1. DScovery

Apa itu ISO: Pengertian, Jenis, Tujuan dan Fungsinya bagi Perusahaan

Memilih pemasok yang terdaftar ISO memastikan bahwa mereka mengelola bisnis dengan standar yang konsisten

Kualitas keseluruhan dan kepuasan pelanggan sangat penting dalam pembuatan semua jenis produk. Ini sangat penting untuk produk kompleks seperti kendaraan. Jaminan kualitas dapat menjadi lebih kompleks ketika komponen dan rakitan produk akhir diproduksi di berbagai pabrik di seluruh dunia.

ISO dan standar lainnya adalah prinsip panduan bagi perusahaan untuk terus mengukur, mengevaluasi, dan meningkatkan sistem yang menjamin kualitas dan keandalan produk mereka secara keseluruhan. Oleh karena itu, produsen harus memastikan bahwa semua produk terverifikasi dengan benar dan berfungsi dengan baik setiap saat.

Pengertian ISO

ISO adalah kependekan dari The International Organization for Standardization. ISO adalah lembaga non-pemerintah yang terdiri dari lebih dari 160 negara. Mereka bertanggung jawab untuk mengembang standar untuk berbagai industri yang mempromosikan kualitas, keamanan, dan efisiensi.

Meskipun tidak memaksakan bagi perusahaan untuk mematuhi standar ISO. Memilih pemasok yang terdaftar ISO memastikan bahwa mereka mengelola bisnis dengan standar yang konsisten yang mendorong kualitas produk dan pengiriman.

Melalui organisasi ini, ISO memberikan spesifikasi kelas dunia dalam beberapa cara. Perusahaan yang disertifikasi oleh ISO memiliki peluang untuk memenangkan persaingan pasar global, karena mereka memberikan jaminan kualitas produk, yang memungkinkan konsumen untuk lebih percaya pada produk mereka.

Beberapa Jenis ISO

Secara umum, ISO memiliki berbagai jenis standar yang dapat digunakan perusahaan untuk bersaing secara global. Setelah menjelaskan apa yang dimaksud dengan ISO, kamu dapat mempelajari dan memahami berbagai jenis ISO untuk perusahaan yang ingin mendaftarkan standar produk mereka ke ISO.

Berikut adalah jenis-jenis ISO yang banyak digunakan pada produk di Indonesia.

ISO 9001

Kepatuhan terhadap standar ISO 9001 memiliki banyak keuntungan bagi industri manufaktur. ISO 9001 membantu perusahaan menemukan cara yang lebih efektif untuk memecahkan masalah kualitas dan masalah terkait biaya lainnya secara permanen, dan mendorong perusahaan untuk menemukan cara kreatif untuk melampaui persyaratan yang ditentukan pelanggan.

  • Standar keamanan
  • Manufaktur ramah lingkungan
  • Efisiensi produksi yang diharapkan
  • Spesifikasi dimensi dan fungsional

Karena standar ISO memerlukan perbaikan terus-menerus, perusahaan yang terdaftar ISO 9001 cenderung membuat lebih sedikit kesalahan secara keseluruhan, hingga menekan angka pemborosan.

Perusahaan yang mematuhi standar ISO semacam ini sebagai bagian dari budaya mereka umumnya menikmati kepuasan pelanggan yang lebih tinggi, lebih sedikit kesalahan, biaya yang lebih rendah, dan keunggulan kompetitif.

ISO/IEC 17025

Pada jenis ISO ini dapat digunakan oleh perusahaan yang memiliki persyaratan lembaga pengujian misalnya laboratorium dengan jenis yang standar.

ISO/IEC 17025 memungkinkan laboratorium untuk menunjukkan bahwa mereka bekerja secara kompeten dan menghasilkan hasil yang valid, meningkatkan kepercayaan dalam pekerjaan mereka secara nasional dan internasional.

Ini juga membantu memfasilitasi kolaborasi antara laboratorium dan institusi lain dengan memastikan bahwa hasilnya diterima secara luas di banyak negara. Laporan pengujian dan sertifikat dapat dikirim dari satu negara ke negara lain tanpa pengujian lebih lanjut, sehingga memudahkan perdagangan internasional.

