1. Startup

Apakah Google Chrome Telah Mengalahkan IE dan Menjadi Browser Paling Populer? Belum Tentu

Kemarin TheNextWeb menuliskan bahwa Google Chrome telah melewati Internet Explorer dan menjadi browser (peramban web) paling populer di dunia. Data yang dikemukakan berdasarkan dari laporan Global Stats oleh StatCounter yang pertama kali dituliskan oleh Joey deVilla. Joey menambahkan tulisan lanjutan tentang hal ini dengan sumber data tambahan dari W3Counter dan Clicky, yang menunjukkan bahwa Chrome belum menyalip IE. Lalu bagaimana sebenarnya?

Secara sederhana, pangsa pasar peramban web bukanlah ilmu pasti. Anda bisa saja menjalankan ratusan survei, penelitian, dan monitoring, dan Anda akan mendapatkan ratusan jawaban yang berbeda. Di sisi lain, jika ukuran sampel cukup luas, Anda akan mendapatkan banyak hasil yang serupa yang bisa Anda ambil kesimpulannya.

Satu hal yang hebat dari data StatCounter adalah Anda bisa menelusuri data tersebut menjadi data mingguan dan harian, tidak hanya data bulanan dan tahunan. Jika Anda menarik data mingguan, maka Anda akan menemukan bahwa dua peramban web ini saling bersaing ketat.

Selama beberapa minggu terakhir, baik IE maupun Chrome saling berganti tempat beberapa kali dengan Chrome secara progresif menyalip IE, seperti yang bisa Anda lihat di grafik di atas, tetapi IE secara kolektif unggul dalam beberapa minggu ke belakang. Akan lebih mudah untuk melihat data kolektif dengan menampilkannya sebagai grafik batang, yang bisa Anda lakukan di situs StatCounter dengan mudah. Dengan melihat tren yang ada beberapa bulan ke belakang, tidak diragukan lagi Chrome akan mengalahkan IE dalam beberapa minggu ke depan, tetapi saat ini, IE secara tipis masih berapa di depan.

[Sumber gambar]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again