1. DScovery

Algoritma: Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, Serta Fungsi dan Manfaatnya

Algoritma dapat digunakan tidak hanya untuk menyelesaikan masalah komputer, tetapi juga untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang membutuhkan serangkaian proses.

Ketika kita membaca atau mendengar kata “algoritma” kebanyakan dari kita beranggapan bahwa kata tersebut berkaitan dengan bahasa pemrograman, ilmu komputer atau matematika. Ya, itu benar, tetapi apa sebenarnya arti algoritma itu?

Nah, artikel di bawah ini akan mengulas mengenai algoritma secara mendalam.

Pengertian Algoritma

Algoritma adalah metode atau langkah-langkah yang dirancang secara teratur dan berurutan untuk memecahkan atau menyelesaikan masalah melalui instruksi atau tindakan.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memberikan manusia kemampuan untuk menghasilkan karya yang semakin canggih dan kompleks. 

Meskipun komputer umumnya dapat melakukan perhitungan dengan cepat dibandingkan manusia, komputer tidak dapat memecahkan masalah dengan cara yang sama tanpa manusia mengajari mereka langkah-langkah yang telah ditentukan sebelumnya (algoritma). 

Algoritma dapat digunakan tidak hanya untuk menyelesaikan masalah komputer, tetapi juga untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang membutuhkan serangkaian proses atau langkah proses. Untuk lebih memahami apa itu algoritma, kita pelajari artinya dari beberapa sumber.

Pada beberapa sumber buku diperoleh pengertian dari algoritma di antaranya :

  1. Algoritma menurut (Kani, 2020, 1.19) adalah suatu upaya dengan urutan operasi yang disusun secara logis dan sistematis untuk menyelesaikan suatu masalah untuk menghasilkan suatu output tertentu.
  2. Algoritma berasal dari kata algoris dan ritmis yang pertama kali diperkenalkan oleh Abu Ja’far Muhammad Ibn Musa Al Khwarizmi pada 825 M di dalam buku Al-Jabr Wa-al Muqabla. Dalam bidang pemrograman, algoritma didefinisikan sebagai metode yang terdiri dari serangkaian langkah yang terstruktur dan sistematis untuk menyelesaikan masalah dengan bantuan komputer (Jando & Nani, 2018, 5).
  3. Algoritma menurut (Munir & Lidya, 2016, 5) adalah urutan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu persoalan.
  4. Algoritma merupakan sekumpulan instruksi atau langkah-langkah yang dituliskan secara sistematis dan digunakan untuk menyelesaikan masalah / persoalan logika dan matematika dengan bantuan komputer (Sismoro, 2005, 29).

Ciri-ciri Algoritma

Menurut Donald E. Knuth, sebuah algoritma harus memiliki lima sifat penting yang saling berhubungan satu sama lain. Kriteria untuk algoritma ini meliputi yang berikut:

  1. Batasan

Algoritma harus berhenti ketika telah menyelesaikan sejumlah langkah, yaitu. H. merupakan tujuan akhir yang harus dicapai, sehingga program berhenti pada saat tujuan akhir tercapai. Sebuah program yang tidak pernah berhenti menunjukkan bahwa program tersebut mengandung algoritma yang salah.

  1. Definisi (Keamanan)

Setiap langkah harus didefinisikan dengan baik dan ambigu. Instruksinya jelas dan tidak ambigu, sehingga tidak ada kesalahan dalam keluarannya.

  1. Entrance (pintu masuk)

Posting ini adalah masalah yang perlu dihadapi dan dicari solusinya. Algoritma ini memiliki nol atau lebih masukan, yang merupakan himpunan yang diberikan kepada algoritma untuk diproses.

  1. Keberangkatan

Algoritma memiliki nilai output nol atau lebih. Tentunya hasil ini harus menjadi solusi atau solusi dari permasalahan tersebut. Hasilnya bisa berupa pesan atau kumpulan yang terkait dengan input.

  1. Kinerja (efisiensi)

Algoritme harus efisien, setiap urutan atau langkah harus sesederhana mungkin sehingga dapat diselesaikan dalam waktu yang wajar.

Jenis-jenis Algoritma

  1. Algoritma Sekuensial

Algoritma sequential adalah algoritma yang langkah-langkahnya berurutan dari awal sampai akhir. Langkah demi langkah akan diselesaikan secara berurutan dari atas ke bawah.

  1. Algoritma perulangan

Algoritma perulangan adalah suatu algoritma yang menjalankan beberapa langkah tertentu secara berulang-ulang atau looping. Masalah yang dihadapi juga memiliki langkah yang perlu diulang.

  1. Algoritma cabang atau kondisional

Algoritma kondisional adalah algoritma yang mengambil langkah berikutnya ketika ada syarat yang dapat dipenuhi.

Fungsi dan Manfaat Algoritma

Pada dasarnya, fungsi utama dari suatu algoritma adalah memecahkan suatu masalah. Secara lebih spesifik beberapa fungsi dan kelebihan dari algoritma tersebut adalah sebagai berikut:

  • Memfasilitasi penyederhanaan program yang kompleks dan besar.
  • Untuk memudahkan membuat program untuk masalah tertentu.
  • Kita dapat menggunakan algoritma beberapa kali untuk memecahkan masalah lain.
  • Membantu memecahkan masalah secara logis dan sistematis.
  • Untuk meminimalkan penulisan program yang berulang. 
  • Agar dapat melakukan pendekatan top-down dan divide and conquer.
  • Untuk memudahkan membuat program yang lebih jelas dan terstruktur sehingga lebih mudah dipahami dan dikembangkan.
  • Mempermudah proses editing program karena kita bisa melakukannya dalam satu modul saja tanpa harus mengubah modul lainnya.
  • Jika terjadi kesalahan, algoritma dapat membantu menemukannya berkat alur kerja yang jelas.
  • Proses dokumentasi sederhana.
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again