19 April 2016

by Bambang Winarso

Preview Kedua Meluncur, Ini Update Baru yang Diboyong Android N

Dalam developer preview kedua ini hadir emoji baru, Vulkan API, launcher shortcut dan lain-lain

Kita sudah mendapatkan sedikit gambaran fitur apa saja yang akan diboyong oleh Android N dari versi developer preview perdana yang meluncur awal Maret lalu. Kini Android N developer preview telah memasuki tahap kedua, ditandai dengan hadirnya pembaruan yang membawa sejumlah kemampuan baru.

Berdasarkan blogpost resmi google, pembaruan preview ini memboyong beberapa perbaikan bugs yang berkaitan dengan masalah koneksi Wi-Fi, multiwindow, dan Direct Reply dari jendela notifikasi. Selain itu, terdapat pula beberapa penambahan vital, antara lain

Vulkan API

Vulkan API adalah API baru untuk rendering tiga dimensi yang membantu peningkatan kinerja keseluruhan sistem secara signifikan. Vulkan diklaim mampu mengurangi overhead CPU 10 kali lipat di satu core. Memungkinkan banyak core digunakan secara paralel dengan efisiensi yang tinggi. Keunggulan ini meningkatkan kinerja draw-call di aplikasi-aplikasi berat.

Shortcut Launcher

Kecepatan dan kemudahan akses menjadi fokus dan tujuan dari penambahan shortcut launcher ini. Fitur ini membantu pengguna untuk membuat shortcut ke sub tugas di antara aplikasi, misalnya membuat shortcut untuk mengirimkan pesan ke teman terdekat, menavigasi peta langsung di titik tertentu, dan memutar episode terbaru dalam aplikasi media player.

Emoji Baru

Emoji baru yang hadir di Android N developer preview/Google

Emoji baru dihadirkan oleh Google demi memberi pengalaman baru ketika berinteraksi dengan teman di berbagai platform. Emoji baru yang dihadirkan meliputi banyak kategori, desain, karakter, dan aktivitas. Pengembang dapat dengan mudah melakukan integrasi ke emoji-emoji baru ini, serta mendapatkan sentuhan tema dan dukungan Unicode 9.

Aplikasi Kamera Baru

Aplikasi kamera baru di Android N developer preview/Droid-life

Aplikasi kamera baru yang lebih enak dipandang juga bakal lahir di era Android N. Droid-life mengatakan Google juga melakukan perubahan drastis untuk perekaman video seperti halnya penjepret foto.

Wallpaper

Menu baru ketika mengganti wallper di Android N developer preview/Droid-life

Berikutnya Droid-life juga menjumpai adanya menu tambahan ketika hendak mengganti gambar latar. Menu tambahan tersebut tampaknya memungkinkan pengguna untuk menentukan gambar latar untuk layar home dan layar lock.

Notifikasi

Pengaturan notifikasi dan lockscreen/Droid-life

Pengaturan notifikasi di layar lock dibuat lebih ketat. Pengguna dapat mengatur sendiri apakah semua notifikasi akan ditampilkan atau kapan notifikasi boleh ditampilkan.

Aplikasi Virtual Reality

Dari sumber yang berbeda, Android N developer preview juga memuat dua aplikasi baru, yaitu VR Listener dan VR Helper yang menjadi pertanda integrasi Android yang makin dalam menyentuh sektor virtual reality.

Fitur-fitur ini dipercaya akan terus bertambah seiring kematangan Android N. Tapi, bisa saja salah satu atau sebagian besar dari mereka tidak akan disertakan dalam versi final dengan alasan tertentu.