Categories

Gadget

AMD Kekurangan Pasokan Prosesor, Padahal Sedang Meraih Sukses

Perkiraannya akan tersedia dengan jumlah yang banyak pada tahun 2021

Dimas Galih W. - 11 August 2020

Dengan lahirnya Ryzen, membuat lembaran baru bagi AMD untuk menjual prosesornya. Bagaimana tidak, saat ini kinerja dari prosesor AMD sudah bisa melebihi dari yang ditawarkan oleh pesaing utamanya, yaitu Intel. Hal tersebut berkat arsitektur baru yang mereka serta proses pabrikasi yang lebih kecil. Jadi selain lebih kencang dari generasi sebelumnya, daya yang digunakan juga lebih irit.

Intel sendiri juga sedang kesulitan dalam memproduksi prosesornya yang menggunakan proses pabrikasi 10 nm dan 7 nm. Hal ini membuat Intel harus kembali mengeluarkan prosesor dengan proses pabrikasi 14 nm. Namun apakah hal ini bisa membuat AMD menguasai pasar prosesor x86? Ternyata hal tersebut belum bisa dipastikan.

Asus AMD 13

AMD yang saat ini memiliki tahta kecepatan dalam prosesor x86 ternyata ada dalam posisi yang kurang nyaman. Memang, saat ini banyak sekali produsen laptop yang menawarkan produknya dengan menggunakan prosesor Ryzen. Akan tetapi, ternyata pasokan prosesor itu cukup tertunda dari TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company). Hal tersebut juga diperparah dengan kondisi pandemi COVID-19 yang mengacaukan seluruh rantai pasokan.

Menurut sebuah pemasok komputer asal Jerman yang dikutip oleh Slashdot melalui PCPer, AMD bakal kekurangan pasokan khususnya Ryzen 7 4800H. Hal ini akan berlanjut hingga akhir bulan September 2020. Hal tersebut dibuktikan oleh HP, Acer, dan Lenovo yang menawarkan laptop dengan prosesor AMD dengan Ryzen 3 dan 5 saja. Kondisi ini juga membuktikan kenapa konsumen tidak bisa membeli Ryzen 4000G secara terpisah tanpa satu sistem desktop penuh.

AMD Ryzen_2

Peluncuran konsol game XBox dan Playsation ditengarai sebagai salah satu penyebabnya juga. Seperti yang kita ketahui, kedua konsol tersebut menggunakan prosesor AMD pula. Hal ini menunjukkan bahwa AMD harus menyediakan prosesor mereka dalam jumlah yang besar saat peluncuran kedua konsol game tersebut dan hal ini menjadi fokus TSMC untuk kapasitas produksi prosesor AMD Ryzen.

Oleh karena kelangkan ini, AMD berharap untuk bisa menggandakan kapasitas produksi wafer mereka di pabrik TSMC pada tahun depan. Jadi, kemungkinan laptop dengan prosesor Ryzen 4800H akan banyak ditemukan di pasaran pada tahun 2021. Namun jika saat ini Anda menemukan laptop dengan prosesor AMD 4800H di pasaran, tidak ada salahnya untuk membelinya karena kelangkaan tersebut.

Sumber: PCPer, Slashdot, Reddit

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter