Categories

Mobile

Aplikasi Cleen, Permudah Organisir Foto di iPhone atau iPad

Aditya Daniel - 15 January 2015

Saya sering mengambil beberapa foto sekaligus dalam satu momen. Alasannya jelas, saya ingin memastikan setidaknya ada satu foto yang benar-benar bagus untuk disimpan.

Foto yang kurang menarik, seperti adanya blur atau pose yang kurang enak dilihat, pastilah saya hapus agar tak menghabiskan ruang penyimpanan di perangkat iOS saya. Untuk mempermudah mengorganisir foto atau gambar yang tersimpan, saya menggunakan aplikasi Cleen.

Salah satu kekurangan dari Photo Library yang ada di perangkat iOS adalah kurang nyamannya melakuan sorting foto yang dimiliki. Pengguna bisa memilih beberapa foto sekaligus untuk dihapus atau dipindahkan ke folder lain namun pengguna hanya bisa melihat thumbnail dari foto yang tersimpan.

Cleen hadir memberikan solusi untuk permasalah ini. Lewat gesture-based, pengguna bisa mengorganisir foto yang tersimpan mulai dari menghapus dan menandai sebagai foto favorit.

Menggunakan Cleen cukup mudah, daftar foto tersimpan akan ada di aplikasi Cleen. Meski foto yang tertampil secara keseluruhan di Cleen namun setidaknya masih lebih besar dari thumbnail yang ada di Photo Library.

 

Info menarik: Aplikasi iOS Pilihan 8 – 13 Januari 2014

 

 

Untuk menandai foto sebagai foto favorit maka cukup swipe foto ke atas, untuk menghapusnya swipe ke bawah. Foto yang di-favorite akan masuk ke folder Favorite yang ada di Photo Library, sedangkan untuk foto yang dihapus masuk ke dalam Trash di Cleen. Untuk foto yang ingin diorganisir di kemudian hari, cukup swipe ke kiri untuk menandainya dengan “Later”.

Pada pengaturan aplikasinya, pengguna bisa melihat statistik berapa jumlah foto yang sudah di jadikan favorite ataupun dihapus. Tak ketinggalan berapa ruang penyimpanan yang berhasil didapatkan kembali setelah mengorganisir foto. Statistik ini bisa juga dibagikan lewat media sosial Facebook atau Twitter.

Salah satu kekurangan Cleen sendiri adalah aplikasi ini belum mendapat pembaharuan untuk dukungan layar iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Selain itu interaksi yang ada pun terasa kurang smooth, saya masih melihat beberapa lag ketika melakukan swipe ke atas ataupun ke bawah ketika mengorganisir foto.

Cleen hadir secara gratis di App Store. Jika Abda memiliki banyak foto yang tersimpan di perangkat iOS maka mengorganisirnya bertepatan dengan momentum awal tahun dengan bantuan aplikasi ini bisa menjadi pilihan.

Download - Cleen - Gratis

Gambar header: Camera via Shutterstock. 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter