Categories

Berita

Alfacart Klaim Adanya Peningkatan Bisnis dari Strategi Online-to-offline

Dalam 5 bulan berjalan, tercatat 79% pelanggan gemar melakukan pembayaran di gerai Alfamart

Yenny Yusra - 9 November 2016

Strategi Alfacart untuk melancarkan skema online-to-offline diklaim terus mengalami peningkatan. Sejak 5 bulan menjalankan bisnisnya, Alfacart telah memiliki 7000 gerai Alfamart yang terintegrasi di seluruh Indonesia hingga kuartal ketiga tahun 2016. Saat ini Alfacart masih memiliki beberapa rencana terkait dengan  pertumbuhan bisnis, di antaranya payment point, pick up point, delivery point, drop off point, purchase point dan return point.

"Kami di Alfacart mencatat sekitar 79% pelanggan Alfacart lebih menyukai pilihan pembayaran langsung di gerai Alfamart terdekat, dan untuk produk yang dibeli kebanyakan adalah kebutuhan rumah tangga sehari-hari," kata CEO Alfacart Catherine Hindra Sutjahyo saat acara temu media hari ini di Jakarta.

Saat ini berdasarkan peringkat Alexa situs Alfacart telah menempati posisi ke-tujuh untuk situs e-commerce yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Peringkat tersebut di bawah Tokopedia yang menempati posisi pertama disusul Bukalapak, Lazada, elevenia, OLX, Blibli dan Alfacart.

"Meskipun terbilang masih sangat muda usia dari Alfacart namun kami mampu masuk dalam 10 besar e-commerce favorit di Indonesia. Diharapkan hingga tahun 2017 nanti peringkat bisa semakin baik," kata Catherine.

Fitur Drop Off dan Barcode

Sebagai layanan e-commerce yang mengedepankan teknologi untuk memudahkan pengalaman berbelanja pelanggan, Alfacart senantiasa menghadirkan inovasi terbaru. Yang saat ini tengah gencar dipromosikan adalah belanja dengan memanfaatkan barcode. Proses belanja yang terbilang mudah, cepat dan praktis.

"Dengan hanya melakukan scanning barcode di aplikasi Alfacart semua barang yang diinginkan sudah langsung masuk ke keranjang belanja, lebih cepat tanpa harus mencari merek produk yang diinginkan di aplikasi," kata Catherine.

Fitur lain yang menjadi andalan Alfacart adalah Drop Off. Selain pelanggan yang ingin memanfaatkan fitur ini, kini marketplace yang tergabung dalam Alfacart juga bisa memanfaatkan fitur Drop Off ini di semua gerai Alfamart terdekat.

"Kami ingin membantu marketplace mempermudah proses pengiriman kepada pelanggan, dengan memanfaatkan fitur Drop Off ini selanjutnya proses pengiriman akan dilakukan oleh tim Alfacart," kata Catherine.

Gandeng Samsung hadirkan promosi Shopping Festival 11.11

Menjelang Shopping Festival 11.11 mendatang Alfacart menggandeng Samsung menghadirkan promo gratis barang home appliance Samsung dengan berbelanja produk groceries atau kebutuhan sehari-hari rumah tangga di Alfacart. Dengan paket-paket yang disediakan pada tanggal 11 November mendatang pengguna bisa menikmati promo secara langsung dengan sistem pembelanjaan cicilan dengan pembayaran kartu kredit berupa voucher dari Alfacart dan Samsung.

"Kegiatan ini kami lakukan setelah melihat survei yang dilakukan oleh APJII yang menyebutkan 29,4 juta masyarakat Indonesia gemar melakukan pembelian kebutuhan rumah tangga secara online, dengan alasan itulah kami melancarkan kegiatan promosi ini," kata Catherine.

Alfacart berharap konsumen di Indonesia semakin mengenal nilai lebih yang ditawarkan oleh e-commerce dalam hal ini Alfacart, untuk membantu dan mempermudah kegiatan rutin masyarakat Indonesia dalam hal memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter