25 May 2016

by Bambang Winarso

Wrio, Aplikasi Keyboard Anti Typo untuk Android dan iOS

Wrio mempunyai layout papan ketik heksagonal menyerupai sarang lebah yang diklaim lebih cepat dari layout Qwerty

Entah sudah berapa banyak pengembang yang mencoba melakukan inovasi dengan menghadirkan keyboard baru dalam upaya untuk mempercepat ketikan. Beberapa di antaranya mencoba merancang ulang layout klasik Qwerty. Tapi, untuk berhasil melakukannya, seseorang harus mampu mengalahkan otot dan juga ingatan, melawan pola kebiasaan yang hampir sepanjang hidupnya sudah terbiasa dengan layout tersebut. Problema ini terbukti sangat sulit selesaikan.

Namun sebuah startup asal Swiss, icoaching tampaknya punya jalan keluar untuk mengubah pola tersebut. Baru-baru ini, setelah sukses dengan kampanya penggalangan dana dan juga pengujian beta, mereka akhirnya secara resmi merilis aplikasi keyboard bernama Wrio untuk ke platform iOS dan Android.

Dalam masa pengujian sebelumnya, pengembang mengikut-sertakan 800 penguji. Dalam fase tersebut, pengembang mengklaim kecepatan ketikan meningkat antara 20 sampai dengan 70% dibandingkan bila menggunakan keyboard dengan layout Qwerty.

Wrio dirancang untuk meminimalisir typo

Salah satu motode yang mereka gunakan adalah dengan merancang ulang bentuk dari setiap tombol menjadi susunan heksagonal berbentuk sarang lebah. Layout ini diklaim membuat tombol menjadi lebih lebar sehingga mengurangi kesalahan ketikan. Perubahan lain terdapat pada ukuran spacebar yang dipisahkan menjadi dua tombol yang terletak di bagian tengah keyboard. Di aplikasi ini tidak terdapat tombol backspace atau delete, sebagai gantinya pengembang menambahkan dukungan gesture. Jadi untuk menghapus ketikan, pengguna cukup men-swipelayout dari kanan ke kiri. Sebaliknya untuk mengembalikan ketikan yang terhapus, pengguna cukup men-swipe dari kiri ke kanan.

Dukungan gesture memungkinkan Wrio mengeliminasi beberapa tombol

Pengembang juga menambahkan jalan pintas lewat gesture untuk menampilkan barisan emoji. Panel emoji di Wrio dipisahkan menjadi beberapa grup yang terdiri dari simbol, smilies, hewan, tempat dan bendera.

Selain mengoptimalkan kecepatan ketikan, Wrio juga dibuat agar dapat dipergunakan oleh sebanyak mungkin pengguna. Untuk itu pengembang menambahkan dukungan berbagai macam bahasa. Setidaknya ada 30 jenis bahasa yang telah didukung. Pengguna dapat memilih bahasa utama dan bahasa kedua. Seiring waktu, koleksi kata dalam bahasa terpilih dapat diperkaya guna meningkatkan akurasi prediksi kata demi kata.

Aplikasi keyboard Wrio dapat diunduh dari App Store dan Play Store dengan biaya hanya Rp 45.000 selama masa promosi. Harga normal nantinya di kisaran Rp 70.000.

Sumber berita PhoneArena.