1. DScovery

Apa itu Cashback: Pengertian, Jenis, serta Keuntungannya

Saat ini, banyak cashback dengan cara berbeda, banyak perusahaan menawarkan cashback dalam bentuk barang.

Saat kamu berbelanja online melalui e-commerce, ada banyak penawaran besar yang tersedia untuk kamu. Salah satunya adalah cashback. Ternyata banyak orang yang menganggap bahwa cashback sama saja dengan diskon, padahal keduanya jelas berbeda. Apa itu cashback? Apa saja keuntungan yang sayang untuk dilewatkan?

Berikut DailySocial.id merangkumnya untukmu!

Pengertian Cashback

Cashback mengacu pada penawaran di mana pembeli menerima persentase tertentu dari uang tunai atau uang virtual atau bahkan suatu produk, tetapi memenuhi ketentuan pembelian tertentu yang ditetapkan oleh penyelenggara cashback.

Sebagian besar penawaran cashback saat ini tidak memberikan uang secara langsung ke tangan pembeli. Penjual biasanya menawarkan uang dalam bentuk deposit.

Cara ini digunakan pembeli untuk mengulang pembelian nanti dengan deposit yang diberikan oleh penyedia penawaran cashback. Saat ini, banyak cashback dengan cara berbeda, banyak perusahaan menawarkan cashback dalam bentuk barang.

Jenis-Jenis Cashback

Cashback Kartu Kredit

Pengertian cashback kartu kredit adalah program yang dikeluarkan oleh bank tertentu yang menawarkan keuntungan, dimana penerbit kartu kredit mengeluarkan pengembalian dana ketika kamu melakukan transaksi tertentu atau ketika nilai transaksi yang kamu lakukan mencapai nilai nominal tertentu.

Selain cashback, reward kartu kredit ini juga bisa memberikan potongan harga atas hasil pembelian. Tentu saja, pengembalian sebagian dana transaksi umumnya tergantung pada kebijakan masing-masing bank dan jenis kartu yang dimiliki, dan persentase uang tunai yang dikutip bervariasi sesuai dengan jumlah transaksi yang dilakukan.

Semakin besar transaksi yang kamu lakukan, semakin besar uang pengembalian yang kamu dapatkan. Kamu dapat menggunakan pengumpulan uang pada kartu kredit bulanan apa pun untuk membayar tagihan dan bahkan tagihan bulanan atau membeli kebutuhan penting lainnya.

Beberapa bank sudah mengeluarkan kartu kredit cashback, yaitu kartu kredit yang khusus menawarkan cashback tertentu, namun disini juga harus dipenuhi syaratnya.

Cashback Toko Online

Arti cashback toko online adalah suatu program yang dikeluarkan oleh suatu online shop yang memberikan keuntungan dimana pihak toko online akan memberikan pengembalian sejumlah uang bila kamu melakukan pembelian barang di online shop tersebut dalam jumlah nominal tertentu.

Promosi cashback online shop biasanya bukan berupa pengembalian uang tunai langsung, tetapi pihak toko online akan memberikan cashback untuk dipakai pada pembelanjaan berikutnya di online shop yang sama.

Sehingga pada pembelian berikutnya akan mendapatkan potongan sekian persen sesuai dengan cashback yang didapat tergantung ketentuan yang dibuat pihak toko online.

Cara ini sangat menguntungkan baik untuk konsumen maupun pihak toko online, dari sisi konsumen bisa menghemat untuk pembelian berikutnya.

Sedangkan dari pihak online shop hal ini bisa membentuk consumer loyalty untuk toko online mereka, karena konsumen sudah pasti akan kembali lagi berbelanja di online shop mereka karena untuk transaksi berikutnya akan mendapatkan potongan harga.

Cashback Property

Pengertian cashback property adalah program yang dikeluarkan oleh pengembang atau pengembang real estate yang menawarkan keuntungan dimana pengembang real estate membayar kembali uang tunai pada saat konsumen membeli real estate yang mereka jual, baik itu rumah, apartemen, bangunan komersial atau lainnya.

Tindakan ini terbukti cukup efektif menggaet konsumen karena konsumen merasa menabung setelah membeli rumah yang harganya cukup mahal karena mendapatkan refund yang juga cukup berharga.

Cashback Kendaraan Bermotor

Pengertian cashback kendaraan bermotot hampir sama dengan cashback propert, yaitu program yang diterbitkan oleh perusahaan finance atau leasing yang menawarkan keuntungan dimana perusahaan leasing membayar tunai pada saat konsumen membeli kendaraan bermotor yang dijualnya mobil atau motor.

Umumnya, perusahaan persewaan menawarkan uang dalam bentuk barang seperti laptop, ponsel, tablet, dll. Bahkan ada perusahaan properti yang menawarkan uang berupa kendaraan, baik mobil maupun motor, untuk membeli mobil jenis tertentu yang harganya cukup tinggi.

Konsumen menyukai promosi ini karena konsumen senang mendapatkan bonus atas pembelian kendaraan bermotor produksinya.

Kelebihan dan Kekurangan Cashback

Kelebihan

Pembeli mendapatkan keuntungan dengan mendapatkan kembali uangnya dalam bentuk jumlah tertentu atau dalam bentuk poin atau kupon yang dapat digunakan pada transaksi selanjutnya. Semakin banyak cashback, semakin murah pembeliannya. Bahkan, pembeli dapat membayar pembelian dengan pengembalian dana penuh.

Keuntungan bagi penjual yang menawarkan cashback adalah pelanggan setia akan terus berbelanja di tokonya. Apalagi jika penjual menawarkan produk yang berkualitas dan pelayanan yang memuaskan.

Itulah tadi pengertian, jenis dan manfaat reward. Saat ini, reward terus menjadi metode pemasaran yang populer di kalangan bisnis digital. Hal ini karena pembeli dan penjual memiliki banyak keuntungan. Ini bisa bermanfaat.

Kekurangan

Kekurangan program cashback bagi konsumen sebenarnya bukan benar-benar suatu kerugian bagi konsumen itu sendiri, ini lebih ke arah bagaimana cara mendapatkan cashback tersebut karena adanya ketentuan atau aturan dari pihak penyelenggara cashback, biasanya antara lain:

Syarat Pembelian

Biasanya ada syarat bagi konsumen untuk melakukan pembelanjaan dalam jumlah tertentu untuk mendapatkan cashback tersebut. Misalnya, ada penawaran promo cashback 10% pada suatu toko online tertentu jika melakukan pembelian barang minimal sejumlah 250 ribu rupiah. Kalau konsumen hanya melakukan pembelian sejumlah 200 ribu rupiah, maka dia tidak berhak mendapatkan bonus cashback.

Waktu Pemberian

Saat ini hampir semua pihak penyelenggara cashback tidak memberikan cashback langsung pada saat pembelian, tetapi harus menunggu hingga periode tertentu misalnya beberapa hari, beberapa minggu, bahkan beberapa bulan sebelum mereka mendapatkan cashback tersebut dan bisa mempergunakannya.

Iuran

Ada kalanya, pihak penyelenggara cashback mengenakan semacam iuran kepada konsumen yang biasanya diberikan tenggat waktu. Jika ada keterlambatan dalam melunasi iuran tersebut, maka konsumen akan kehilangan cashback. Tetapi tidak semua program mengenakan iuran semacam ini.

Fleksibilitas

Bentuk cashback biasanya sudah ditentukan oleh perusahaan atau merchant penyelenggara program cashback, konsumen tidak bisa menentukan cashback yang akan mereka terima. Misalnya cashbacknya sudah ditentukan hanya untuk pembelian produk tertentu, atau bahkan cashbacknya sudah ditentukan berupa barang tertentu, dan sebagainya, jadi dari sisi konsumen terasa kurang fleksibel.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again