19 March 2015

by Yoga Wisesa

All-New Hercules Ialah Visi Xenom Akan 'Desktop Gaming' Masa Depan

Sejak awal, masalah teknis dan minimnya optimalisasi menodai Assassin's Creed Unity. Itu sebabnya hanya PC paling tangguh saja yang mampu menangani Unity secara normal di setting maksimal. Game tersebut didemonstrasikan oleh GM Xenom Rolly Edward dalam peluncuran produk kelas antusias terbaru bertajuk 'Re-imagine Your Future Desktop PC'.

Di sana Assassin's Creed Unity berjalan mulus di atas 33 frame rate per detik dengan level tekstur, detail lingkungan, filter, shadow, dan pencahayaan diletakkan di opsi paling tinggi. Saat itu para jurnalis masih penasaran, produk baru seperti apa yang telah disiapkan produsen spesialis notebook gaming asli Indonesia ini? Membahas soal desktop, kita langsung memperoleh kesan bahwa akhirnya mereka memutuskan untuk melebarkan sayap ke pasar PC 'tradisional', hingga tiba saat All-New Hercules HC15 disingkap.

Ternyata Xenom mempunyai visi unik mengenai konsep PC desktop di masa depan. All-New Hercules sejatinya adalah notebook gaming. Mungkin alasan mengapa sang produsen mengangkat tema desktop terkait tingkat performanya - ia mampu menandingi, bahkan melewati kinerja PC berukuran besar tersebut. Dan jika dilihat lebih detail, kesamaan lain Hercules baru dengan desktop terletak pada prosesor di dalamnya.

Xenom All-New Hercules merupakan laptop gaming lokal pertama yang ditenagai chip kelas desktop, Intel Core i7 4790S (tersedia pilihan sampai 4790K, sangat overkill), serta mengusung Nvidia GeForce GTX seri 900, yaitu GTX 970M/980M. Komposisi hardware tersebut memungkinkan Hercules menyajikan kualitas permainan mulai di resolusi 1080p hingga 4K. Desain baik di dalam dan di luar telah dirombak, kini jauh lebih ramping serta lebih efisien dari pendahulunya.

Ketika diungkap pertama kali, Xenom Hercules ialah satu dari sedikit notebook dengan GPU ganda di pasar berkat teknologi SLI Nvidia. Menariknya, teknologi itu tak lagi hadir di All-New Hercules. Sang General Manager Xenom menjelaskan pada saya bahwa berkat chip olah grafis anyar dari Nvidia, satu GPU kini sudah cukup. Dan melalui pendekatan ini, Xenom bisa memperkecil ukurannya.

Perubahan besar diterapkan pada rancangan Hercules. Dahulu, Xenom tampak sangat peduli terhadap presentasi produk walau mengorbankan mobilitas. Ada LED logo Xenom tersemat di touchpad, lalu lampu LED di sekitar speaker akan aktif mengikuti output suara ala equalizer. Pernak-pernik ini tak muncul di All-New Hercules. Xenom sepertinya mengalihkan fokus pada keanggunan dalam kesederhanaan.

Bukan berarti build-quality-nya diturunkan. All-New Hercules menyuguhkan body 'all alloy' ramping, memastikan tubuh tetap kokoh dan proses pembuangan panas maksimal. Kemudian terdapat panel IPS 15,6-inci sebagai jendela Anda mengakses dunia digital. Desain pipa pendingin turut diganti. Sekarang sistem pendingin GPU dan CPU tersambung melalui dua pipa agar bisa saling membantu. Langkah ini juga terpaut upaya penghematan ruang.

Selain CPU mumpuni dan GPU mobile terkini garapan Nvidia, Hercules HC15 dipersenjatai RAM DDR3 8GB (minimal), dan penyimpanan SSD m-SATA 128GB (minimal) serta hard drive 1 terabyte. Kombinasi semuanya memastikan booting ke sistem operasi berjalan sangat singkat, membuka file Photoshop sebesar 1,5GB juga cuma membutuhkan kurang dari 15 detik.

Perlu diingat, Xenom mempersilakan Anda untuk mengkustomisasi hardware-nya sendiri sesuai kebutuhan. Dan menyertai All-New Hercules, Xenom tak lupa memperkenalkan generasi terbaru varian Phoenix PX15, Shiva SV15, Siren SR13-X3, dan Pegasus PS15. Yang menarik dari semuanya adalah kehadiran SSD dan tak ada lagi Intel Core i3, bahkan di tipe paling 'entry-level' Pegasus (ditambatkan i5 4210MQ). Biasanya, SSD baru tersaji di notebook gaming seharga Rp 20 jutaan ke atas.

Dan pemberian tag harga ialah faktor paling menarik dari laptop Xenom. Mereka dibanderol dengan harga miring, jauh di bawah produk milik Alienware, Asus ROG, atau MSI:

  • All-New Xenom Pegasus mulai dari Rp 13,5 juta
  • All-New Xenom Shiva mulai dari Rp 17,5 juta
  • All-New Xenom Phoenix mulai dari Rp 22 juta
  • All-New Xenom Hercules mulai dari Rp 28,5 juta

Menurut Rolly, tak cuma gamer, produk Xenom akan sangat berguna bagi para profesional dari berbagai bidang: desainer grafis, fotografi berkat teknologi TruDisplay, dan video editor. Notebook-notebook itu dapat dipesan secara pre-order di Paziashop.com, Bhinneka, Blibli, Lazada dan Pemmz.com mulai tanggal 26 Maret 2015.