1. Entrepreneur

6 Rekomendasi Aplikasi Manajemen Hotel Terbaik untuk Mengelola Bisnis Penginapan

Kesulitan dalam mengelola bisnis penginapan? Berikut rekomendasi aplikasi manajemen hotel yang bisa Anda coba.

Manajemen hotel merupakan kegiatan yang berkaitan dengan mengolah aspek perhotelan mulai dari dengan perencanaan, produksi, hingga pengawasan pengelolaan jasa penginapan atau perhotelan.

Kegiatan dalam manajemen hotel, mencakup mangatur kegiatan internal dalam menangani proses bisnis hotel, mulai dari perekrutan karyawan, Membangun fasilitas atau kamar, juga menetapkan harga sewa dengan tujuan meningkatkan kepuasan tamu.

Berikut rekomendasi aplikasi yang dapat membantu Anda dalam mengelola bisnis penginapan.

1. AzHotel

Aplikasi AzHotel merupakan aplikasi manajemen hotel yang memungkinkan pemilik hotel untuk mengelola semua tugas berhubungan dengan manajemen hotel. Aplikasi ini dapat diunduh di App Store, Play Store, dan Windows Store. Aplikasi AzHotel juga menyediakan fasilitas 24 jam customer service melalui telepon dan Skype.

Aplikasi ini menyediakan fitur untuk kalkulasi harga, jadwal check-in, jadwal check-out berdasarkan informasu yang telah masuk dan tersinkronasi dalam aplikasi.

Terdapat manajemen kamar, dimana Anda dapat mengtur tipe kamar, menambah dan menghapus jumlah kamar, serta memberi harga pada setiap kamar. Ada fitur basic manajemen hotel, seperti manajemen motel, homestay, dan hotel seperti check-in,check-out penambahan layanan, dan pembersihan kamar. Terdapat penyimpanan data untuk jadwal booking tamu. Adanya data statistik untuk mengetahui grafik kenaikan atau penurunan dari kegiatan keseluruhan hotel. Namun, untuk dapat menikmati fitur ini Anda dapat melakukan trial pada aplikasi secara gratis dan untuk selanjutnya dikenakan biaya.

2. Little Hotelier

Aplikasi Little Hotelier adalah aplikasi untuk membantu mengelola segala aspek dari bisnis penginapan yang masih berkembang. Dimana aplikasi ini mendukung small bisnis yang masih berkembang untuk dapat merasakan kemudahan dalam mengatur bisnis. Anda dapat mengunduh aplikasi ini di App Store dan Play Store.

Fitur dari aplikasi Little Hotelier yaitu manajemen reservasi, pembuatan website,channel manager untuk promosi kamar di aplikasi penginapan hotel, seperti Booking.com dan lainnya dan disaat bersamaan jika ada yang memesan kamar, akan terotomatisasi update jumlah kamar yang tersedia pada aplikasi. Namun, untuk dapat menikmati semua fitur pada aplikasi ini akan dikenai biaya.

3. Hotel Simply

Aplikasi Hotel Simply yaitu aplikasi manajemen hotel asal Indonesia yang dapat digunakan untuk mengelola hotel, wisma, homestay, apartemen sewa, dan lainnya. Anda dapat mengunduhnya di Play Store.

Fitur yang disediakan pada aplikasi Hotel Simply adalah kelola karyawan, manajemen reservasi, data tamu, pemasukan dan pengeluaran, cek struk pembayaran, dashboard real time, manajemen kamar, serta unduh laporan keuangan dan data riwayat check-in. Dari aplikasi ini, owner dapat memantau informasi lengkap mengenai jumlah kamar terisi, tersedia, kamar yang belum dan sudah dibersihkan, jumlah tamu check-in dan check-out, dan pesanan yang dibatalkan.

4. Hotel PMS and Channel Manager

Hotel PMS and Channel Manager adalah aplikasi manajemen hotel yang didesain untuk menyederhanakan kompleksitas dari pengaturan dalam manajemen hotel. Manajemen hotel bersama dengan channel manager dapat membantu kegiatan operasional, sehingga pegawai dapat fokus untuk melayani tamu. Aplikasi ini ideal digunakan untuk penginapan kecil dan menengah, seperti hotel, motel, resort, dan lainnya. Anda dapat mengunduh aplikasi ini di App Store dan Play Store.

Fitur yang disajikan dari aplikasi ini yaitu, manajemen reservasi dan alokasi kamar, dapat dihubungkan dengan aplikasi booking hotel seperti Agoda, push notifications, cetak struk dan voucher, dapat memisahkan akses penggunaan dengan housekeeper, manajemen berbagi ruangan, otomatisasi rating dan jumlah kamar, dapat digunakan untuk pemesanan kamar langsung pada aplikasi ini, dan juga melihat hotel review dari berbagai macam platform untuk segera direspon oleh pihak hotel.

5. Property Management App (KelolaPro)

Aplikasi KelolaPro adalah aplikasi manajemen hotel buatan Indonesia yang didesain untuk membantu manajemen hotel, baik dari yang masih berkembang hingga yang sudah berkembang. Pada aplikasi ini, tamu dapat mengakses informasi mengenai kamar, permintaan layanan, dan check-in maupun check-out, sehingga tamu mendapatkan layanan efisien. Anda dapat mengunduh aplikasi ini di Play Store.

Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap, mulai dari fitur reservasi, hingga fitur pencatatan transaksi yang ada di hotel Anda. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur yang dapat membantu mengatur hotel dalam mengelola aspek lain, seperti membantu Anda dalam mengelola tugas, laporan keuangan, housekeeping, pengelolaan manajemen kamar, dan daftar tamu hotel.

6. Djubo

Djubo adalah aplikasi manajemen, mengontrol, dan meningkatkan pengalaman pelanggan hotel dan penjualan secara online. Pada aplikasi ini, Anda dapat meningkatkan sistem manajemen hotel, reservasi, channel manager,push notifications, melakukan pembayaran dan invoice, menayangkan iklan untuk hotel Anda, manajemen review hotel, Anda juga dapat menganalisis kompetitor dengan membandingkan harga di sekitar lokasi penginapan, serta laporan analisis. Untuk mendapatkan fitur secara penuh, Anda harus berlangganan terlebih dahulu. Anda dapat mengunduh aplikasi ini di Play store dan App Store.

Itulah deretan aplikasi manajemen hotel yang bisa Anda gunakan untuk membantu mengelola internal bisnis penginapan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again