1. DScovery

Apa itu PayPal, Solusi Pembayaran Digital ke Seluruh Dunia

Bertransaksi secara online ke seluruh dunia secara mudah dengan menggunakan PayPal.

Salah satu kemudahan akibat kemajuan teknologi adalah kemudahan berbelanja dari rumah secara online. Tidak dipungkiri, belanja online merupakan gaya hidup yang sedang digemari masyarakat saat ini. Orang-orang tidak perlu berpergian ke luar negeri untuk membeli barang yang mereka inginkan berkat adanya internet dan berbagai platform marketplace.

Salah satu hal yang mendorong menjamurnya tren tersebut adalah berkat adanya kemudahan dalam transaksi online. PayPal merupakan saah satu alternatif pembayaran digital yang dapat digunakan untuk transaksi online. Dengan PayPal, kamu bisa melakukan transaksi dengan mudah dan cepat, bahkan hingga ke luar negeri.

Nah, lantas apa itu PayPal dan apa saja keuntungan dalam menggunakannya? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Apa itu PayPal?

Pada dasarnya, PayPal merupakan layanan keuangan virtual yang menyediakan jasa transfer dan pembayaran secara online ke seluruh dunia. Selain melakukan pembayaran online, PayPal juga dapat digunakan untuk menerima uang secara online.

PayPal didirikan sejak tahun 1998, di mana sebelumnya merupakan anak dari perusahaan eBay. Saat ini, PayPal merupakan salah satu alat pembayaran digital yang paling populer di dunia, dengan memiliki lebih dari 400 juta pengguna aktif.

Salah satu alasan mengapa PayPal banyak digunakan adalah karena memiliki jaringan yang luas dan dapat digunakan antar negara. Selain itu, akun PayPal juga memiliki tingkat keamanan yang cukup baik dan mudah digunakan karena terhubung ke kartu kredit atau rekening giro pengguna.

Keuntungan Menggunakan PayPal

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, PayPal memiliki beberapa keuntungan yang menjadikannya sebagai salah satu layanan pembayaran digital yang populer di dunia. Nah, berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan PayPal yang telah dilansir dari Glints.com.

1. Cepat

Salah satu keuntungan PayPal adalah prosesnya yang cepat dan mudah. Dahulu, untuk mengirimkan uang perlu menggunakan cek dan wesel pos yang membutuhkan waktu yang lama dalam prosesnya. Namun, berkat adanya PayPal, transfer uang dari akun PayPal maupun ke rekening bank lain hanya membutuhkan waktu kurang lebih 24 jam.

2. Menjangkau Hampir Seluruh Dunia

PayPal memiliki jaringan yang luas, sehingga memungkinkan transfer uang antar negara. Selain itu, banyak marketplace dan perusahaan asing yang mulai menggunakan PayPal sebagai salah satu metode pembayarannya.

3. Fleksibilitas bagi Penjual

PayPal sangat bermanfaat bagi penjual, terutama penjual yang menjual produknya secara online. Dengan adanya PayPal, penjual dapat memasarkan produknya secara lebih luas hingga ke luar negeri. Selain itu, PayPal juga memberikan kemudahan bagi penjual untuk bertransaksi dengan pembeli.

4. Keamanan Terjamin

PayPal memiliki aturan yang ketat dalam menjaga privasi penggunanya. Maka dari itu, transaksi menggunakan PayPal dapat dipastikan aman selama tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan. Selain itu, apabila penggunanya memiliki masalah pada transaksi bisa melaporkannya pada PayPal.

5. Biaya Administrasi Terjangkau

Meskipun PayPal juga mengenakan biaya administrasi, namun biaya yang dikenakan cukup murah dan terjangkau. Biaya administrasi menggunakan PayPal adalah sebesar 30 sen dollar AS per transaksi, ditambah 3 persen dari total transaksi.

6. Mudah Melihat Riwayat Transaksi

PayPal juga memiliki fitur yang memudahkan penggunanya dalam mengecek riwayat transaksi, selama seminggu hingga sebulan sebelumnya.

Kekurangan PayPal

Meskipun memiliki berbagai keunggulan yang menjadi daya tarik utamanya, kamu juga perlu memperhatikan beberapa kekurangan yang dimiliki oleh PayPal. Berikut penjelasan secara lengkapnya.

1. Rentan Disalahgunakan

PayPal memang memudahkan penggunanya untuk bertransaksi ke berbagai negara. Namun, keterbukaan inilah yang menyebabkannya jadi rentan terhadap penipuan atau tindak kriminal lainnya.

2. Sulitnya Melakukan Komplain

Meski PayPal siap memfasilitasi jika ditemukan adanya masalah saat bertransaksi, namun sayangnya, untuk PayPal Indonesia belum memiliki layanan aduan. Nomor yang tertera pada situs PayPal adalah nomor kantor PayPal di Singapura.

3. Belum Melayani Transaksi dengan Beberapa Mata Uang

Keunggulan utama PayPal adalah dapat melayani transaksi ke seluruh dunia. Namun, ternyata PayPal belum melayani transaksi dengan beberapa mata uang penting, seperti Rupee India.

4. Proses Pembekuan yang Berlangsung Lama

Pembekuan akun dilakukan oleh PayPal apabila ditemukan indikasi penyalahgunaan. Pembekuan itu kadang berlangsung lama bahkan hingga berbulan-bulan.

Itulah penjelasan lengkap mengenai PayPal, mulai dari pengertian hingga kekurangan dan kelebihannya. Meski memiliki beberapa kekurangan, hal ini lantas tidak membuat posisi PayPal sebagai salah satu metode pembayaran online terpopuler di dunia menjadi tergantikan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again