1. Startup

Aplikasi iPhone Movreak: Informasi Seputar Jadwal Film Dengan Fasilitas Sosial

Seperti akhir tahun 2009 kemarin, artikel di penghujung tahun ini juga akan membahas tentang startup lokal. Kali ini sebuah aplikasi iPhone yang juga menjadi salah satu pemenang SparxUp Award 2010, Movreak.

Aplikasi ini memang tidak baru, Movreak telah cukup lama tersedia di App Store dengan sistem berbayar, namun kini Movreak dijadikan aplikasi gratisan yang bisa didapatkan di App Store dan telah melakukan update ke versi 2.1. Selain fitur, tulisan kali ini juga akan membahas beberapa perkembangan yang sedang dan akan dilakukan pada aplikasi Movreak.

Secara sederhana, layanan Movreak memberikan fasilitas bagi mereka yang membutuhkan informasi tentang film apa yang sedang diputar di bioskop, termasuk jadwal serta berbagai informasi seputar film itu sendiri, namun selain fitur-fitur ini, Movreak juga menyediakan berbagai fasilitas sosial, sebagai keunikan yang menjadi keunggulan dari aplikasi ini.

Ada 4 menu utama yang bisa dipilih ketika pengguna menjalankan aplikasi ini, antara lain fitur Now Playing, User Reviews, Theaters, serta profil akun pengguna. Untuk Now Playing akan menampilkan berbagai pilihan film yang kini tengah diputar di bioskop, tampilannya berupa poster film, Anda bisa melihat detail keterangan film tersebut serta beberapa tautan untuk menambah lengkap informasi tentang film, seperti tautan ke situs IMDB, melihat trailer di YouTube.

Menu User Reviews berisi komentar dari para pengguna Movreak tentang film, pengguna bisa saling membalas komentar atau membuat review baru. Menu Theaters akan menampilkan daftar bioskop yang tersedia di database Movreak, saat ini mengkaver 31 kota di Indonesia.

Karena menonjolkan unsur sosial, maka di menu Theaters, selain melihat jadwal film yang diputar di bioskop tersebut, pengguna bisa melakukan beberapa aktivitas berbau sosial, seperti check in (dengan Foursquare), melihat lokasi lain yang dekat dengan bioskop tersebut, melihat Tweet terdekat dari lokasi. Movreak juga memberikan fasilitas integrasi dengan layanan lain, selain Foursquare dan Twitter, yaitu Facebook, jadi pengguna juga bisa membagikan konten mereka ke tiga layanan ini atau lewat SMS dan email.

Unsur sosial lain yang diberikan Movreak yaitu fasilitas untuk 'nonton bareng', dimana pengguna bisa mengatur acara nonton bersama dengan teman mereka di Facebook. Pengguna juga bisa membuat jadwal nonton film tertentu dan memasukkannnya pada daftar film yang akan ditonton, lengkap dengan alarm untuk mengingatkan sebelum jadwal film diputar.

Salah satu fitur unggulan lain yang saat ini masih dalam versi beta adalah Check Seats, yang berfungsi untuk melihat tempat duduk yang tersedia di bioskop tertentu. Ini fitur yang paling saya sukai sebenarnya, karena menjadi salah satu proses penting dalam menonton bioskop, dari informasi yang saya dengar, saat ini mereka sedang dalam proses untuk menjadikan fitur ini 'resmi' dengan dukungan dari bioskop yang bersangkutan.

Lalu rencana apa yang akan dilakukan Movreak, terutama untuk urusan monetisasi, karena mereka kini menjadi aplikasi gratisan? Andri Yadi, founder+ devel0per Movreak, menjelaskan bahwa mereka tengah mempersiapkan rencana monetisasi antara lain dari iklan, goodies, pendapatan dari pembelian tiket, pendapatan dari keanggotaan serta pro version dengan sistem app bundling atau kerjasama dengan perusahaan telekomunikasi.

Saat ini pengguna Movreak telah mencapai 2.000 pengguna, dengan 400 pengguna terdaftar serta 1.500 pengguna yang secara aktif memberikan review film. Movreak juga tidak hanya akan membatasi untuk membuat aplikasi bagi pengguna iPhone, tetapi juga akan merilis versi untuk Symbian/Meego, BlackBerry, Android dan Movreak versi web, selain itu mereka juga berencana mengembangkan aplikasi untuk Windows Phone 7 serta memperlebar cakupan ke negara lain. Sepertinya tahun 2011 akan menjadi tahun yang cukup sibuk bagi Movreak.

Fasilitas yang ditawarkan Movreak memang cukup lengkap, semacam satu tempat untuk segala kegiatan yang berhubungan dengan nonton film di bioskop, mulai dari melihat jadwal, membuat review, melihat aktivitas sosial pengguna lain serta menyusun jadwal nonton dengan teman, tampilan UI yang ada juga cukup jelas dan tidak membingungkan, mengingat banyaknya fitur maka kesederhanaan UI menjadi pilihan yang cukup tepat. Selain beberapa pengembangan yang akan dilakukan, sepertinya akan cukup menyenangkan jika Movreak bisa mendapatkan kerjasama dengan pihak bioskop untuk menyediakan proses pembelian tiket langsug dari aplikasi mereka.

Anda bisa mengunduh aplikasi Movreak dari App Strore di tautan ini. Informasi tentang aplikasi Movreak juga bisa dibaca pada tautan ini.

Tahun 2010 akan segera berakhir, seperti halnya dengan Movreak, yang akan menjalankan pengembangan untuk aplikasi mereka, saya harap tahun 2011 juga akan menjadi tahun yang lebih hebat dan menyenangkan bagi para startup lokal lainnya, selamat Tahun Baru 2011 dan keep up the good work!

Oh ya, satu hal lagi, sepertinya Movreak perlu merubah tampilan 'logo' ikon aplikasi mereka. :)

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again