27 March 2015

by Glenn Kaonang

Amazon Cloud Drive Tawarkan Penyimpanan Tanpa Batas Seharga $60 per Tahun

Dewasa ini, kita tidak bakal kehabisan opsi cloud storage. Dropbox, Apple iCloud, Google Drive dan Microsoft OneDrive hanyalah empat pilihan yang populer di antara berbagai opsi lainnya.

Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Apple iCloud, Google Drive dan Microsoft OneDrive unggul dalam hal integrasi dengan sistem operasi racikan perusahannya masing-masing. Dropbox selangkah lebih maju soal integrasinya dengan layanan-layanan online lain.

Harga adalah faktor lain yang biasa menjadi pertimbangan bagi konsumen, dan inilah yang ingin ditarget oleh Amazon. Online retailer terbesar asal AS tersebut baru saja mengungkap tarif baru untuk layanan cloud storage-nya, Amazon Cloud Drive.

Info menarik: Seagate Perkenalkan Trio Hard Disk: Seven, Wireless dan Personal Cloud

Ada dua paket yang bisa kita pilih: Unlimited Photos atau Unlimited Everything. Sesuai namanya, Unlimited Photos menawarkan kapasitas penyimpanan tanpa batas untuk file berupa foto, plus 5 GB untuk video dan file-file lainnya, dengan biaya $12 per tahun.

Sebagai pembanding, Flickr menawarkan plan yang sama seharga $25 per tahun. Namun tentunya Flickr bisa digunakan secara cuma-cuma untuk kapasitas penyimpanan foto sebesar 1 TB.

Pun begitu, plan Unlimited Everything-lah yang sangat ‘merusak’ harga pasar cloud storage. Tanpa embel-embel khusus, plan ini menawarkan kapasitas penyimpanan tanpa batas untuk semua jenis file, dengan tarif $60 per tahun, atau setara $5 per bulan.

Dibandingkan dengan layanan lain, harga yang dipatok Amazon Cloud Drive tergolong amat berani. Tidak percaya? Bandingkan sendiri: OneDrive 1 TB seharga $84/tahun, Dropbox 1 TB seharga $99/tahun, Google Drive 1 TB seharga $120/tahun dan iCloud 1 TB seharga $240/tahun.

Belum cukup puas ‘merusak’ harga pasar, Amazon Cloud Drive juga memberikan opsi free trial selama 3 bulan – Anda bisa membatalkannya kapan saja dalam rentang waktu 3 bulan tersebut.

Info menarik: 3 Layanan Cloud Alternatif Selain Dropbox

Selain tarif yang sangat terjangkau, Amazon Cloud Drive juga menawarkan integrasi dengan berbagai layanan online, seperti misalnya CloudHQ yang bisa melakukan sinkronisasi file yang tersimpan di akun-akun online Anda – bahkan di cloud storage lain – dengan Amazon Cloud Drive.

Amazon Cloud Drive juga menyediakan aplikasi versi desktop dan mobile (Android dan iOS). Dengan aplikasi desktop-nya, Anda bisa mengunggah file tanpa batasan ukuran, sedangkan versi mobile-nya hanya bisa mengunggah maksimal 2 GB per file.

Sumber: Amazon dan Wired.