1. DScovery

Apa Itu CAC Ratio (Cost to Acquire Customer)? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Apakah strategi digital kamu sudah berjalan dengan optimal? Customer Acquisition Cost merupakan salah satu cara untuk mengetahui seberapa efektif strategi marketing tersebut.

Pernahkah kamu mendengar tentang Customer Acquisition Cost ? Kamu harus tahu mengenai hal ini, terutama jika kamu adalah seorang pengusaha.

Mendapatkan pelanggan baru bukanlah hal yang mudah. Ini tidak hanya membutuhkan upaya penjualan, tetapi juga melibatkan biaya keuangan. Pembayaran tunai ini bisa serendah Rs 1.000 untuk penawaran Rs 500.000 atau hingga Rs 150.000 untuk produk yang sama. Oleh karena itu, menghitung berapa biaya untuk mendapatkan pelanggan baru sangat penting untuk menjaga agar bisnis tetap menguntungkan dalam jangka panjang. Ini dikenal sebagai Customer Acquisition Cost.

Berikut DailiSocial.id akan memberikan penjelasan mengenai Customer Acquisition Cost kepada kamu. Jadi, simak artikel ini sampai akhir, ya!

Pengertian Customer Acquisition Cost

CAC atau Customer Acquisition Cost adalah biaya yang diperlukan untuk membujuk calon pelanggan agar membeli produk atau jasa. Lebih khusus lagi, Customer Acquisition Cost  adalah total biaya penjualan dan pemasaran yang diperlukan untuk mendapatkan pelanggan baru dalam periode waktu tertentu.

Biaya yang harus kamu sertakan dalam CAC kamu meliputi biaya iklan di berbagai platform, gaji karyawan, biaya produksi, biaya teknis, dan biaya lain yang diperlukan untuk mendapatkan pelanggan baru. 

Fungsi Customer Acquisition Cost 

Customer Acquisition Cost merupakan metrik penting bagi perusahaan dan investor yang berinvestasi di dalamnya.

Dari Sudut Pandang Pengusaha

Metrik ini memberikan informasi tentang kelayakan model bisnis dan apa yang perlu diperbaiki untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan. CAC yang tinggi dan CLV yang rendah berarti bahwa proses pengadaan saat ini perlu diperbaiki, dan CAC yang rendah berarti bahwa perusahaan membelanjakan uang secara efisien dan menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi.

Dari Segi Investasi

Metrik ini penting saat menghitung berapa banyak investasi yang dibutuhkan perusahaan untuk tetap bertahan. Selain itu, menyampaikan kelayakan investasi ini kepada investor karena membantu menghitung ROI. Misalnya, menginvestasikan satu juta dolar dalam startup untuk memasarkan dirinya sendiri dan menjangkau pelanggan hanya dibenarkan jika startup tersebut cukup menguntungkan untuk menghasilkan lebih dari jumlah yang diinvestasikan - nilai siklus hidup harus lebih besar dari harga pembelian.

Meskipun CAC tidak bergantung pada KPI hiper-segmentasi, CAC lebih sering digunakan oleh organisasi yang menggunakan model SAAS berbasis langganan. Pelanggan bisnis semacam itu memiliki jangka panjang, membayar berulang kali, sehingga CLV mereka lebih tinggi daripada CAC. 

Cara Menghitung Customer Acquisition Cost 

Customer Acquisition Cost adalah metrik yang memungkinkan bisnis online dan pengiklan mengukur keuntungan mereka dengan membandingkan biaya penjualan dan pemasaran dengan jumlah pelanggan yang diperoleh.

Rumus perhitungan CAC adalah sebagai berikut:

Customer Acquisition Cost  = (Biaya Penjualan + Biaya Pemasaran) / Jumlah Pelanggan Baru yang Diperoleh

Customer Acquisition Cost dihitung dengan menjumlahkan semua biaya untuk memperoleh pelanggan baru dan kemudian membagi biaya ini dengan jumlah pelanggan yang berhasil diperoleh selama seluruh periode biaya.

Bagaimana Caranya Meningkatkan Customer Acquisition Cost 

Tentu saja, seperti pemasaran pada umumnya, tidak ada formula atau senjata khusus yang paling efektif untuk menarik konsumen. Untuk mencapai hasil yang diinginkan, berbagai cara harus dilakukan.

Beberapa pengujian yang perlu dilakukan adalah mengubah teks, komposisi iklan, dan jumlah iklan di setiap platform. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengoptimalkan CAC kamu..

  1. Tingkatkan Konversi Situs Web

Hal dasar yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan konversi di situs web kamu adalah menyempurnakan tampilannya, mempercepat waktu pemuatan, dan mengoptimalkannya untuk penggunaan seluler.

  1. Meningkatkan User Value

Dengan meningkatkan user value konsumen secara tidak langsung termotivasi untuk membeli produk tersebut.

  1. Terapkan Customer Relationship Management(CRM)

Dengan menerapkan CRM konsumen merasa dihargai dan dekat dengan produk atau layanan yang mereka pilih. Ini dapat dilakukan dengan mengirimkan buletin atau menambahkan konten informatif ke blog kamu

Itulah pembahasan lengkap mengenai customer acquisition cost (CAC). Ingat setiap biaya yang kamu keluarkan harus kamu catat agar memudahkan dalam melakukan pricing yang tepat untuk barang atau layanan yang dijual. Semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again