Categories

Berita

Aplikasi Android Sigap Tingkatkan Kesiagaan Penggunanya

Michael Erlangga - 4 October 2014

Berangkat dari frekuensi keseringan masyarakat Indonesia menatap layar smartphone mereka, aplikasi Sigap yang dikembangkan oleh LayangLayang Mobile yang berbasis di Bandung berusaha membantu pengguna mereka untuk selalu siaga. Sigap memberikan notifikasi terkini seputar cuaca, bahkan gempa, yang terjadi secara real-time melalui perangkat mereka.

Aplikasi Sigap merupakan satu dari tujuh finalis Indonesia Next App yang diselenggarakan atas kolaborasi Samsung, Telkomsel, dan DailySocial. Ketika bencana alam terjadi, Sigap menggunakan API dari Badan Nasional Penanggulanagan Bencana (BNPB) untuk menyajikan informasi yang akurat untuk para penggunanya.

Aplikasi ini sangat sederhana, dengan inti terletak di sistem notifikasinya. Pengguna saat ini hanya disajikan dua struktur navigasi utama yang menampilkan Gempa Bumi dan Cuaca. Untuk mengganti antar dua halaman tersebut, Sigap memiliki tombol di kiri atas.

Pada halaman Cuaca, pengguna dapat melihat status cuaca dan suhu berdasarkan lokasi di mana mereka berada. Jangkauan cuaca nantinya dapat diatur dalam jarak radius tertentu sesuai keinginan pengguna.

Sedikit saran, ada baiknya jika tim pengembang menambahkan efek animasi dinamis di kedua halaman tersebut. Contohnya jika cuaca disebutkan “Mendung Gelap”, akan ditampilkan awan-awan hitam bergemuruh yang berpindah dari satu sisi ke sisi lainnya. Mungkin sedikit efek angin yang membuat pepohonan bergerak akan membuatnya semakin menarik.

Memanfaatkan tombol refresh di kanan atas layar, apabila cuaca telah diperbarui dari “mendung” menjadi “cerah”. Akan lebih cantik jika ada animasi transisi perubahan cuaca yang menggambarkan kondisi tersebut. Jadi tidak hanya sekedar mengganti wallpaper statis saja.

Di halaman Gempa Bumi, pengguna dapat melihat informasi gempa terkini yang terjadi melalui data BNPB. Tanggal kejadian, kekuatan gempa, lokasi, dan status kemungkinan tsunami terjabar dengan detil di halaman ini. Ketika gempa terjadi di sekitar pengguna, aplikasi ini akan secara otomatis memberikan notifikasi di perangkat Anda termasuk di perangkat wearable yang Anda miliki. Tak perlu takut kehilangan sinyal data internet, aplikasi Sigap menggunakan API Telkomsel yang juga memberikan notifikasi seputar gempa melalui SMS.

Ke depannya, aplikasi Sigap memiliki potensi lain yang menurut pengembang bisa dikembangkan untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, seperti anak pengguna yang telah sampai dengan selamat di sekolah, notifikasi diskon dari merchant di sekitar pengguna, jadwal transportasi, dan lain sebagainya.

Saat ini aplikasi Sigap belum tersedia untuk diunduh oleh pihak umum, walaupun akan segera rilis di platform Android dalam waktu dekat.

[foto: Dok. DailySocial]

 

-

Dapatkan pengalaman baru membaca konten DailySocial dan berselancar di internet mobile menggunakan Baidu Browser.http://goo.gl/WKlc5i

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter