7 Rekomendasi Aplikasi Bank Digital Terbaik

Tertarik menjadi nasabah bank digital? Berikut informasinya.

Teknologi yang semakin berkembang sangat memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia. Salah satunya pada sektor perbankan. Inovasi yang biasa disebut branchless banking ini menawarkan kemudahan bagi nasabahnya dengan memanfaatkan teknologi. Nasabah hanya perlu menggunakan perangkat selulernya untuk mengakses layanan yang ditawarkan oleh pihak bank. Sehingga, nasabah tidak perlu repot-repot mendatangi kantor cabang tersebut.

Berbeda dengan online banking, layanan branchless banking

ini benar-benar memanfaatkan teknologi untuk memberikan kemudahan bagi nasabahnya, seperti membuka rekening, menabung, melakukan pembayaran, hingga mengajukan pinjaman. Berikut rekomendasi aplikasi bank digital terbaik yang sudah menggunakan teknologi Branchless Banking.

Line Bank

Line Bank merupakan satu-satunya aplikasi bank digital di Indonesia yang menerbitkan kartu debit dengan desain bergambar karakter Line Friends. Desainnya yang menggemaskan ini membuat kamu merasa senang memiliki kartu debit ini. Selain desain kartunya yang menggemaskan, Line Bank juga memberikan fasilitas gratis transfer ke seluruh bank lokal Indonesia tanpa ditentukan saldo minimum, lho.

Kalau kamu tertarik dengan bank ini, kamu bisa mendaftarkan diri dan membuka rekening dari rumah, karena keseluruhan aktivitas layanannya bersifat online. Namun, perlu diperhatikan fitur pada aplikasi ini terbilang masih sangat terbatas. Bahkan mesin ATM

Line Bank pun masih sangat sedikit.

Digibank DBS

Digibank DBS

merupakan aplikasi bank digital dari bank DBS Singapura. Aplikasi ini menawarkan banyak layanan yang bisa digunakan dengan mudah, seperti pembukaan rekening tabungan, deposito, investasi, hingga melakukan pengajuan KTA dengan cepat. Sama seperti bank digital pada umumnya, kamu bisa melakukan pembayaran, transfer, hingga melihat rekam jejak keuanganmu pada aplikasi ini.

Kelebihan lain dari bank digital ini, kamu bisa melakukan transfer uang ke seluruh dunia tanpa dikenakan biaya administras alias gratis. Namun, Digibank mengenakan biaya administrasi sebesar Rp10.000 setiap bulannya apabila saldo yang kamu miliki kurang dari Rp5 juta.

SeaBank

SeaBank merupakan salah satu aplikasi bank digital yang sudah terintegrasi dengan Shopee, aplikasi belanja digital. SeaBank memberikan layanan dengan bunga cukup tinggi di ranah bank digital. Pasalnya, SeaBank memberikan bunga tabungan harian sebesar 7%  per tahun. Kamu juga bisa melakukan transfer uang ke seluruh bank tanpa dikenakan biaya admin. Selain itu, SeaBank memberikan layanan tidak menerapkan saldo minimum, baik saat membuka akun atau saldo minimum perbulannya. Sehingga, kamu diberikan kebebasan untuk menarik uang sesuai dengan kebutuhanmu.

Namun, fitur di dalam aplikasinya masih terbatas. Bahkan, SeaBank tidak menyediakan mesin ATM untuk melakukan tarik tunai. Kamu diharuskan melakukan transfer ke rekening lain untuk menarik uang jika dibutuhkan. Aplikasi ini juga belum mendukung pembayaran dengan QRIS/QR Code.

Neo Bank

Neo Bank merupakan salah satu bank digital yang memberikan pelayanan deposito dengan setoran awal kecil, yaitu hanya sebesar Rp200.000 saja. Tenornya pun terbilang sangat fleksibel, mulai dari 7 hari hingga satu tahun. Aplikasi ini memberikan fasilitas pesan instan yang bisa digunakan untuk pembayaran bersama dengan nasabah lain atau patungan, fiturnya pun bisa digunakan untuk mengirim pesan dan membalas pesan.

Kalau kamu tertarik menjadi nasabah Neo Bank kamu bisa mendaftarkan diri membuka akun bank yang dilakukan melalui aplikasi saja. Namun, Neo Bank memiliki kekurangan, yaitu belum bisa melakukan pembayaran menggunakan QRIS/QR code dan tidak menyediakan fasilitas tarik tunai dari mesin ATM.

TMRW UOB

TMRW UOB merupakan salah satu bank digital yang menawarkan fasilitas bebas biaya admin apabila melakukan transaksi, dan biaya minimum saldo nasabah. Aplikasi ini menyediakan fitur pengelola keuangan dimana nasabah diberikan informasi berupa rekam jejak pengeluaran, pemasukan, bahkan memberikan saran berdasarkan rekam jejak transaksi agar nasabah bisa mengelola keuangannya lebih baik lagi.

Nah, fitur yang satu ini sangat jarang sekali tersedia di bank digital lainnya, yaitu gratis biaya top up e-money

seperti, Gopay, OVO, iSaku dan LinkAja. Sehingga sangat membantu apabila kamu sering menggunakan e-money. Namun, perlu kamu ketahui TMRW UOB belum bisa melakukan top up ke Shopeepay dan Dana. Selain itu, jumlah ATM terbatas sehingga kamu cukup sulit ketika ingin melakukan tarik tunai.

Bank Jago

Bank Jago

merupakan salah satu bank digital pelopor di Indonesia. Nah, kalau kamu merasa keuanganmu terbatas, kamu bisa mengandalkan aplikasi bank digital yang satu ini. Fitur unggulan dari Bank Jago antara lain: gratis biaya administrasi bulanan, tidak ada minimum saldo, saldo ketika membuka rekening nol.

Bank Jago juga  memberikan fasilitas gratis top up e-money

yang dibatasi sebanyak 25 kali dalam sebulan. Jika lebih, maka akan dikenakan biaya transfer sebesar Rp3.000 kecuali GoPay. Bank Jago memiliki fitur “kantong” yang bisa digunakan untuk mengelola keuangan. Di samping itu ATM Bank Jago masih terbatas hingga agak sulit untuk melakukan penarikan uang, kamu juga belum bisa mengajukan pinjaman, investasi dan kartu kredit.

Jenius BTPN

Jenius BTPN merupakan salah satu bank digital yang memiliki fitur split bill, hingga kamu bisa melakukan pembayaran bersama kerabat dekatmu dengan adil. Nah, kalau kamu menggunakan bank ini kamu tidak perlu kesulitan menghafal nomor rekeningmu, karena yang digunakan adalah nama rekening.

Jenius BTPN menawarkan pengajuan pinjaman uang dengan limit bervariasi di setiap akunnya, mulai dari Rp500.000 hingga Rp200.000.000, tenornya pun bisa menyesuaikan dengan kemampuanmu dari 1 bulan hingga 3 tahun. Namun, jika saldo kamu tidak lebih dari satu juta kamu akan dikenakan biaya admin saat transfer dan tarik tunai.

Nah, setiap bank digital memiliki keunggulan yang berbeda. Kamu harus mempertimbangkan terlebih dahulu keunggulan dari setiap bank digital dengan kebutuhanmu. Agar tidak salah dalam memilih bank digital.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again