1. DScovery

6+ Aplikasi AutoCAD Terbaik untuk Android

Apa saja aplikasi AutoCAD yang mampu membantu proses desain bangunan baik itu dalam 2D dan 3D? Simak pembahasannya berikut ini!

Pekerjaan maupun jurusan kuliah yang berhubungan dengan konstruksi pada misalnya arsitek dan teknik sipil seringkali akan memerlukan AutoCAD dalam pekerjaan lapangan mereka.  AutoCAD adalah singkatan dari Auto Computer-Aided Design yang mana artinya merancang dengan bantuan komputer. Mereka yang terlibat pekerjaan tadi terkadang memerlukan aplikasi ringkas untuk merancang bangunan di lapangan.

Saat ini dengan teknologi yang semakin berkembang, rancangan desain bangunan dapat dibuat melalui aplikasi AutoCAD Android terbaik. Pemula pun dapat belajar AutoCAD secara autodidak melalui aplikasi AutoCad Android terbaik ini. Nah, apa saja aplikasi AutoCAD yang mampu membantu proses desain bangunan baik itu dalam 2D dan 3D? Simak pembahasannya berikut ini! 

6+ Aplikasi AutoCAD Terbaik untuk Android

Berikut ini adalah aplikasi-aplikasi AutoCAD terbaik untuk Android. Aplikasi-aplikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang dapat kamu jadikan pertimbangan untuk mengunduh aplikasi ini.

AutoCAD

Gambar AutoCAD sebagai aplikasi autoCAD android terbaik

AutoCAD merupakan salah satu aplikasi AutoCAD terbaik untuk Android yang dapat kamu coba. Aplikasi ini hadir dalam versi PC dan smartphone dan akan membantu pengguna untuk membuat objek baik itu 2D maupun 3D. AutoCAD ini terkenal sangat disukai oleh kalangan arsitek, insinyur sipil, serta pekerjaan berkaitan dengan perancangan lainnya karena fiturnya yang lengkap..

Aplikasi yang telah diunduh oleh 10 juta pengguna ini juga memiliki versi premium dengan tools yang lebih lengkap loh. Pengguna tentunya harus merogoh kocek untuk dapat menikmati akses pada versi berbayar ini. Jangan khawatir karena Autodesk –developer AutoCAD– memberikan kesempatan untuk mencoba versi premium secara gratis selama 7 hari.

DWG FastView

Gambar DWG FastView sebagai aplikasi autoCAD android terbaik

Satu lagi aplikasi AutoCAD untuk Android terbaik adalah DWG FastView. Aplikasi ini memiliki kelebihan di mana pengguna dapat membuat objek dan mengedit file hampir dengan semua format. Format file yang didukung oleh aplikasi yang telah diunduh oleh 10 juta pengguna ini adalah DWG, DXF, DWS,OCF, DWT, BMP, JPG, PNG, PDF, DOC, DOCX, dan formatdokumen lainnya.

DWG FastView juga menawarkan fitur agar pengguna dapat melakukan rotasi kamera sebanyak 360. Dengan begitu, pengguna dapat melihat dan melakukan edit detail rancangan dengan lebih kentara. 

GnaCAD

Gambar GnaCAD sebagai aplikasi autoCAD android terbaik

GnaCAD dapat juga menjadi alternatif aplikasi AutoCAD terbaik yang dapat kamu gunakan. Seperti aplikasi AutoCAD pada umumnya, GnaCAD dapat digunakan untuk membuat desain rancangan objek baik itu 2D maupun 3D. Dengan tampilan aplikasi yang sederhana, aplikasi ini cukup mudah untuk digunakan, walaupun bagi seorang pemula dalam AutoCAD.

Aplikasi yang telah di-download sebanyak 1 juta kali ini tidak memiliki batas ukuran dokumen sehingga pengguna pun dapat lebih leluasa melakukan proses edit file. Selain itu, GnaCAD juga mendukung akses file pada Google Drive, sehingga pengguna tidak perlu khawatir jika memori penyimpanan akan habis oleh dokumen AutoCAD.

UVCAD

Gambar UVCAD sebagai aplikasi autoCAD android terbaik

Aplikasi UVCAD merupakan aplikasi AutoCAD Android yang memiliki spesialisasi dalam pembuatan dan editing objek berbentuk 2D. UVCAD ini memiliki tampilan sederhana dengan disertai pengaturan warna objek yang mudah dan menarik. Aplikasi ini memberikan klaim bahwa ia merupakan solusi yang sempurna bagi desainer yang menginginkan aplikasi untuk membuat gambar dengan cepat dan dan lebih presisi. 

Sayang sekali aplikasi UVCAD ini belum memberikan support atas pembuatan objek 3D. Walaupun begitu, UVCAD telah memenuhi standar industri dan mampu menawarkan pengalaman seperti halnya menggunakan aplikasi AutoCAD.  

CAD Reader

Gambar CAD Reader sebagai aplikasi autoCAD android terbaik

Seperti namanya, CAD Reader memiliki fokus sehingga pengguna dapat membaca dan mengedit teks keterangan dari dokumen AutoCAD. File objek AutoCAD biasanya memiliki format DWG dan DXF, aplikasi bawaan pembaca file di Android mungkin tidak dapat membaca file format ini. Kelebihan yang CAD Reader tawarkan di antaranya adalah aplikasi ini menghadirkan aplikasi pembaca dokumen AutoCAD yang ringan dan mudah digunakan.

Pengguna pun dapat memberikan kombinasi lokasi gambar dengan foto lapangan sehingga dokumen akan lebih detail dan terperinci. Aplikasi ini pun menunjukkan secara akurat ukuran gambar serta koordinat yang presisinya bagus.

Planner 5D

Gambar Planner 5D sebagai aplikasi autoCAD android terbaik

Planner 5D adalah salah aplikasi AutoCAD Android terbaik yang menawarkan fitur pembuatan desain interior maupun eksterior yang realistis. Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta kali ini mendukung pembuatan objek desain baik itu 2D maupun 3D. Pengguna dapat merancang dan berkreasi dengan bebas melalui aset interior maupun eksterior yang katalognya melimpah.

Planner 5D pun memiliki fitur chromecast yang memungkinkan penggunanya untuk dapat menampilkan desain mereka melalui Smart TV.

ZWCAD Mobile

Gambar ZWCAD sebagai aplikasi autoCAD android terbaik

ZWCAD Mobile adalah salah satu alternatif aplikasi AutoCAD yang dapat pengguna pakai untuk proses desain objek. Aplikasi ini mendukung banyak sekali format dokumen AutoCAD seperti halnya DWF, DWG, DXF dan PDF. Fitur yang disediakan untuk mendukung pengguna dalam mendesain objek pun cukup lengkap.

Pengguna dapat melakukan editing, menambahkan label, ekspor dokumen ke format dokumen lain, serta membagikan dokumen. Tidak hanya itu, ZWCAD juga menawarkan fitur yakni auto save serta WiFi printing. Auto save akan menjadi dokumen agar tetap tersimpan walaupun mungkin ada interupsi seperti ponsel yang tiba-tiba mati.Kemudian, WiFi printing akan memudahkan pengguna dalam mencetak dokumen, tinggal sekali klik, pengguna dapat menikmati hasil cetak dari desain objek yang telah dibuat.

Aplikasi AutoCAD untuk android terbaik | Pexels

Aplikasi AutoCAD Android memungkinkan desain rancang bangun yang sederhana dan dapat dilakukan di mana saja. Beberapa perangkat lunak ini dapat membuat desain objek baik itu 2D maupun 3D dengan praktis. Itu tadi adalah aplikasi AutoCAD untuk Android terbaik yang dapat kamu gunakan untuk berlatih dalam desain objek khususnya bangun ruang.

Fitur dari aplikasi-aplikasi ini menarik sekali bukan? Selamat berkarya ya!

Sumber gambar header: Pexels

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again