1. DScovery

Apa Itu PIC: Pengertian, Tugas dan Skill yang dibutuhkan PIC

Kamu pernah mendengar istilah PIC? Apa sih, PIC itu?

glossary

Pasti kamu sudah tidak asing dengan istilah PIC (Person In Charge). Nah, kalau kamu belum pernah mendengar istilah ini, kamu perlu mengetahuinya, lho. Pada pelaksanaannya, PIC memiliki peran penting dalam suatu tim guna menjalankan event tertentu.

Lalu, apa sih PIC itu? Apa saja pekerjaan dan tanggungjawabnya? Berikut artikel mengenai PIC.

Pengertian PIC

PIC merupakan salah seorang individu yang bertanggungjawab penuh pada jalannya suatu event, kegiatan, proyek, maupun tugas tertentu yang dijalankan perusahaan. Jika perusahaan ingin mengadakan event tertentu, biasanya kepala perusahaan akan menunjuk anggotanya untuk menjadi PIC yang tentunya kompeten dan bertanggungjawab.

PIC memiliki tugas yang beragam, menyesuaikan kebutuhan masing-masing tim. PIC bisa diberikan tugas dalam jangka waktu singkat maupun jangka panjang. Walaupun terlihat cukup berat, PIC masih dapat melakukan koordinasi dengan manajer jika ada hal yang kurang dimengerti.

Misalnya, Divisi Marketing menyelenggarakan dua event berbeda, maka ketua Divisi Pemasaran harus menunjuk dua orang untuk menjadi penanggungjawab kedua event tersebut.

Tugas dan Tanggungjawab PIC

PIC memiliki tanggungjawab penuh terhadap jalannya suatu event atau kegiatan perusahaan. Seorang PIC harus memperhatikan kinerja anggotanya terutama melihat update terbaru kinerja anggota divisi, juga menjadi narahubung terkait pertanyaan yang diajukan seputar kegiatan.

Maka dari itu, PIC harus menjalankan tugasnya dengan maksimal untuk mencapai hasil kerja yang baik. Berikut deskripsi tugas seorang PIC.
• Mengawasi jalannya proyek.
• Membuat laporan untuk kepala divisi.
• Mampu memenuhi target yang diberikan.
• Melakukan sosialisasi kepada rekan kerja lainnya.
• Melakukan evaluasi proyek.

Skill PIC

Terdapat beberapa skill penting yang harus dimiliki oleh seorang PIC. Sebagai seorang PIC, selain harus bertanggungjawab terhadap tugas, kamu juga harus bisa bertanggungjawab terhadap rekan kerjamu yang terlibat dalam event yang sama.

Berikut beberapa skill yang harus dimiliki oleh seorang PIC.
1. Mampu Berkomunikasi
Sudah pasti seorang PIC harus mampu berkomunikasi dengan baik. Pasalnya, PIC akan berhubungan dan bekerja bersama banyak orang, tentu saja kemampuan komunikasi sangat dibutuhkan untuk meminimalisir terjadinya miss komunikasi dalam bekerja.

2. Problem Solving
Pada pelaksanaannya, PIC harus mampu menyelesaikan berbagai masalah selama menjadi penanggungjawab suatu event. Jadi, PIC membutuhkan skill problem solving supaya mampu menangani masalah dengan baik dan bijak.

3. Interpersonal
PIC harus mampu menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerjanya. Hal ini dilakukan untuk menciptakan kenyamanan saat berinteraksi dengan banyak orang.

Perbedaan PIC dengan Supervisor

Tidak sedikit orang mengira kalau PIC sama dengan Supervisor. Padahal, keduanya berbeda, lho. PIC merupakan orang yang ditunjuk oleh manajer untuk bertanggungjawab terhadap jalannya suatu event tertentu saja. Sehingga, untuk menjadi seorang PIC kamu tidak harus memiliki jabatan yang tinggi dalam suatu perusahaan.
Sedangkan supervisor merupakan salah satu jabatan di perusahaan yang bertugas untuk melakukan monitoring.

Nah, berikut artikel mengenai PIC. Tentu saja PIC berbeda dengan supervisor. Kamu sudah tahu kan perbedaannya?

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

{$categories[0]['slug']}

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again