Categories

Game

Amazon Luncurkan GameOn, Platform Live Streaming untuk Game Mobile

Ibaratnya TikTok, tapi untuk klip-klip gameplay permainan mobile

Glenn Kaonang - 16 November 2020

Amazon mungkin bukanlah nama yang secara reflek bakal langsung kita asosiasikan dengan gaming, akan tetapi tidak bisa dipungkiri kontribusi mereka tetap besar berkat Twitch. Meski kurang begitu laku di Indonesia, Twitch tetap merupakan platform live streaming buat gamer terpopuler di dunia.

Gamer di sini memang lebih mengarah ke gamer PC atau console, sebab kebanyakan gamer mobile lebih memilih YouTube seandainya data lama dari Newzoo masih bisa dikatakan relevan. Ketimbang harus berebut pasar, Amazon justru melihat ada ide menarik lain yang bisa mereka eksekusi.

Mereka baru saja memperkenalkan GameOn, semacam platform live streaming tapi khusus untuk game mobile di Android. Mungkin cara termudah untuk mendeskripsikan GameOn adalah mengibaratkannya sebagai TikTok, sebab yang menjadi fokus di sini bukanlah streaming satu sesi gaming penuh, melainkan hanya momen-momen menarik selama bermain yang mungkin hanya berlangsung selama 30 detik sampai 5 menit.

Supaya memudahkan, aplikasi GameOn turut menyediakan fitur bernama Recall. Dengan menekan tombol Recall, perangkat otomatis bakal merekam hanya beberapa menit terakhir dari sesi gaming yang berlangsung. Durasinya bisa diatur sesuai kebutuhan, mulai dari 30 detik sampai 5 menit. Selebihnya, pengguna dibebaskan untuk menambahkan voiceover, baik dalam wujud audio only maupun bersama video.

Sejauh ini, aplikasi GameOn sudah mendukung lebih dari 1.000 permainan, mulai dari yang laris manis seperti PUBG Mobile, sampai yang mungkin sudah agak terlupakan seperti Angry Birds 2. Selain menjadi tempat untuk berbagi klip gameplay, GameOn juga mengajak para penggunanya untuk aktif berpartisipasi dalam sejumlah weekly challenges di beberapa permainan.

Dengan konsep yang menekankan pada format video singkat, GameOn semestinya bisa menjadi alternatif streaming yang cukup menarik terhadap Twitch. Ibaratnya seperti bagaimana TikTok menjadi alternatif yang unik terhadap YouTube; bukan menggantikan sepenuhnya, melainkan menyajikan nuansa baru yang lebih segar kepada mereka yang mungkin bosan melihat format biasanya.

Sumber: XDA Developers.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter