Categories

Otomotif

Alibaba Ungkap OS'Car RX5, Perwujudan Visinya Akan Sebuah Mobil Internet

Pengguna bisa membayar di SPBU atau kedai kopi tanpa perlu keluar dari mobil sama sekali

Glenn Kaonang - 12 July 2016

Selama berpuluh-puluh tahun, mobil kita kenal sebagai salah satu sarana transportasi. Akan tetapi di mata Alibaba, mobil merupakan bagian dari ekosistem Internet of Things. Akhirnya, setelah lebih dari setahun dikembangkan, visi mereka akan sebuah "mobil internet" terwujud lewat SUV bernama OS'Car RX5.

Seperti apa definisi mobil internet yang dicanangkan Alibaba? Apakah sekadar terhubung dengan berbagai layanan internet? Kalau seperti itu, sekarang saja sebenarnya sudah banyak mobil dengan kepintaran yang sama, meski mayoritas masih mengandalkan smartphone yang terkoneksi.

Tidak demikian untuk OS'Car RX5. Kuncinya ada pada sistem operasi YunOS yang didesain secara khusus untuk mobil ini. YunOS sendiri sebelumnya sudah banyak digunakan oleh perangkat smart home, dan kini ekosistemnya diperluas oleh mobil internet ini.

Menurut Dr. Wang Jian selaku direktur divisi Technology Steering Committee milik Alibaba, sistem operasi diibaratkan sebagai mesin kedua mobil, sedangkan data merupakan 'bahan bakar' baru di era serba digital ini. Berangkat dari konsep semacam itu, Alibaba telah mengintegrasikan sejumlah layanannya langsung ke dalam mobil.

Salah satunya adalah layanan pembayaran Alipay, dimana pemilik mobil bisa membayar di SPBU maupun kedai kopi tanpa harus turun dari mobil sama sekali. Mereka juga tidak perlu membuka aplikasi di ponsel atau menggesek kartu kredit; pembayaran berlangsung secara menyeluruh lewat Alipay, dan mobil yang dikemudikan bertindak sebagai medium otentikasi.

Sistem multimedia maupun pendingin udara bisa dikontrol via perintah suara, atau secara otomatis berdasarkan "internet ID" pengemudi / Alizila

Fitur pintar lainnya adalah dimana setiap pengemudi akan diberi "internet ID" yang berbeda, sehingga sistem operasi mobil mampu mengenali masing-masing pengemudi sekaligus memberikan rekomendasi musik tertentu, suhu pendingin udara maupun restoran terdekat berdasarkan perjalanan sebelum-sebelumnya.

Fitur perintah suara telah tertanam di dalamnya, demikian pula dengan sistem navigasi pintar yang tidak perlu mengandalkan GPS ataupun Wi-Fi untuk bisa melacak lokasi mobil di peta. Sebanyak tiga layar sentuh terpasang di dalam kabin demi memudahkan pengguna berinteraksi dengan YunOS.

OS'Car RX5 dikembangkan bersama SAIC Motor Corp., yang tidak lain merupakan pabrikan otomotif terbesar di Tiongkok. Alibaba sendiri saat ini sudah membuka pre-order mobil internetnya di kampung halamannya seharga 148.800 yuan, atau sekitar Rp 292 juta.

Sumber: Engadget dan Alizila.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter