Build 16212 untuk sistem operasi Windows 10 PC dalam program Windows 10 Insider yang meluncur beberapa hari yang lalu mengungkapkan beberapa hal penting yang belum banyak diketahui oleh publik. Disebutkan bahwa Build 16212 mengandung referensi ke Composable Shell yang sedang digarap oleh Microsoft, dan salah satu bagian di dalamnya adalah sebuah keyboard baru.

Menurut WindowsCentral, build tersebut membeberkan komponen Cshell TextInput yang akan berbasiskan pada SwiftKey, aplikasi keyboard Android yang diakuisisi oleh Microsoft pada bulan Februari tahun lalu, masih ingat? Nah, Microsoft diyakini mencoba memanfaatkan kehebatan teknologi prediksi neural net di SwiftKey ke dalam aplikasi keyboard baru, namun karena menjadi bagian dari Composable Sheel, maka ini bukan untuk perangkat mobile melainkan ditujukan untuk perangkat Windows 10.

Di sisi lain, pengembangan aplikasi kemungkinan digarap oleh tim yang mengerjakan WordFlow, aplikasi keyboard mobile lainnya. Sehingga aplikasi keyboard baru ini diyakini akan punya banyak kesamaan dengannya.

Lebih jauh sumber di atas mengatakan bahwa aplikasi keyboard ini tak hanya akan mengadopsi kecerdasan SwiftKey, tapi juga menyuguhkan dukungan swipe typing dan juga aksesoris Pen. Selebihnya, masih tersimpan rapi di tim internet Microsoft. Pengembangan lebih jauh diyakini sedang dikerjakan oleh Microsoft saat ini, dan mungkin baru beberapa pekan ke depan kita bisa mendapatkan perkembangan terbaru. Pun demikian, kehadirannya di Insider build bukan berarti aplikasi benar-benar akan digulirkan di update Windows 10 Fall Creators, atau bahkan mungkin tidak di tahun ini.

Sumber berita SoftPedia dan header ilustrasi SwiftKey.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.