1. Entrepreneur

Apa itu Analisis SOAR Sebagai Strategi Bisnis yang Tepat

Memperkuat peluang kesuksesan bisnis dengan melakukan analisis SOAR

SOAR merupakan singkatan dari Strengts (kekuatan), Opportunities (peluang), Aspirations (aspirasi), dan Results (hasil). Analisis SOAR merupakan salah satu metode strategic planning yang banyak digunakan oleh suatu kelompok organisasi atau pelaku bisnis untuk melakukan analisis dengan tujuan menetapkan strategi pengembangan bisnis.

Berbeda dengan analisis SWOT, dalam analisis SOAR hanya melihat unsur positif sehingga tidak menganalisis weakness (kelemahan) dan threats (ancaman) yang mungkin akan dihadapi oleh bisnis di masa mendatang.

Dalam thinkinsights.net dijelaskan bahwa analisis SOAR merupakan suatu pendekatan yang berfokus pada strengths (kekuatan), termasuk bagaimana kekuatan tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan peluang (opportunities) yang ada di masa depan agar bisa menjadi faktor pendorong untuk pengembangan bisnis Anda.

Organisasi atau pelaku bisnis yang melakukan analisis SOAR dimulai dengan mencari tahu apa kekuatan dari bisnis atau kegiatan yang dijalankan, menganalisis peluang apa saja yang ada di masa depan dan bagaimana cara memanfaatkan peluang tersebut, memberikan aspirasi berupa rencana atau langkah yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi atau bisnis, dan menetapkan hasil apa yang ingin dicapai serta bagaimana cara mengukur hasil tersebut.

 

Ke-empat unsur dalam analisis SOAR dikategorikan dalam faktor internal dan eksternal. Unsur strengths (kekuatan) dan aspirations (aspirasi) merupakan faktor internal yang berasal dari dalam organisasi atau bisnis, sedangkan unsur opportunities (peluang) dan results (hasil) merupakan faktor eksternal yang berasal dari luar.

Dengan melakukan analisis SOAR, pelaku bisnis bisa melihat gambaran bisnis secara lebih luas. Hasil dari analisis yang didapatkan bisa menjadi panduan dalam membuat rencana pengembangan bisnis di masa depan.

Cara Melakukan Analisis SOAR

Analisis SOAR tidak hanya dilakukan oleh individu seorang diri melainkan didapat dengan melakukan brainstorming (diskusi tukar pendapat) bersama anggota tim.

Beberapa unsur yang harus dianalisis dalam melakukan analisis SOAR adalah unsur strengths (kekuatan), opportunities (peluang), aspirations (aspirasi), dan results (hasil). Simak penjelasan berikut.

Strengths

Hal yang perlu dianalisis dari unsur ini adalah menentukan dan menemukan apa yang menjadi kekuatan dari bisnis Anda dan bagaimana Anda akan memanfaatkan kekuatan tersebut untuk memaksimalkan produktivitas bisnis Anda. Anda dapat menganalisis kekuatan dari berbagai unsur internal mulai dari aset, keunikan bisnis atau produk hingga sumber daya yang dimiliki.

Opportunities

Anda perlu mengidentifikasi peluang apa yang ada di masa depan bagi pengembangan bisnis Anda, misalnya dengan menganalisis seberapa besar market yang dimiliki, tren apa yang saat ini ada atau kemungkinan kemunculan tren di masa mendatang, dan apakah ada peluang untuk memperluas market. Dengan begitu Anda dapat membuat strategi untuk memanfaatkan peluang tersebut secara optimal dan menjadikannya kekuatan untuk bisnis Anda.

Aspirations

Aspirasi merupakan salah satu faktor internal dimana setiap individu dalam tim dapat memberikan pendapat, ide, strategi, atau inisiatif yang dapat digunakan untuk menunjang pengembangan bisnis di masa mendatang.

Aspirasi ini harus didasarkan pada hasil analisis strengths dan opportunities yang ada, serta harus sejalan dengan visi misi yang telah ditetapkan untuk mencapai goals.

Results

Pada bagian ini, Anda menentukan hasil yang ingin dicapai dan menetapkan standar penilaian hasil. Standar penilaian akan memudahkan Anda untuk melakukan pengawasan sejauh mana hasil yang sudah dicapai.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again