1. Lifestyle

Analis: Wii U Hanya Akan Terjual Seperempat Dari Nintendo Wii

Ditengah laris manisnya penjualan console next-gen, tampaknya platform terbaru garapan Nintendo tidak mendapatkan nasib sebaik mereka. Walaupun Nintendo Wii adalah salah satu console last-gen terbaik, Wii U yang dinobatkan sebagai pewaris tahta diperkirakan hanya terjual seperempat dari jumlah sang pendahulu.

Sebagai pembukaan laporan analisa mereka, DFC Intelligence menyebutkan sebuah fakta umum bahwa Wii U diklaim akan menjadi sistem utama tempat perusahaan ini merilis game-game mereka. Kita tahu, Nintendo merupakan publisher, developer dan produsen yang paling banyak merilis game-game eksklusif semenjak Nintendo Entertainment System diperkenalkan 30 tahun yang lalu.

Kemudian DFC Intelligence meneruskan ke sebuah perhitungan yang 'menyakitkan'. Nintendo Wii U diperkirakan hanya terjual satu perempat dari total seluruh penjualan Wii yang masa produksinya telah berakhir. Seperti yang saya bilang, Wii sendiri adalah console last-gen terbaik. Ia terjual lebih dari 100 juta unit dari saat mulai diperkenalkan pada tahun 2006. Angka tersebut sangat tinggi dan meninggalkan Xbox 360 serta PlayStation 3 jauh di belakang.

Namun jika memang benar begitu, Wii U diperkirakan hanya terjual 25 juta unit selama masa hidupnya. Dan itu artinya ia hanya lebih tinggi dari GameCube yang penjualannya hampir menyentuh titik 22 juta unit dan Xbox yang terjual sekitar 24 juta console. Padahal kita tahu, Nintendo selalu berhasil menciptakan game ekslusif terbaik seperti Super Mario 3D World, Fire Emblem: Awakening, Luigi’s Mansion 2 to Pokemon X/Y dan Animal Crossing: New Leaf. Apakah itu berarti argumen Jason Rubin - pencipta Crash Bandicoot - bahwa Nintendo lebih 'berkompeten' sebagai pencipta game dibanding produsen console itu benar?

Terlepas dari itu, kita tidak boleh melupakan platform game andalan Nintendo lainnya. Diperkenalkan di tahun 2010, ia merupakan generasi kedelapan console handheld dari produsen asal Jepang itu. Ia adalah Nintendo 3DS. Hingga bulan September lalu saja, 3DS sudah terjual hampir 35 juta unit (lebih tepatnya 34,98 juta).

Dengan penjualan game yang masih tinggi dan dominasi 3DS yang belum terkalahkan, Nintendo masih memiliki ruang yang luas untuk bermanuver. Kita hanya berharap bahwa mereka mampu membuktikan bahwa penjabaran para analis tersebut salah...

Via IGN.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again