1. DScovery

Apa Mata Uang Prancis: Sejarah, Perbedaan Franc dan Euro

Prancis awalnya memiliki mata uang franc sebagai mata uang nasional, tetapi mengalami perubahan mata uang menjadi euro. Simak penjelasan dan sejarah dibalik pergantian mata uang prancis pada artikel berikut ini.

Prancis adalah negara yang terletak di kawasan eropa dengan suhu derajat mencapai 8 celcius ketika musim dingin. Mungkin kalian tidak asing dengan julukan yang dimiliki negara satu ini sebagai la france atau manusia bebas. 

Julukan tersebut berkaitan juga dengan sejarah perjuangan rakyat prancis dalam mencapai kemerdekaan negaranya. Dalam proses sejarah tersebut ditemukan juga perkembangan penggunaan mata uang prancis, berikut ini penjelasan selengkapnya:

Apa Mata Uang Prancis?

Mata uang prancis menggunakan franc sebagai mata uang nasional, sebelum pada tahun 2002 akhirnya berganti menjadi mata uang euro. Mata uang franc sebelumnya telah dikelola oleh Bank prancis dan memiliki denominasi koin dengan nilai 1,5,10 dan 20 franc, serta uang kertas dengan nominal 20, 50, 100, 200, dan 500 franc.

Perlu diketahui bahwa negara prancis memiliki sejarah yang sangat panjang dengan total lebih dari 600 tahun. Perubahan yang terjadi pada mata uang prancis yang terjadi tahun 2002 terjadi juga disebabkan dukungan yang diberikan negara tersebut terhadap integrasi moneter eropa.

Sejarah Mata Uang Prancis

Pada tahun 1360 selama terjadinya perang poitiers atau pertempuran perang seratus tahun antara prancis dengan inggris, prancis perlu membayar denda atas kekalahannya oleh tentara inggris setelah penangkapan Raja John II. Denda yang dibebankan ini mengharuskan prancis mencetak koin emas yang baru.

Dalam sejarahnya pada tahun 1803, terjadinya revolusi prancis mengakibatkan kondisi yang tidak dapat diatasi dalam politik dan ekonomi dan membuka lebih banyak celah untuk memperkenalkan mata uang prancis yang baru, yaitu mata uang franc. Mata uang prancis yang berdenominasi franc pertama kali menggambarkan sosok Napoleon Bonaparte sebagai kaisar prancis.

Pembuatan koin franc dikenal juga sebagai napoleon emas karena mengandung 290,32 mg emas dan mendapatkan banyak pujian dengan statusnya sebagai uang sehat. Memasuki abad ke-19, kondisi ekonomi prancis memasuki industrialisasi dan menyebabkan mata uang franc mengalami pertumbuhan sebagai mata uang internasional.

Pada tahun 1865, prancis sebagai bagian dari pendiri persatuan moneter lain berupaya untuk menciptakan ekonomi eropa menjadi satu dalam penggunaan mata uang yang sama. Setelah perang dunia II, prancis kembali melanjutkan gagasannya tersebut untuk bisa menyatukan mata uang di wilayah eropa. 

Seiring berjalannya waktu dan upaya yang dilakukan oleh prancis dalam menyatukan mata uang di wilayah eropa, tahun 1992 prancis mengesahkan Perjanjian Maastricht mengenai penggunaan mata uang euro sebagai dasar dari Uni Eropa. Melalui perjanjian inilah prancis melakukan adopsi dari penggunaan mata uang franc ke mata uang euro dan berlangsung hingga saat ini.

Perbedaan Uang Franc dan Euro

Setelah berlangsungnya perang dunia II banyak negara yang terkena dampak baik dari segi politik, sosial dan bahkan ekonomi tak terkecuali negara prancis. Usai perang dunia II, mata uang franc mengalami penurunan sebelum akhirnya melakukan perpindahan ke mata uang euro.

Perang dunia II mengakibatkan prancis harus membayar pengeluaran masa perang secara signifikan, hal ini semakin diperburuk dengan perekonomian yang mengalami inflasi dan properti yang hancur akibat dari pertempuran perang dunia II. Nilai tukar mata uang franc saat itu semakin mengikis, tetapi berbeda dengan nasib  penggunaan mata uang euro ketika diadopsi.

Mata uang euro saat ini justru relatif tetap stabil setelah diadopsi oleh prancis, melalui mata uang euro juga prancis mengalami pertumbuhan dengan rata-rata mencapai 1,09% selama periode 2002-2021.Mata uang prancis yang saat ini digunakan adalah euro, dimana alat pembayaran franc yang sah telah berhenti sejak 2002. 

Bank Prancis juga telah menghentikan penukaran mata uang franc dengan mata uang euro pada tanggal 17 Februari 2012, meskipun demikian mata uang franc masih dianggap bernilai bagi para kolektor dengan harga yang berbeda-beda. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan mata uang euro di prancis bertujuan sebagai penyatuan mata uang di negara Eropa

Demikian informasi seputar mata uang prancis beserta sejarahnya. Melalui penjelasan yang telah disampaikan sebelumnya. Pergantian mata uang franc ke euro juga didukung dengan kondisi nilai tukar franc yang semakin mengalami penurunan. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again