Aplikasi iOS untuk Menemani Perjalanan Mudik

Tradisi yang mengakar di sini saat lebaran atau hari raya Idul Fitri adalah mudik atau pulang kampung. Semua orang beramai-ramai pulang mengunjungi kampung halamannya untuk berkumpul bersama sanak keluarga. Perjalanan yang ditempuh pun akan berbeda-beda dan tak sedikit dari mereka memilih menyetir sendiri menuju kampung halamannya. Kita banyak mengetahui aplikasi  Waze, yang selama ini banyak digunakan untuk panduan peta, GPS, serta aplikasi pemantau macet, berikut ada beberapa aplikasi gratis iOS sebagai teman mudik

Teman Mudik Lebaran Aplikasi ini dikeluarkan Toyota Astra Motor. Fitur  utama yang ditawarkan ada empat yakni: Games, Info Toyota, Peta Mudik, dan Tips Mudik Lebaran.

Pada Tips Mudik, di dalamnya terdapat cara-cara mempersiapkan kendaraan, berbagai macam doa seperti doa dalam perjalanan, dan doa niat dan buka puasa. Selain itu ada juga saran persiapan kondisi fisik pengendara dan kenyamanan berkendara termasuk posisi duduk dan berkendara yang optimal.

Aplikasi mudik tentu saja tidak sempurna tanpa peta mudik. Peta yang disediakan aplikasi ini dilengkapi dengan informasi posko siaga 24 Jam di daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumetera Barat, Riau, Bali, hingga Sulawesi. Info bengkel juga tersedia, namun informasi bengkel hanya tersedia di wilayah pulau Jawa. Terakhir untuk “membunuh” kebosanan atau kebetulan yang mudik membawa  anak-anak, dalam aplikasi ini ada game tebak gambar sederhana.

RTTMC Hubdat RTTMC merupakan singkatan dari Road Transport and Traffic Management Centre. Aplikasi ini disiapkan untuk pemudik jalan darat. Di dalamnya terdapat akses CCTV atau kamera pemantau yang mencakupi, jalur utara, jalur selatan, jalur barat, dan titik baru. Titik baru termasuk rute alternatif seperti  Karawang, Tanjung Pura Karawang, Cikalong, Cikaledong, Lingkar Luar Nagreg, dan lain-lain.

Selain itu terdapat juga Info Lalin yang menyediakan informasi seputar jalur alternatif dan jalur rawan, seperti misalnya jalur rawan longsor. Berita-berita  terkini seputar mudik dan lalu lintas juga didapatkan di aplikasi ini. Terakhir, info kontak darurat, seperti nomor telepon kantor polisi dan rumah sakit.

GIS Hubdat Menurut deskripsinya di App Store, aplikasi satu ini diciptakan untuk Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Direktorat  Angkutan Jalan dan Kementerian Perhubungan. GIS menghadirkan peta petunjuk jalan, jalur mudik, serta peta offline Jawa dan Bali.

Selain menghadirkan peta-peta jalan, GIS juga menawarkan menu lokasi sekitar berupa tempat-tempat seperti ATM, bank, bengkel, kafe, hotel, mesjid, posko mudik, SPBU, dan restoran.

Lain-lain Selain tiga aplikasi yang disebutkan di atas, ada beberapa aplikasi lainnya yang bermanfaat dan bisa dijadikan panduan teman berlibur keluarga, beberapa di antaranya aplikasi pencari tempat makan, seperti Abraresto dan Qraved, aplikasi pemesanan kamar hotel, Agoda, dan juga Tiket serta Wego sebagai untuk memesan tiket pesawat.

Pun jangan lupakan aplikasi hiburan seperti musik sebagai teman berkendara, atau menambah keceriaan dalam perjalanan juga termasuk tak kalah penting. Jika ternyata koleksi musik Anda itu-itu saja, mungkin bisa melakukan penyegaran dengan aplikasi seperti Deezer maupun Guvera yang menyediakan layanan streaming musik gratis a la radio melalui jalur internet Anda, ataupun menggunakan Ohdio yang walaupun bukan dalam bentuk aplikasi tetapi tetap dapat menyuguhkan berbagai pilihan musik lokal dalam beberapa kumpulan yang menghibur.

[Dokumentasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again