda bisa mengontrol dan memonitor rumah dimanapun Anda berada. Yang lebih canggih lagi adalah ia diusung dengan konsep open-source - developer dapat bebas mengutak-atiknya - dan sama sekali tidak membutuhkan firmware.

Dari laman Kickstarter mereka, para pengembang PlugAway menjelaskan mengapa device ini sangat bermanfaat. Jika Anda sudah terlanjur meninggalkan rumah, Anda bisa menyalakan atau mematikan perangkat apapun yang ada di rumah. Aplikasi dan device PlugAway menyajikan akses per kategori - seperti ruang keluarga atau kamar tidur. Pengguna akan tahu jika ia meninggalkan mesin kopi menyala di dapur.

Dengan metode akses yang sama, Anda bisa berhemat listrik jauh lebih efisien. Pengguna dapat mengkustomisasi kapan pendingin udara menyala dan berhenti bekerja, mengelola waktu aktif dan pijar cahaya lampu hingga pernak-pernik lain. Bukan itu saja, Anda juga bisa mengkustomisasi 'mood' rumah untuk acara berbeda seperti pesta, menonton film bersama-sama atau waktu 'berkualitas' bersama pasangan.

PlugAway tersaji dalam berbagai tipe dan desain 'colokan' berbeda. Di dalamnya terdapat rangkaian kapasitor, CPU, chip Wi-Fi dan teknologi smart LED yang saling bersinergi. Anda hanya tinggal menyambungkan perangkat yang diinginkan dengan Plugaway dan mengutak-atiknya secara nirkabel via smartphone.

Seperti yang sedikit disebutkan di atas, PlugAway mengadopsi ide open-source. Anda bisa membuat app sendiri, membubuhkan fitur ini itu, memberikan kemampuan keamanan atau menggunakan preset yang telah disiapkan oleh Torrap seperti setting, skin dan lain-lain. Hal itu membuatnya sempurna digunakan oleh para desainer interior, pemilik restoran hingga developer yang ingin menciptakan brand mereka sendiri.

Ide penciptaan PlugAway sendiri sangat simpel. Terinspirasi dari semangat wirausaha istri salah satu penciptanya, Richard Cai mengkombinasi teknologi mobile yang ada sekarang dan konektivitas Wi-Fi. Mereka memikirkan sebuah cara bagaimana konsep smart home bisa tersaji dengan murah - kita tahu biaya adalah faktor penghalang utama konsumen untuk menggunakan ide ini. Maka akhirnya dimulailah proyek PlugAway.

App device ini tersaji gratis dan dirancang baik untuk Android maupun iOS - semoga saja para desainernya juga menyiapkan versi WP. Anda bisa mendapatkan tema, skin, mood, firmware (sebelumnya mereka mengklaim bahwa PlugAway akan 'bebas' firmware) di PlugAway.co.

Sumber gambar: Kickstarter.com.