Categories

Review

Aplikasi Jakarta Smart City Apps Sajikan Timeline Berita Jakarta

Dikemas dengan sederhana aplikasi ini bahkan terlalu sederhana untuk aplikasi dengan tema smart city

Prayogo Ryza - 3 September 2015

Jakarta terus berbenah untuk menuju konsep smart city dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi. Pemerintah provinsi Jakarta secara berkala menyediakan fasilitas-fasilitas berupa web atau pun aplikasi mobile untuk memudahkan warga Jakarta mendapat informasi terkini seputar wilayahnya. Salah satunya adalah aplikasi Jakarta Smart City Apps yang baru saja meluncur di Google Play pertengahan bulan ini.

Sama seperti aplikasi Jakarta Smart City Portal, aplikasi ini pun hadir dengan semangat meyongsong smart city yang tengah diupayakan oleh pemerintah DKI Jakarta. Bedanya dengan Jakarta Smart City Portal masih belum bisa bekerja secara maksimal (setidaknya menurut penilaian tim kami), aplikasi Jakarta Smart City ini justru bisa berjalan dengan mulus di perangkat yang saya gunakan.

Hal ini tidak terlepas dari konten dan kegunaan aplikasi yang menurut saya terlalu sederhana. Dibalut dengan desain simpel yang cukup elegan, aplikasi Jakarta Smart City Apps seolah hadir untuk menjadi portal informasi berita bagi warga Jakarta.

Ketika pertama kali Anda menjalankan Aplikasi ini Anda akan menjumpai timeline berita yang diambil dari beberapa sumber seperti aplikasi Swakita, Berita Jakarta, iJakarta, dan Qraved. Menu yang disajikan pun sangat sederhana. Selain menu pencarian yang berada di kolom paling atas halaman utama, ada dua menu lain yakni menu filter yang ditempatkan melayang di sisi kanan bawah timeline berita dan menu informasi aplikasi yang ditempatkan di sebelah menu home di bagian kanan atas.

Sejauh pengamatan saya tidak ada fasilitas lain yang disajikan aplikasi ini selain menampilkan timeline berita. Dua fitur atau menu lainnya yakni search dan filter saya anggap sebagai sesuatu yang wajib melengkapi fasilitas timeline berita. Salah satu nilai lebih dari aplikasi ini selain ringan dan desain yang simple adalah adanya fitur notifikasi setiap ada berita baru yang muncul.

Bagi Anda yang tidak ingin ketinggalan informasi mengenai kota Jakarta aplikasi ini bisa menjadi salah satu solusi yang tepat. Namun sayangnya, menurut saya aplikasi ini terlalu sederhana untuk aplikasi dengan konsep smart city. Setidaknya aplikasi ini bisa menjadi pelengkap jika Anda gemar menggunakan produk smart city dari Pemrov Jakarta lainnya seperti Qlue dan Jakarta Smart City.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter