Categories

Interview

Alasan DapurMasak Memilih Cookpad Sebagai Mitra Strategis

Hesti Pratiwi - 28 January 2014

Awal tahun 2014 ini startup DapurMasak mendapat suntikan dana dan kemitraan strategis dari CookPad. Soegianto, founder DapurMasak menyatakan pada DailySocial bahwa suntikan dana itu menurut rencana akan digunakan untuk memperkuat tim serta mobile apps yang akan diluncurkan pada Juni 2014 ini.

Soegianto berkisah, setelah memenangkan SparxUp 2012 lalu, telah ada pendekatan dari investor dan pertemuan dengan beberapa VC (Venture Capital). Langkah yang diambil Soegianto untuk mulai melakukan pendekatan mencari investor didasari masukan bahwa bila ingin menjadi besar, tidak bisa berpikir sebagai startup terus dengan hanya dua orang yang menjalankan perusahaan itu.

“Awalnya ada investor yang melakukan pendekatan dengan cukup agresif, namun pendekatan tersebut tak membuat saya nyaman. Padahal saat itu, banyak yang menyarankan kalau tidak mendapatkan penawaran lebih baik dari ini ambil saja. Tetapi dengan sangat berat, dan setelah melakukan pertemuan dengan beberapa VC, saya mulai percaya diri untuk menolak investor,” tutur Soegianto.

Soegianto sendiri pernah satu kali bertemu dengan Aki Sano dari CookPad, yakni pada saat acara BootsAsia 2012 lalu. 1,5 tahun setelah itu, ia pun mengirimkan email kepada Aki Sano, namun email tersebut sampai tiga kali dikirim tidak dijawab. “Ketika menjawab email, pertanyaan mendasar Aki Sano adalah ‘Memang orang Indonesia masak?’ yang langsung saya jawab dengan hasil riset," kenang Soegianto.

Setelah berbicara melalui Skype selama dua hingga tiga jam dengan Aki Sano, akhirnya CookPad setuju untuk berinvestasi. “Aki Sano tanya, 'kamu mau saya invest atau jadi mentor saja?' Sebenarnya buat saya jadi mentor saja sudah cukup. Tetapi karena tujuan DapurMasak ingin besar, jadi saya pilih dua-duanya,” papar Soegianto.

Saat ini DapurMasak mencapai 8000 pengalaman memasak, termasuk di dalamnya Resep dan Recook. Untuk traffic perbandingan dengan situs dunia lainnya. Apalagi dibandingkan dengan dua perusahaan lain yang dibeli CookPad, AllTheCook dengan 1 juta pengguna dan Mis Recetas dengan 6 juta pengguna. Sementara hingga saat ini, DapurMasak hampir mencapai 700 ribu visit per bulan. Kesamaan visilah yang menyatukan CookPad dan DapurMasak untuk bermitra.

Menjadi bagian dari keluarga Cookpad, ia menjelaskan bahwa tim DapurMasak tak hanya bisa belajar dari CookPad yang sudah lama hadir, dan punya 20 juta pengguna, namun bisa saling belajar dari dua perusahaan lainnya. “Dalam waktu dekat kami akan saling bertemu.”

Soegianto mengatakan kemitraan yang terjalin dengan CookPad merupakan langkah yang tepat dan cukup memuaskan. Karena pertama CookPad dan DapurMasak mempunyai kesamaan visi, yakni membantu orang. DapurMasak hadir menjawab kebutuhan ibu-ibu yang sudah masak setiap hari tapi merasa kurang dihargai. Bagaimana sesuatu yang dihasilkan di dapurnya bisa dikenal, diakui dan dihargai banyak orang. “Pada dasarnya semua orang ingin dihargai,” lanjut Soegianto.

Yang menyatukan DapurMasak dan CookPad adalah fokus pada membangun platform yang bagus, fokus terhadap pengguna dan menjawab permasalahan mereka.

“Selama ini kalau punya asumsi kita tahunya lempar ke publik, lihat responnya. Sekarang kalau punya asumsi, Aki Sano sarankan tanya pada user. Gunakan feedback dari user jangan pakai asumsi.”

Fokus Pada Produk Suntikan dana yang diterima ini membantu DapurMasak untuk dapat fokus pada tim dan produk. “Tiga bulan awal adalah mengumpulkan orang-orang baik yang ada di pasar. Yang terpenting satu kultur dan mau belajar.”

Kekuatan DapurMasak sendiri adalah resep masakan sehari-hari yang simpel dan mudah dipraktikan. DapurMasak itu menurut Soegianto kekuatannya terletak pada kesederhanaan bukan kerumitannya.

Setelah membentuk tim, saat ini DapurMasak akan fokus pada membereskan platformnya. Untuk selanjutnya akan mempersiapkan mobile app. Lebih dari setengahnya pengguna DapurMasak, sekitar 60 persennya, mengakses situs melalui mobile device. Platform Android memimpin dengan prosentase terbesar sebanyak 43 persen. Posisi selanjutnya BlackBerry 22 persen, 18 persen feature phone, dan 12 persen IOS.

Mobile app ditargetkan akan rilisJuni 2014 mendatang dengan platform Android, mengingat jumlah pengakses DapurMasak paling banyak dari perangkat Android.

[Ilustrasi  Foto: Shutterstock]

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter