1. Startup

Aplikasi Buatan Apps Foundry Untuk Para Pengguna iPad: Scoop

"Stay tune, we're about to relese news". Itulah Tweet dari akun Twitter Apps Foundry beberapa waktu yang lalu, apakah berita yang akan diumumkan itu? Apps Foundry kini telah meluncurkan aplikasi terbaru mereka untuk para penguna iPad yang diberi nama Scoop.

Setelah meluncurkan Kaskus iPhone App, Apps Foundry memang dikabarkan tengah menyiapkan aplikasi untuk pengguna iPad, dan kini aplikasi tersebut telah bisa diunduh secara gratis dan telah tersedia di Apple App Store. Seperti yang dijelaskan pada email yang diberikan pada DailySocial, Scoop merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk membaca berbagai jenis majalah lokal maupun internasional di iPad.

Seperti yang kita ketahui, iPad memang memberikan pengalaman berlebih dan kenyamanan tertentu dalam membaca majalah, beberapa perusahaan media juga berlomba-lomba untuk merilis versi iPad dari produk mereka, bahkan dikabarkan juga, taipan media Rupert Murdoch sedang mempersiapkan 'koran' 'The Daily', yang hanya bisa dinikmati di iPad.

Berbagai kelebihan yang ditawarkan iPad ini sepertinya ingin juga dimanfaatkan oleh Apps Foundry, startup yang memang berfokus pada pengembangan aplikasi perangkat bergerak mulai dari iPhone, iPad, Blackberry dan Android. Scoop merupakan e-reader dengan teknologi bawaan dari perangkat iPad yang menyediakan beberapa fasilitas seperti, tampilan rak buku layaknya perpustakaan, ada fasilitas Scoop store dimana pengguna bisa memilih majalah untuk diunduh, navigasi disediakan pada halaman bagian bawah serta fasilitas untuk zoom-in dan zoom-out yang menjadi salah satu kelebihan membaca majalah di iPad.

Seperti yang dituliskan di situs mereka, kemudahan untuk membeli majalah melalui iTunes Store, kemudahan membaca secara offline, serta fasilitas pencarian berdasarkan tanggal terbit, popularitas unduh, atau berdasarkan judul merupaka kelebihan lain yang ditawarkan leh Scoop.

Saat ini Scoop telah bekerjasama dengan berbagai majalah seperti Esquire, Autocar, FHM, Men’s Fitness, Cosmopolitan, Harper’s Bazaar, The Wedding, Mahligai, TechLife, SME Indonesia, SME Singapore, SME Malaysia, CapitalAsia, HRAsia, Marketing, Marketeers, Infobank, Panorama Travel & Leisure, Bali Leisure, Yukmakan. Untuk menarik  pembaca dan calon pembeli, Scoop juga menyediakan edisi gratis yang bisa diunduh dan dibaca secara cuma-cuma oleh para pengguna aplikasi mereka.

Scoop juga membuka peluang bagi para penerbit yang ingin menyediakan malajah atau edisi digital mereka di layanan Scoop, beberapa kemudahan yang ditawarkan antara lain, kemudahan proses yaitu tinggal mengirimkan file PDF saja, Scoop yang akan mengolah proses selanjutnya, kemudahan pembelian bagi pembaca, serta fasilitas analytics bagi para penerbit untuk mendapatkan analisis statistik pembaca mereka.

Scoop memang tidak sendirian, meski tidak sama persis, beberapa layanan seperti Zinio, atau bahkan edisi khusus dari majalah yang memang ditawarkan oleh para penerbit bagi para pengguna iPad, menawarkan kemudahan dalam membaca majalah di iPad, namun sebagai sebuah 'kios' yang menghadirkan berbagai judul dan edisi majalah, peluang yang ada untuk meraih pangsa pasar, termasuk di Indonesia dengan edisi majalah berbahasa Indonesia, masih terbuka lebar. Kita lihat perkembangan dalam beberapa waktu ke depan, bagaimana adaptasi dari para pengguna atas Scoop, apakah Apps Foundry akan menuai sukses layaknya aplikasi Kaskus untuk iPhone.

Para pembaca DailySocial yang memilik iPad dan tertarik mencoba bisa menuju situs mereka di tautan ini atau langsung ke Apple App Store, jika sudah mencobanya, pendapat serta pengalaman Anda menggunakan aplikasi Scoop, kami tunggu di kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again