1. Entrepreneur

Monday.com, Solusi Manajemen Proyek Online yang Lagi Hits

Ingin mengelola manajemen proyek dengan mudah? Kenali Aplikasi Monday.com berikut!

Monday.com merupakan platform manajemen proyek online yang bisa membantu mengelola workflow proyek dan pekerjaan.

Monday.com memungkinkan Anda untuk berkolaborasi secara efektif dengan seluruh anggota tim dan departemen untuk mendapatkan visibilitas yang mendukung kelancaran pekerjaan. Dengan satu akun Monday.com, Anda dapat melakukan manajemen pekerjaan mulai dari membuat perencanaan, pelaksanaan hingga pemantauan keberjalanan proyek. Anda dapat mengatur seluruh pembagian tugas kepada seluruh tim hanya dengan satu platform saja.

Anda dapat memilih bidang proyek yang akan dikerjakan, menambahkan tim, hingga mengatur workflow.  Pelaku bisnis dapat memanfaatkannya untuk melakukan koordinasi tim, pembagian tugas, kolaborasi, dan pemantauan kinerja hingga pencapaian yang telah didapat. Untuk menggunakannya, simak panduan membuat akun Monday.com berikut ini.

Cara Membuat Akun Monday.com

  • Download aplikasi Monday.com dari PlayStore Anda

  • Buka aplikasi Monday.com yang sudah terinstal, kemudian masukkan Email pendaftaran dan klik Next

  • Masukkan Nama Lengkap dan Password untuk akun Monday.com Anda, lalu klik Next

  • Lakukan pengaturan akun sesuai kebutuhan. Pilih tujuan dari pembuatan akun.

Monday.com menyediakan beberapa pilihan diantaranya work, personal, dan school.

  • Pilih posisi Anda dalam tim

Beberapa pilihan posisi yang tersaji adalah business owner, team leader, team member, freelancer, director / C-Level / VP.

  • Pilih jumlah anggota tim, kemudian klik Next

  • Pilih salah satu bidang pengelolaan Anda

Terdapat pilihan marketing, nonprofits, construction, operation, sales & CRM, finance, HR & recruiting, IT, software development, legal, education, PMO, product management, design & creative, atau Anda bisa memilih more workflows.

  • Pilih sub bidang yang tersedia, kemudian klik Next

  • Masukkan salah satu email dari tim Anda, kemudian klik Create your account

Pada tahap ini Anda wajib menambahkan minimal satu anggota tim.

  • Konfirmasikan pendaftaran melalui email yang Anda daftarkan. Buka email dan Click to confirm your email address

  • Pendaftaran selesai, Anda bisa memulai untuk memasukkan detail proyek untuk kemudian dikelola bersama tim.

Monday.com juga memiliki berbagai fitur yang dapat digunakan untuk merencanakan, memantau, hingga mengukur efektivitas dan perkembangan suatu proyek. Apa saja fitur yang dimiliki Monday.com? Simak penjelasan dibawah ini!

Fitur Monday.com

  • Dashboards

Buatlah dashboard khusus yang akan memberi insight dari setiap proyek. Dengan begitu, Anda tetap bisa mengawasi dan melacak perkembangan, jadwal, hingga anggaran proyek.

Pembuatan dashboard bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tetap membuat semua anggota tim sinkron. Selain itu, Anda juga bisa mengatur pembagian dan prioritas setiap tugas tim.

  • Integrations

Anda bisa mengintegrasikan akun Monday.com dengan berbagai tools favorit seperti Outlook, Microsoft Teams, Dropbox, Slack, Zoom, Google Calendar, Google Drive, Excel, Gmail, LinkedIn, OneDrive, Zapier, dan Adobe Creative Cloud.

  • Automations

Anda dapat mengatur proses otomatisasi sesuai kebutuhan pekerjaan sehingga menjadi lebih efisien dan fokus pada pekerjaan yang penting. Dengan memanfaatkan fitur otomatisasi, Anda tidak perlu melakukan pekerjaan berulang. Contohnya kirim email secara otomatis sesuai tanggal yang telah ditetapkan.

  • Gantt Charts

Gantt charts akan membantu Anda untuk mengontrol proyek yang sedang dilaksanakan. Anda bisa dengan mudah melacak perkembangan proyek dan tenggat waktu sehingga membantu memastikan proyek bisa selesai tepat waktu.

  • Kanban

Metode kanban dalam manajemen proyek bisa digunakan sebagai alat instruksi kerja untuk mengatur alur kerja, alur komunikasi, pencapaian setiap anggota tim, dan berkolaborasi dengan seluruh tim yang berkepentingan. Anda bisa menggunakan template yang tersedia atau membuatnya sendiri sesuai kebutuhan.

  • Docs

Fitur docs memungkinkan Anda untuk berkolaborasi dengan tim secara real-time. Anda dapat mengedit dokumen secara bersamaan atau memberikan komentar dalam dokumen untuk berkoordinasi dengan tim.

  • Files

Anda bisa mengelola, mengatur, dan membagikan file dengan mudah kepada seluruh anggota tim. Anda juga bisa berkoordinasi dengan memberikan komentar langsung di dalam file untuk mempersingkat umpan balik dari tim. Dengan begitu, alur komunikasi lebih efisien, cepat, dan mudah. Selain itu, mengontrol dan membatasi akses anggota tim terhadap suatu file.

  • Forms

Monday.com menyediakan fitur form yang dapat dibuat sesuai kebutuhan proyek.

Pengelolaan manajemen proyek secara online akan lebih membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan praktis. Anda bisa beralih dari pengelolaan manual ke pengelolaan digital untuk meningkatkan efektivitas dan mengoptimalkan koordinasi hingga pencapaian yang ingin dicapai.

Anda dapat menggunakan fitur trial gratis selama 14 hari terlebih dahulu untuk mencobanya, setelah itu Anda harus melakukan pembayaran untuk menggunakan fitur Monday.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again