Categories

Berita

Aplikasi Arisan Mapan Gunakan Mekanisme Arisan untuk Pembelian Barang Online

Dikembangkan oleh tim RUMA, aplikasi ini telah digunakan puluhan ribu pengguna di Jawa dan Bali

Randi Eka - 27 September 2016

Startup pengelola jaringan perusahaan mikro berbasis teknologi RUMA belum lama ini meluncurkan sebuah aplikasi bernama Arisan Mapan. Aplikasi ini memiliki cara kerja mirip dengan konsep arisan konvensional pada umumnya, yakni menggunakan kocokan untuk menentukan siapa yang mendapatkan giliran di periode tertentu. Arisan juga sangat erat dengan obrolan santai, maka di Arisan Mapan pun memfasilitasi kebutuhan tersebut dengan chatroom yang dapat dipilah sesuai dengan kelompok arisan yang disusun.

Melalui aplikasi ini, pengguna dapat membuat sebuah grup dan mengajak pengguna lainnya untuk bergabung di dalamnya. Si pembuat grup tersebut akan menentukan ketua arisan yang akan mengkoordinir seluruh aktivitas di dalamnya. Menariknya sang koordinir tersebut juga akan mendapatkan bonus berupa saldo Mapan (nominal yang dapat digunakan untuk pembayaran atau pembelian di aplikasi) karena sudah mengakomodasi pengumpulan dana dari para anggotanya. Arisan pun didorong untuk pembelian suatu barang.

RUMA sudah menyediakan katalog terkait dengan daftar barang yang diinginkan oleh peserta arisan. Menariknya di sini anggota arisan bisa memilih barang yang berbeda-beda di dalam sebuah grup, dan aplikasi akan menentukan dan menyesuaikan jumlah setoran berbeda pula untuk setiap anggota, bergantung jenis dan harga barang yang diinginkan. Nilainya adalah sejumlah harga barang dibagi jumlah anggota. Dan untuk logistik pengiriman, tim RUMA akan mengirimkan barang kepada alamat ketua arisan, selanjutnya dapat didistribusikan ke anggota.

Adapula fitur Rumpi yang dapat digunakan untuk mendiskusikan nilai setoran dan mekanisme kocokan dalam aplikasi. Jadi besaran dan lama periode arisan pun dapat ditentukan secara bersama. Sebenarnya skema ini bisa dikatakan sebagai model kredit gotong-royong. Ketika pengguna ingin memiliki sesuatu, bisa dibayar secara dicicil bersama-sama. Secara itung-itungan akan sama nominalnya, hanya saja dapat diangsur dalam periode tertentu.

Cara memulai sebuah kelompok arisan, setelah mengunduh aplikasi hal pertama yang harus dilakukan ialah memilih barang yang ingin dimiliki di katalog yang tersedia. Selanjutnya pilih ketua arisan, bisa pengguna sendiri atau menunjuk orang lain. Tugas utama dari seorang Ketua Arisan adalah mengatur kegiatan arisan dan mengumpulkan uang setoran arisan sampai selesai periodenya. Setelah itu kumpulkan anggota, minimal 4 orang. Maka arisan akan berjalan sesuai ketentuan yang telah diisyaratkan. Adapun proses transaksi di dalamnya dapat dilakukan menggunakan dealer payment point, transfer bank atau menggunakan saldo Mapan di aplikasi.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and tecnology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter