EntrepreneurDigital Marketing

Apa itu CPC? Pelaku Bisnis yang Mau Go Digital Wajib Tahu

Dalam lingkup periklanan, terdapat istilah yang bernama CPC (cost per click) atau biaya per klik. CPC merupakan faktor penting dalam berbagai tipe iklan, seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, Linkedin Ads, hingga Twitter Promoted Tweets.

CPC digunakan sebagai tolok ukur dalam menghitung total jumlah biaya, yang perlu dibayarkan dari kampanye iklan digital yang dijalankan. Penjelasan lebih lanjut terkait CPC, akan dijabarkan, berikut ini:

Pengertian CPC atau Biaya per Klik

CPC adalah istilah paid advertising mengenai besaran nilai yang diberikan pengiklan kepada publisher atau penerbit webiste, untuk setiap klik yang didapat dari sebuah iklan. CPC juga dikenal dengan sebutan PPC atau pay per click.

Dari sisi pengiklan, CPC digunakan sebagai suatu metrik yang mampu menentukan tingkat keberhasilan, serta pengembalian investasi iklan berbayar. Biasanya, pihak pengiklan telah menetapkan budget tertentu untuk biaya iklan tersebut.

Sementara, dari sisi penerbit website, CPC merupakan suatu cara untuk menagih jumlah biaya iklan, berdasarkan jumlah kegiatan klik pada iklan tersebut, yang dilakukan oleh para pengunjung website.

Umumnya, pemilik website akan memanfaatkan jasa pihak ketiga, yang bertugas menyesuaikan biaya tersebut. Salah satu alat yang paling populer dan sering digunakan adalah Google Adwords.

Seperti Apa Cara Kerjanya?

Cara kerja CPC diklaim sebagai cara yang baik bagi pelaku bisnis untuk beriklan. Sebab, pelaku bisnis selaku pengiklan dapat mengendalikan budget iklan. Selain itu, pengiklan juga dapat mengevaluasi kampanye yang dijalankan berdasarkan reaksi audiens.

Ada pun tahapan cara kerja CPC, antara lain sebagai berikut:

  • Setiap kali iklan terlihat, sistem akan mulai melakukan lelang secara internal.
  • Lalu, sistem memperlihatkan iklan yang telah lolos quality control dan yang memiliki penawaran cukup tinggi.
  • Iklan akan terlihat setiap kali seorang pengguna memasukkan kata kunci yang cocok dengan daftar kata kunci yang dipilih pengiklan.
  • Pengiklan akan membayar ketika ada pengguna yang melakukan klik pada iklan tersebut. Jika pengguna hanya terlihat, tanpa meng-klik, pengiklan tidak dikenakan biaya.

Mengapa Penting Bagi Pelaku Bisnis?

Manfaat yang didapatkan oleh pelaku bisnis dengan beriklan menggunakan metode CPC adalah, sebagai berikut:

  • Pelaku bisnis mampu mengetahui efektivitas biaya iklan, yang sudah dikeluarkan atas jumlah pengunjung yang datang.
  • Pelaku bisnis akan mendapatkan informasi terkait teks iklan, kata kunci, atau banner iklan mana saja yang dinilai efektif digunakan dalam berbagai kampanye iklan.

Dengan begitu, pelaku bisnis dapat lebih fokus dalam menjalankan kampanye iklan digitalnya. Sehingga, dapat mendatangkan pengunjung yang berkualitas, serta menunjang perkembangan bisnis yang dijalankan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again