1. Startup

Apakah Google Drive Layak Untuk Digunakan?

Google akhirnya merilis Google Drive, layanan penyimpanan fileonline yang telah lama ditunggu, kurang lebih enam tahun sejak rumor tentang layanan ini muncul. Tetapi jangan menyebutnya demikian, karena Google SVP of Chrome dan Apps, Sundar Pichai membenci file dan manajemen file. Faktanya, dia adalah orang yang mematikan proyek Google Drive awal yang dinamakan GDrive beberapa tahun lalu.

Dalam sebuah wawancara dengan AllThingsD, Sundar merujuk pada "living your life online" untuk menggambarkan Google Drive, apapun artinya itu. Terlepas dari apa yang Sundar percayai, mayoritas pengguna Drive akan memahami bahwa Google Drive adalah sebuah tempat untuk menyimpan file mereka secara online. Apakah layanan ini mempersilahkan Anda menyimpan file? Apakah Anda bisa mengatur folder? Apakah memungkinkan untuk menambah, memindahkan, dan mengolah file Anda? Jawabannya ya, ditambah pula Google Drive akan mensinkronisasikan kontennya dengan folder yang telah ditentukan pada komputer Anda.

Google Drive memberikan Anda 5GB ruang penyimpanan secara gratis yang terintegrasi dengan Google Docs. Jika Anda menggunakan Docs dan hanya memiliki kapasitas 1GB, tunggu saja, Anda akan mendapatkan 5GB tidak lama lagi. Anda juga bisa membeli tambahan kapasitas dengan biaya bulanan segera setelah Drive tersedia di akun Google Anda. Google akan merilis Drive pada seluruh pengguna Gmail dalam beberapa hari ke depan.

Mari kita lihat lebih dalam layanan Google Drive dan apa sebenarnya layanan bari dari Google ini.

Sebelum Google Drive, Google menyediakan fasilitas bagi konsumen mereka untuk melakukan upgrade fasilitas penyimpanan gratis dengan harga murah, dan pembelian tambahan fasilitas penyimpanan ini diterapkan pada Gmail, Picasa dan Docs. Jika Anda telah membeli tambahan penyimpanan 20GB, tambahan tersebut akan dibagikan kepada tiga layanan tersebut. Rendahnya struktur penetapan harga dari fasilitas penyimpanan yang lama terdengar tidak masuk akal. Harga yang tersedia mulai dari $5 pertahun untuk 20GB ekstra penyimpanan sampai dengan $4096 untuk tambahan 16TB.

Dengan Google Drive, Google tidak terlalu murah hati lagi. Harga dan pembaruan ruang penyimpanan tidak lagi pertahun tetapi perbulan. Untuk tambahan 25GB kini Anda harus membayar $2.49 perbulan. Awalnya terlihat murah, tetapi bandingkan dengan $5 pertahun untuk 20GB. Biayanya akan menjadi $29.88 pertahun, meningkat hampir 600%. 200GB tadinya seharga $50 pertahun, sekarang $9.99 perbulan, atau $119.88 pertahun. Akun berbayar akan meningkatkan kapasitas Gmail menjadi 25GB dari 10GB. Ya, Google juga meningkatkan ruang penyimpanan Gmail dari 7GB menjadi 10GB.

Terlihat jelas dari sisi biaya menjadi jauh lebih mahal. Berikut adalah tabel yang membandingkan Google Drive dengan layanan cloud populer lainnya. Anda juga bisa membandingkan layanan lama dengan yang baru untuk Google Drive.

Seperti yang dituliskan Amir di artikel sebelumnya, Google Drive sepertinya diposisikan lebih untuk meningkatkan layanan Docs daripada menjadi layanan penyimpanan atau manajemen file yang berdiri sendiri. Sementara Drive mempersilahkan Anda untuk menyimpan file jenis apapun, berapapun dokumen Docs yang ada di penyimpanan Anda tidak akan memakan kuota. Dengan kata lain, Anda akan bisa menyimpan ratusan ribu dokumen Docs dan tidak akan mempengaruhi sisa ruang penyimpanan yang Anda miliki.

Sebagai tambahan, semua file Docs yang disimpan di folder Google Drive bukan file sebenarnya tetapi tautan ke dokumen tersebut yang disimpan secara online. Membuka "file" Docs yang terdapat di dalam folder Google Drive Anda akan membuka browser Anda dan menampilkan dokumen tersebut di dalamnya.

Karena Drive belum tersedia untuk akun saya, saya tidak bisa tahu apakah dia akan bekerja secara offline sebaik online. Saat ini saya bisa mengatakan bahwa kemungkinan ini akan membutuhkan koneksi internet. Lagi pula akses offline untuk Docs masih dalam tahap beta dan membutuhkan aktivasi dari sisi pengguna.

Ini jelas merupakan sebuah upgrade untuk Docs yang dimaksud untuk mengajak orang menggunakan Google Docs daripada layanan lainnya dan menyasar pengguna korporat bukan individual, jika tidak, mengapa pula Google mempromosikan fasilitas kolaborasi di Drive?

Dari halaman Google Drive:

Google Drive gives you instant access to Google Docs, a suite of editing tools that makes working together better—even when your teammates are miles away.

Jika Anda tidak tertarik pada integrasi Docs, memiliki fasilitas gratis 5GB untuk menyimpan file secara online sebenarnya cukup menarik tetapi jika Anda telah memiliki akun SkyDrive  atau DropBox, hal ini tidak lebih dari sekadar tambahan gratis 5GB.

Lebih lanjut, jika Anda sebelumnya telah menggunakan SkyDrive, Anda bisa menyimpan alokasi 25GB alih-alih 7GB. Jika Anda juga memaksimalkan alokasi gratis dari Dropbox maka total ruang penyimpanan online yang Anda punya adalah 46GB. Jika Anda beruntung untuk untuk mendapatkan 50GB gratis dari Box, well…itu membuat layanan Drive menjadi tidak berarti. Keren tetapi bukan apa-apa. Belum lagi kalau Anda menggunakan Bitcasa.

Google Drive saat ini tersedia untuk Windows, OS X, dan Android dan akan tersedia juga untuk iOS dalam beberapa minggu ke depan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again