ISO 28000

ISO 28000 adalah standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen keamanan rantai pasokan. Standar ini mendefinisikan aspek yang dirancang untuk membantu organisasi menilai dan mengelola ancaman keamanan dalam rantai pasokan mereka.

Manajemen keamanan berkaitan dengan aspek lain dari tata kelola perusahaan. ISO 28000 membantu organisasi menentukan apakah langkah-langkah keamanan yang tepat diterapkan untuk melindungi aset mereka dari berbagai ancaman.

ISO 50001

Sebagai standar internasional, ISO 50001 menetapkan persyaratan bagi organisasi untuk mengembangkan, menerapkan, dan meningkatkan sistem manajemen energi. Ini memungkinkan organisasi untuk mengikuti kerangka kerja khusus yang membantu mereka mencapai peningkatan berkelanjutan dalam efisiensi, penggunaan, dan konsumsi energi.

Kerangka ini mendefinisikan pengukuran, dokumen, dan laporan yang memungkinkan organisasi memantau kemajuan proses dan karyawan menuju kinerja terkait energi.

ISO 50001 mengharuskan organisasi untuk menetapkan kebijakan efisiensi energi baru, menetapkan tujuan dan sasaran untuk memenuhi kebijakan tersebut, dan meninjau dampaknya. Benar-benar berusaha untuk terus meningkatkan manajemen energi.

ISO 14001

ISO 14001 adalah standar internasional yang diakui secara luas yang mendefinisikan persyaratan bagi organisasi yang ingin meningkatkan kinerja lingkungan mereka dan meningkatkan efisiensi operasional.

Kerangka kerja berdasarkan ISO 14001 membantu organisasi mengelola proses jangka pendek dan jangka panjang melalui penggunaan sumber daya yang efisien yang memiliki dampak positif terhadap lingkungan.

ISO 22000

ISO 22000 adalah standar internasional yang diterima secara global yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen keamanan pangan. Didirikan pada tahun 2005, ISO 22000 berlaku untuk semua organisasi yang terlibat dalam rantai makanan yang tujuan utamanya adalah untuk memastikan keamanan pangan.

More Coverage:

Standar ini menguraikan kerangka kerja yang mengoordinasikan semua bagian dari rantai pasokan makanan dari produsen ke konsumen untuk membantu mengurangi bahaya pangan, mengelola risiko, dan mencegah kontaminasi.

ISO/IEC 27001

ISO/IEC 27001 adalah standar internasional yang menyediakan spesifikasi untuk sistem manajemen keamanan informasi. Pendekatan praktik terbaiknya membantu organisasi mengelola keamanan informasi dengan mempertimbangkan orang, proses, dan teknologi.

Akreditasi independen terhadap standar ini diakui di seluruh dunia sebagai indikasi bahwa sistem manajemen keamanan informasi mematuhi praktik terbaik keamanan informasi.

Bagian dari seri standar keamanan informasi ISO 27000, ISO 27001 adalah kerangka kerja yang membantu organisasi menetapkan, menerapkan, mengoperasikan, memantau, meninjau, memelihara, dan terus meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi mereka.

ISO TS 16949

ISO TS 16949 adalah persyaratan sistem mutu bersama yang dikembangkan bersama oleh industri otomotif AS, Jerman, Prancis, dan Italia untuk secara kolektif meningkatkan kualitas dan memastikan integritas pasokan ke industri. Persyaratan ini berlaku untuk semua organisasi yang memproduksi komponen, rakitan, dan suku cadang yang memasok industri otomotif.

Pengertian ISO sangat berkaitan dengan jenis jenis ISO yang telah dibahas. Dengan memahami pengertian dan jenisnya sebagai perusahaan yang akan bersaing global dapat mempersiapkan dan memperhatikan yang seharusnya dilakukan. Setiap bidang akan memiliki jenis ISO yang berbeda karena semua standar terhadap perusahaan tidak sama.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again