21 February 2017

by Bambang Winarso

Aplikasi di Windows Store Beri Petunjuk Soal Samsung Galaxy Book

Samsung Galaxy Book diduga merupakan perangkat Windows 10 untuk menjegal Surface Book atau MacBook

Di tahun 2017 ini Samsung sudah meluncurkan beberapa perangkat dari ranah mobile dan juga laptop. Segmen terakhir diwakili oleh duo Chromebooks yang mengawali debut di ajang CES 2017. Sedangkan untuk segmen mobile, Samsung sedang sibuk mempersiapkan flagship terbarunya, Galaxy S8 yang diprediksi bakal diperkenalkan di bulan April atau Mei 2017.

Tapi selain Galaxy S8, Samsung diduga sedang menggodok perangkat lain yang menurut rumor mempunyai nama Galaxy Book. Terendusnya Galaxy Book bermula dari munculnya sebuah aplikasi bernama Book Settings di Windows Store. Dalam listing tersebut dijelaskan bahwa aplikasi dirancang untuk “Galaxy Book” dan tidak akan berfungsi normal ketika dipasang di perangkat lainnya.

Namun saat ini Samsung tak mempunyai produk bernama Galaxy Book, tidak di ranah mobile, tablet ataupun laptop. Sehingga kemunculan aplikasi ini menimbulkan tanda tanya, apakah Samsung sedang mempersiapkan perangkat baru bernama Galaxy Book, atau perangkat ini pernah ada dalam rencana Samsung tapi tak terealisasi.

Tak hanya soal kepastian perangkat, perhatian banyak mata juga tertuju pada rencana Samsung di balik perangat Galaxy Book ini. Menilik penamaannya, banyak pihak menduga Samsung sedang mempersiapkan rival untuk Surface Book atau bisa jadi MacBook. Tren pasar notebook 2-in-1 yang kian menggirukan bisa jadi telah membuat Samsung kepincut untuk ikut terjun ke dalamnya.

Sejak tahun 2009, Samsung telah melahirkan banyak sekali perangkat di bawah bendera Galaxy. Tapi, tak satupun dari mereka berasal dari perangkat PC. Sehingga hadirnya laptop baru berlabel Galaxy diyakini akan jadi sebuah langkah yang tepat.

Sumber berita MSPowerUser dan gambar header Samsung.