StartupBerita

Aplikasi eBuddy Capai 100 Juta Unduhan

Aplikasi eBuddy kini telah mencapai jumlah unduhan sebanyak 100 juta unduhan yang dilakukan oleh pengguna mereka atas aplikasi mobile eBuddy.

Bagi pengguna ponsel di Indonesia, eBuddy adalah salah satu aplikasi perangkat bergerak yang cukup populer yang digunakan sebagai sarana chatting, eBuddy menyediakan sarana percakapan dari berbagai layanan seperti MSN, Yahoo! Messenger, AIM, GTalk, Facebook Chat, ICQ, MySpace serta fasilitas percakapan dengan menggunakan eBuddy iD.

Seperti yang dituliskan TechCrunch, unduhan aplikasi eBuddy yang cukup signifikan terjadi dari negara India, Indonesia dan Brazil. Perusahaan yang didirikan sejak 2003, yang sebelumnya bernama E-Messenger ini menyediakan layanan gratis untuk para penggila chat pada ponsel, tahun 2006 mereka melakukan re-branding dan mengubah nama mereka menjadi eBuddy.

Perusahaan yang berkantor pusat di Amsterdam ini, punya kantor perwakilan di London dan San Francisco. eBuddy menyediakan layanan mereka untuk pengguna iPhone dan iPod Touch, Android, kemudian eBuddy Lite Messenger untuk PSP, Nintendo DS, dll, serta tentu saja ponsel berbasis Java (J2ME).

Dari blog resmi eBuddy, mereka mengatakan bahwa pencapaian ini merupakan berita yang menggembirakan dan merupakan pencapaian yang menjadi salah satu kesuksesan yang telah diraih berkat dukungan, salah satunya pengguna eBuddy, mereka juga menambahkan bahwa pencapaian ini juga menjelaskan bahwa eBuddy tidak hanya membuktikan popularitas dari aplikasi mobile IM, tetapi juga menjadi salah satu usaha dari eBuddy dalam menyediakan aplikasi untuk platform atau perangkat bergerak apapun.

Menarik untuk melihat pencapaian yang dilakukan eBuddy, bukan saja karena memang aplikasi mereka cukup populer di negara berkembang yang gila akan fitur percakapan, seperti di Indonesia, namun ditengah perkembangan layanan seperti Twitter, yang kini tidak hanya menjadi layanan penyebar konten atau microblogging saja, tetapi juga telah menjadi aplikasi untuk membangun percakapan dan terkadang menggantikan fungsi SMS, serta aplikasi messenger yang disediakan oleh ponsel seperti BlackBerry Messenger dan yang sejenisnya, ternyata eBuddy bisa mencapai jumlah unduhan yang cukup besar.

Dan saya cukup setuju dengan pendapat dari artikel TechCrunch bahwa cepat atau lambat, perusahaan yang mendapatkan dana dari Prime Technology Ventures dan Lowland Capital Partners ini, kemungkinan akan dibeli oleh perusahaan besar. Kita lihat perkembangan selanjutnya dari eBuddy, apakah mereka akan dibeli oleh perusahaan besar lain, atau mereka tetap bertahan dengan meluncurkan berbagai inovasi baru.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again