7 September 2012

by Andi Miftachul

Amazon Rilis Produk Tablet dan E-Book Reader Terbaru

Berselang sehari setelah pengumuman produk-produk terbaru dari Nokia dan Motorola, Amazon juga ikut mengumumkan produk gadget terbaru mereka di bawah keluarga Kindle. Setidaknya ada tiga produk baru yang diumumkan yang membuat Amazon patut diperhitungkan dalam persaingan di pasar tablet.

Kindle Fire HD 8.9 inchi

Produk pertama Amazon adalah Kindle Fire HD yang akan menjadi pesaing serius iPad. Tablet ini mempunyai lebar layar 8.9 inchi sedikit di bawah iPad yang berukuran 9.7 inchi. Tablet ini dilengkapi dengan kamera depan, sehingga dapat digunakan untuk melakukan video call dengan Skype. Kindle Fire HD menggunakan prosesor Texas Instruments OMAP 4470 yang disebut setara dengan Tegra 3.

Kindle Fire HD ini akan hadir dengan dua jenis konektivitas, hanya dengan WiFi atau dilengkapi dengan jaringan 4G, LTE. Versi dengan WiFi akan hadir dalam dua model, yakni model 16 GB yang dijual dengan harga 299 dollar dan model 32 GB dengan harga 369 dollar. Sedangkan versi LTE juga hadir dalam dua model, model 32 GB-nya dijual dengan harga 499 dollar. Untuk pengguna yang ingin ruang kapasitas penyimpanan yang lebih besar, dapat memilih model 64 GB yang dihargai 599 dollar. Dengan spesifikasi hardware yang hampir sama, Kindle Fire HD ini lebih murah dibandingkan dengan iPad. Kindle Fire HD 8.9 inchi ini akan mulai dijual tanggal 20 November nanti.

Kindle Fire HD 7 inchi

Sedangkan untuk menyaingi tablet Google Nexus 7, Amazon merilis versi Kindle Fire HD yang lebih kecil dengan layar 7 inchi. Dengan spesifikasi lain yang nyaris serupa dengan kakaknya, pengurangan lebar layar sebesar 1.9 inchi membuat tablet ini dihargai hanya 199 dollar untuk versi 16 GB-nya. Untuk versi 32 GB, tablet ini hargai 249 dollar. Sama seperti tablet di kelasnya, Kindle Fire HD 7 inchi ini tidak akan dilengkapi dengan jaringan seluler. Pengguna yang ingin mempunyai fitur ini, harus merogoh kocek lebih dalam lagi untuk mendapatkan Kindle Fire HD 8.9 inchi model LTE. Untuk Kindle Fire HD 7 inchi ini, konsumen bisa mendapatkannya mulai tanggal 14 September.

Kindle Paperwhite

Untuk produk e-book reader, Amazon merilis Kindle Paperwhite. Produk ini dinamai berdasarkan teknologi display terbarunya yang diklaim lebih tajam dan lebih jelas. Dengan tebal hanya 9.1 mm dan berat sekitar 212 gram, e-book reader ini disebut lebih tipis dari sebuah majalah dan lebih ringan dari sebuah buku. E-book reader ini hadir dalam dua model yakni model dengan 3G dan model WiFi. Untuk model WiFi, Kindle Paperwhite dijual dengan harga 119 dollar. Sedangkan Kindle Paperwhite dengan 3G dijual dengan harga 179 dollar. Kedua harga tersebut adalah untuk mendapatkan Kindle Paperwhite yang disisipi iklan. Untuk mendapatkan versi yang bebas iklan, pengguna perlu menambah 20 dollar lagi untuk masing-masing model. E-book reader ini mulai bisa didapatkan pada tanggal 1 Oktober mendatang.

Kindle dan Kindle Fire Baru

Dengan keluarnya tiga produk terbaru ini, maka e-book reader Amazon Kindle sebelumnya menjadi ketinggalan zaman. Oleh karena itu, agar reader ini tetap ada bisa terjual, Amazon menurunkan harga produk ini menjadi hanya 69 dollar Amerika. Sementara jenis yang sama namun dengan fitur bebas iklan, dijual hanya 89 dollar dari harga sebelumnya 109 dollar.

Sedangkan tablet Amazon Kindle Fire kini dijual dengan harga 159 inchi. Tidak hanya lebih murah, Kindle Fire kini juga hadir dengan spesifikasi yang lebih dari versi sebelumnya. Kindle FIre baru ini disebutkan akan hadir dengan prosesor yang 40 persen lebih cepat, RAM dua kali lebih besar, dan baterai yang lebih tahan lama dari sebelumnya.

Versi baru dua produk lama Amazon ini akan mulai dijual tanggal 14 September ini.

Sumber : The Verge.