Dark
Light

AmbyGear, Smartwatch untuk Membantu Meningkatkan Kedisiplinan Anak

1 min read
March 6, 2015

Segmen anak-anak rupanya cukup menarik perhatian pabrikan-pabrikan pembuat smartwatch. Di bulan Januari lalu, saya sempat menulis tentang Miiya, sebuah smartwatch yang dirancang untuk memotivasi anak-anak untuk terus aktif sehari-harinya. Kali ini produk serupa kembali muncul di Indiegogo, tetapi dengan pendekatan yang agak berbeda.

Jika Miiya memanfaatkan konsep mirip Tamagotchi, smartwatch anak-anak bernama AmbyGear ini didesain dengan konsep yang lebih sederhana. Akan tetapi, tujuannya tidak jauh berbeda, yakni mendorong anak-anak untuk lebih disiplin selagi menciptakan lingkungan yang aman di sekitar mereka.

AmbyGear dilengkapi GPS dengan 33 tracking channel, memberikan informasi lokasi anak yang memakainya dengan akurat. Melalui aplikasi pendamping AmbyGear di Android atau iOS, orang tua dapat memonitor lokasi anak-anaknya, mengatur ‘zona aman’ dan menerima peringatan saat anak-anaknya akan keluar dari zona tersebut. Sebaliknya, hadir pula fitur Find Me yang akan membantu anak-anak menemukan lokasi orang tuanya.

AmbyGear Smartphone App

Info menarik: Institusi Pendidikan Akan Melarang Penggunaan Smartwatch?

Dari sini bisa kita lihat bahwa AmbyGear tidak dirancang untuk mengekang gerak-gerik sang anak, melainkan lebih ke arah meningkatkan komunikasi antara anak dan orang tuanya. AmbyGear juga menawarkan fungsi text messaging, dimana para orang tua bisa mengirimkan pesan kepada anaknya, dan sang anak dapat memberikan balasan singkat.

Fitur text messaging ini tidak membutuhkan jaringan seluler untuk bisa bekerja. AmbyGear memanfaatkan koneksi Bluetooth 4.1 dan Wi-Fi N dalam beroperasi, dan ia hanya perlu tersambungkan dengan smartphone milik orang tua sang anak.

AmbyGear Apps

Pada dasarnya, semua pengaturan AmbyGear dilakukan oleh para orang tua. Melalui aplikasi Android dan iOS-nya, orang tua bisa mengunduh gamegame edukasi maupun aplikasi baru untuk smartwatch AmbyGear yang dikenakan oleh anak-anaknya.

AmbyGear Calendar

Contohnya, orang tua bisa mengatur agenda harian anaknya. Kemudian di pagi hari, AmbyGear akan membangunkan sang anak dan menampilkan jadwal ke depan yang harus ia jalani. Guna membantu meningkatkan kedisiplinan sang anak, AmbyGear juga menerapkan sistem reward yang efektif dipadukan dengan sistem kalender ini.

Sistem reward ini juga dimoderasi oleh orang tua. Mereka dapat menentukan hadiah apa yang akan diperoleh anak-anaknya ketika aktivitas-aktivitas terpilih telah diselesaikan. Baik sang anak maupun orang tua bisa sama-sama memonitor progress yang dijalani melalui smartwatch AmbyGear dan aplikasi smartphone-nya.

Info menarik: Swatch Touch Zero One Adalah Smartwatch bagi Para Pencinta Voli Pantai

Dari sisi teknis, AmbyGear dilengkapi layar monokrom yang amat irit daya, 3-axis accelerometer, magnetometer, LED 4 warna (merah, biru, hijau dan oranye) dan telah mendukung sistem Qi wireless charging. AmbyGear ditawarkan dalam empat variasi warna – warna lain akan dihadirkan saat stretch goal kampanyenya terpenuhi.

Smartwatch untuk anak-anak usia 3–11 tahun yang dikembangkan lewat layanan crowdfunding Indiegogo ini bisa didapat dengan pledge terendah $99 (Rp 1,3 juta) – tidak termasuk biaya pengiriman internasional – pada masa early bird. Harga ritelnya akan naik menjadi $129 saat masa kampanyenya berakhir tanggal 2 April nanti.

Glenn Kaonang

Gamers, proud daddy, entering web3 with critical mindset.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Penjual Online Segera Harus Memiliki Sertifikasi dari Kemenkominfo

Next Story

Echelon Indonesia 2015 Roadshow Bandung Berlangsung Seru

Latest from Blog

Don't Miss

Huawei Luncurkan Watch Fit SE, Lebih Lengkap dari Pendahulunya

Huawei kembali meluncurkan sebuah perangkat AIoT di Indonesia yang berupa

Review Huawei Watch GT 4 46″: Smartwatch dengan Baterai Tahan Lama, Responsif, Desain Menawan

Dalam memilih sebuah smartwatch yang biasa dipakai untuk berolah raga, bekerja,