5 Jenis Aplikasi Bisnis Online Ini Bantu Bisnis Makin Go Digital

Dalam menjalankan bisnis, pemanfaatan teknologi digital dapat mempermudah operasional bisnis. Apalagi, saat ini telah banyak aplikasi atau platform digital penunjang bisnis. Sehingga, semakin mendukung bisnis menuju ‘go digital’.

Berbagai jenis aplikasi bisnis online telah tersedia dengan beragam layanan. Mulai dari layanan jual beli, pembayaran, akuntansi dan pembukuan, pengiriman barang, hingga branding dan pemasaran.

Berikut ini beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk menunjang operasional bisnis online, yang dikelompokkan berdasarkan layanan yang ditawarkannya.

1. Aplikasi Jual Beli melalui Marketplace

Marketplace adalah platform digital yang mempertemukan penjual dan pembeli secara online. Penjual dapat menawarkan barangnya di platform ini tanpa harus membuka toko fisik, begitu pun pembeli bisa mendapatkan produk yang diinginkan tanpa harus keluar rumah.

Ada pun aplikasi marketplace yang dapat digunakan pebisnis online, antara lain:

  • Tokopedia

Tokopedia menjadi marketplace nomor satu di Indonesia saat ini. Platform digital ini menyediakan pilihan produk yang beragam, dengan kategori produk yang paling banyak dicari yakni produk elektronik, fashion dan bahan makanan.

  • Shopee

Tak kalah dengan Tokopedia, Shopee juga merupakan salah satu marketplace dengan pengunjung terbanyak di Indonesia. Shopee menawarkan beragam produk dengan harga terjangkau. Produk paling populer di platform ini adalah produk kecantikan, fashion dan rumah tangga.

Selain Tokopedia dan Shopee, masih banyak marketplace yang dapat digunakan oleh pebisnis online dalam memasarkan produknya, antara lain seperti Bukalapak, Lazada, Blibli, JD.ID, Zalora, Sociolla, Jakmall, dan lain-lain.

2. Aplikasi E-commerce Enabler

E-commerce Enabler adalah platform jasa yang memberi fasilitas bagi pebisnis online dalam mengeksekusi segala strategi bisnis digitalnya. Platform ini berperan menjembatani suatu bisnis online dengan partners lain dalam marketplace. Ada pun aplikasi E-commerce Enabler yang dapat dimanfaatkan oleh pebisnis online, antara lain:

  • Sirclo

Sirclo merupakan aplikasi solusi e-commerce, yang membantu pebisnis membuat situs toko online berbasis template dan membantu meningkatkan penjualannya secara online. Sirclo juga membantu pebisnis online mengelola transaksi penjualan online, mulai dari pengepakan hingga distribusi pesanan.

3. Aplikasi Pembayaran Digital

Padaa bisnis online, layanan pembayaran digital sangat dibutuhkan bagi pembeli, untuk mempermudah proses transaksi. Sehingga, sebagai penjual perlu memfasilitasi opsi pembayaran digital itu agar mempermudah pelanggan melakukan pembelian. Beberapa aplikasi pembayaran digital yang banyak digunakan saat ini, antara lain:

  • DANA

Dana merupakan platform dompet digital yang dapat memfasilitasi pelaku bisnis dalam melakukan transaksi nontunai dan nonkartu secara digital. Aplikasi satu ini dapat digunakan secara online juga offline. Selain itu, saldo dana juga dapat dicairkan ke rekening dengan mudah.

  • OVO

OVO merupakan aplikasi penyedia jasa pembayaran secara nontunai. OVO membuka akses terhadap produk dan layanan keuangan digital lainnya melalui kerja sama dengan mitra terpilih. Pelaku bisnis dapat menjadi mitra OVO, sehingga dapat meningkatkan transaksi juga pencatatan keuangan secara digital.

Selain DANA dan OVO, pelaku bisnis dapat menggunakan layanan pembayaran digital lainnya seperti Gopay yang disediakan Gojek, ShopeePay yang disediakan Shopee, Flip, Sakuku, Linkaja, dan lainnya.

4. Aplikasi Akuntansi dan Pembukuan Digital

Aplikasi akuntansi dan pembukuan digital berguna membantu pebisnis online dalam membuat laporan keuangan perusahaannya. Umumnya, pencatatan keuangan dilakukan secara manual di buku besar, kini hadirnya aplikasi digital dapat mempermudah kegiatan pencatatan tersebut.

Ada pun aplikasi akuntansi dan pembukuan digital yang dapat digunakan pebisnis online, antara lain:

  • BukuWarung

BukuWarung adalah aplikasi pembukuan untuk UMKM atau usaha mikro, kecil dan menengah, yang bertujuan memudahkan pebisnis dalam mencatat pembukuan dan laporan keuangan usahanya secara praktis melalui smartphone.

  • Quickbooks

Quickbooks merupakan aplikasi akuntansi bisnis dengan berbagai fitur yang memudahkan pebisnis online dalam membuat pengelolaan akun dan pengiriman invoice. Aplikasi ini menjunjung tinggi tiga layanannya, yakni accounting, billing dan invoicing.

Selain BukuWarung dan Quickbooks, ada beberapa aplikasi akuntasi dan pembukuan digital lainnya yang dapat menjadi opsi pebisnis online, di antaranya Credibook, Freshbooks, Jurnal, POST App, Wave, dan Jubelio.

5. Aplikasi Pengiriman Barang

Dalam menunjang kemudahan transaksi digital pada bisnis online, pengiriman barang juga dapat dilakukan secara mudah melalui aplikasi pengiriman barang. Ada pun beberapa aplikasi yang dapat digunakan pelaku bisnis, antara lain:

  • Paxel

Paxel adalah aplikasi jasa pengiriman berbasis teknologi yang melayani pengiriman jarak jauh di Indonesia. Aplikasi ini dapat mengirimkan paket secara instan, bekerja sama dengan layanan pengiriman barang oleh Gojek yakni Gosend.

  • Deliveree

Deliveree adalah aplikasi yang memudahkan pelaku bisnis melakukan pengiriman barang pesanan. Aplikasi ini menyediakan layanan pengiriman seperti cargo dan ekspedisi. Selain bagi pelaku bisnis, Deliveree juga dapat digunakan untuk keperluan di luar bisnis seperti pindah rumah atau pindah kantor.

Selain Paxel dan Deliveree, aplikasi jasa pengiriman barang lainnya dapat ditemukan pada aplikasi Gojek melalui Gosend, Grab melalui GrabExpress, AnterAja, Lalamove, Shipper, Popaket, MrSpeedy dan lain-lain.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again