1. DScovery

Apa itu Margin: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Menghitung

Yuk mengenal jauh lebih dalam margin dalam berbisnis!

Margin yaitu salah satu istilah dalam bisnis yang berhubungan dengan keuntungan. Tentu saja, berkaitan dengan tujuan dijalankannya bisnis yaitu untuk mendapatkan keuntungan. Kamu bisa mengetahui keuntungan yang didapat dengan berbagai cara.

Salah satunya yaitu dengan menghitung margin. Biasanya, margin disajikan dalam bentuk persentase. Margin berkaitan dengan produk yang dijual, biaya produksi, keuntungan, dan lainnya. Berikut artikel mengenai margin.

Pengertian Margin

Margin yaitu salah satu istilah yang cukup sering digunakan dalam berbisnis. Margin sendiri maknanya merupakan tingkat selisih antara besaran biaya produksi dengan harga jual di pasaran. selain fungsi dan menfaatnya kamu juga harus tahu cara menghitung margin dalam bisnis. Pada ranah investasi, margin diartikan sebagai deposit oleh investor untuk pembayaran harga beli saham.

Fungsi Margin

Margin mempunyai peranan penting dalam bidang bisnis. Berikut fungsi margin.

1. Menentukan Jumlah Produk

Margin berfungsi untuk menentukan jumlah produk yang akan dijual. Mengingat, margin bisa memperhitungkan kerugian dan keuntungan. Sehingga, produk yang dijual bisa ditentukan agar tidak terjadi kerugian.

2. Menentukan Pemasaran

Selanjutnya, margin berfungsi untuk menentukan strategi pemasaran produk dan jasa yang dijual. Apabila margin yang diperolah sangat tipis, perusahaan bisa menyesuaikan strategi pemasaran dengan mempertimbangkan budget.

3. Menentukan Harga

Ketiga, margin berfungsi untuk menentukan harga jual produk atau jasa. Margin bisa memperhitungkan harga jual produk dengan beberapa pertimbangan agar penentuan harga produk tepat.

Contoh Menghitung Margin

Sebuah pabrik sepatu mampu menjual 20.000 pasang sepatu selama satu bulan dengan harga satuan Rp40.000. Biaya produksi dan pemasaran sejumlah Rp.300.000. Berapa margin yang dihasilkan?

Margin= Rp.100.000 : Rp.300.000 X 100% =  33,3%

More Coverage:

Nah, berikut artikel mengenai margin. Semakin tinggi margin yang didapat, semakin besar pula keuntungan yang diterima oleh perusahaan. Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again