Digital Marketing

Mengenal Digital Marketing, Beserta Jenis dan Keuntungannya

Istilah digital marketing kini semakin sering digunakan dalam dunia bisnis, seiring dengan semakin banyaknya penggunaan internet. Digital marketing disebut sebagai sebuah strategi yang ampuh dalam memasarkan produk bisnis.

Lantas, apa alasan strategi tersebut dikatakan ampuh? Berikut ini akan dibahas mengenai pengertian, manfaat hingga jenis-jenis digital marketing, yang dapat berguna bagi pelaku bisnis dalam upaya meningkatkan penjualan.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing atau pemasaran digital adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan strategi khusus, dalam upaya mempromosikan brand atau produk, melalui media digital. Tujuannya untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat.

Ada pun platform yang digunakan untuk pemasaran digital dapat berupa apapun. Mulai dari website, media sosial, televisi dan beragam jenis platform digital lainnya.

Pernah melihat iklan saat mengunjungi website, menonton acara di televisi bahkan ketika sedang membuka media sosial? Iklan tersebut termasuk bagian dari digital marketing.

Beragam Jenis Digital Marketing

Ada pun beberapa jenis digital marketing yang biasa ditemukan di platform digital, antara lain:

  • Website Marketing

Website atau situs web dapat menjadi wadah pemasaran yang baik bagi bisnis. Penggunaan situs web dapat menujukkan profesionalitas perusahaan, serta menarik perhatian calon konsumen, melalui postingan blog, video, email dan lainnya.

Pada jenis digital marketing satu ini, dapat juga memanfaatkan sistem mesin pencari. Ada pun search engine optimization (SEO) dan search engine marketing (SEM), keduanya berguna meningkatkan visibilitas website di halaman hasil mesin pencari.

  • Social Media Marketing

Pemanfaatan media sosial sebagai wadah pemasaran digital menjadi cara yang paling diminati saat ini. Selain karena kemudahannya, promosi di media sosial dapat dilakukan dengan biaya minim bahkan gratis.

Biasanya, media sosial yang digunakan adalah Instagram, Facebook, Twitter, Youtube hingga yang terbaru saat ini Tiktok. Penggunaan media sosial ini dapat dilakukan secara beriringan, sehingga makin meningkatkan brand awareness ke masyarakat luas terhadap bisnis.

  • Digital Advertising

Digital advertising atau digital ads adalah jenis pemasaran digital dengan pemasangan iklan di berbagai platform digital. Mulai dari Google Ads, Instagram Ads, Facebook Ads, Youtube Ads hingga Tiktok Ads.

Berbeda dengan social media marketing, yang pemasarannya dilakukan secara manual sehingga biayanya gratis. Digital ads ini mengandalkan layanan khusus pada platform terkait, sehingga berbayar.

  • Affiliate dan Dropshipping Marketing

Program affiliate dan dropshipping marketing ini merupakan strategi pemasaran digital dengan cara menarik mitra untuk membantu mempromosikan dan menjual kembali produk bisnis, sehingga mereka ikut mendapat keuntungan.

Keuntungan Pemasaran Digital bagi Bisnis

Digital marketing memiliki beberapa kelebihan yang membuat strategi pemasaran ini digemari para pelaku bisnis, di antaranya sebagai berikut:

  • Proses yang Praktis dan Fleksibel

Pelaku bisnis tidak perlu terjun langsung ke lapangan untuk mencari konsumen. Hanya perlu terkoneksi dengan internet, promosi dapat langsung dilakukan. Sehingga, proses pemasaran atau branding jauh lebih mudah dan cepat.

  • Penjualan Produk Lebih Cepat dan Punya Target yang Jelas

Proses pemasaran yang lebih cepat, tentu dapat mendatangkan konsumen lebih cepat, sehingga produk yang dijual cepat terjual. Selain itu, dengan pemasaran digital, pelaku bisnis dapat lebih mudah menentukan kriteria target konsumen yang tepat.

  • Hubungan dengan Konsumen Terbangun Erat

Adanya pemasaran digital dapat membantu pelaku bisnis membangun interaksi dengan konsumen dengan lebih mudah, yakni melalui media sosial. Dengan begitu, engagement dengan konsumen akan semakin erat.

  • Raup Banyak Profit dalam Waktu Singkat

Keuntungan yang paling penting dalam pemasaran digital adalah kesempatan memperoleh keuntungan dalam waktu lebih singkat. Sebab, pelaku bisnis dapat menjangkau lebih banyak konsumen secara praktis, tanpa biaya besar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again