1. Startup

Akulaku Suntik Dana 500 Miliar Rupiah ke Bank Yudha Bakti

Di tahap awal mengambil 8,9% saham BBYB, mendukung usaha bank melakukan transformasi digital

Bank Yudha Bakti (BBYB), bank Buku I yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, mengumumkan perolehan dana secara bertahap sebesar 500 miliar Rupiah dari platform pembiayaan digital Akulaku. Di tahap awal, Akulaku mengambil alih kepemilikan 8,9% saham yang sebelumnya dipegang pemilik mayoritas Gozko Capital senilai 158 miliar Rupiah. Akulaku juga akan menjadi pembeli siaga bagi proses right issue BBYB Mei mendatang.

Dikutip dari Kontan, Direktur Utama BBYB Denny Novisar Mahmuradi mengatakan, "Akulaku ini perusahaan fintech yang memiliki keahlian di teknologi. Kami akan bersinergi dan dengan dukungan teknologi yang mereka punya, kami akan bisa menambah bisnis baru."

Transformasi digital BBYB diharapkan mendukung usaha perusahaan untuk naik kelas dari Buku I ke Buku II dengan kepemilikan modal inti antara Rp1 triliun hingga kurang dari Rp5 triliun. Selain dengan Akulaku, BBYB juga menggandeng Telkom Group untuk peningkatan infrastruktur.

Akulaku menurut Startup Report 2018 memiliki valuasi lebih dari $500 juta (lebih dari 7 triliun Rupiah) setelah kabar pendanaan Seri D dari Alibaba awal tahun ini. Dukungannya terhadap entitas perbankan bisa membantu perusahaan menjangkau lebih banyak calon konsumen baru, termasuk potensi mengembangkan produk bersama.

Akulaku sendiri baru saja meluncurkan produk peer-to-peer lending terafiliasi dengan nama Asetku.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again