4 December 2013

by wiku

Android Jelly Bean Masih Tumbuh, KitKat Mulai Menunjukan Pergerakan

Data yang dirilis dari Google atas angka distribusi untuk sistem operasi Android berdasarkan data November menunjukkan bahwa variasi OS Jelly Bean masih tumbuh.

Jelly Bean yang terdiri dari tiga variasi (4.1.x, 4.2.x dan 4.3) secara total distribusinya sampai 9.3% 54.5% dengan pertumbuhan tertinggi dibanding bulan sebelumnya ada pada versi Jelly Bean 4.3, dari 2.3% ke 4.2%

Sedangkan untuk sistem operasi Android ‘lawas’ seperti Froyo, Gingerbread dan Ice Cream Sandwich semuanya masih tumbuh tetapi sangat kecil.

Pertumbuhan yang paling dinantikan bisa jadi adalah atas sistem operasi terbaru yang dirilis belum lama ini, Android 4.4 atau yang dikenal dengan nama KitKat. Data distribusi sistem operasi ini menunjukkan angka 1.1%. Tentunya ini akan terus bertambah seiring penjualan perangkat yang menyematkan OS ini dan berbagai pabrikan yang merilis daftar seri produk mereka yang akan mendapatkan update KitKat.

Android Jelly Bean 4.3 yang mendapatkan pertumbuhan cukup tinggi memang masuk akal, karena KitKat masih jadi OS baru yang sebarannya belum meluas, selain itu untuk pasar menengah (bahkan smartphone/tablet premium) sistem operasi ini menjadi pilihan berbagai merek untuk melengkapi perangkat yang mereka jual.

Data distribusi sistem Android untuk bulan November ini tentunya akan mengalami perubahan lagi di bulan Desember ini, apalagi musim liburan bisa jadi akan meningkatkan sebaran sistem operasi ini karena banyak konsumen yang membeli perangkat berbasis Android dan mengakses Google Play. Kita nantikan informasi data selanjutnya.

Sumber GSMarena dan DeveloperAndroid. Gambar Header Android via Shutterstock.


This Smart & Innovative channel is brought to you by Smartfren. Live Smart through internet and mobile. For more information on product and solution provided by Smartfren, visit Smartfren website: http://www.smartfren.com/ like Smartfren Facebook Page, and follow @smartfrenworld.