Categories

Berita

Aplikasi Mobile Brainly Indonesia Kini Tergabung dalam Entitas Global

Sebagai bentuk dukungan kepada siswa-siswi Indonesia agar saling terhubung

Michael Erlangga - 6 October 2015

shutterstock_315474695

Demi meningkatkan layanan untuk para penggunanya, platform pembelajaran onlineBrainly menggabungkan seluruh basis layanan aplikasi mobile mereka dari seluruh dunia menjadi satu entitas. Meski menjadi aplikasi global, nantinya pengguna dapat mencari konten yang dibutuhkan berdasarkan relevansi dan bahasa yang disediakan.

Pembaruan ini berlaku sejak tanggal 21 September yang lalu. Sebelumnya, Brainly menggunakan nama yang berbeda-beda untuk beberapa negara seperti Eodev untuk Turki, Zadane untuk Polandia atau Misdeberes untuk Amerika Latin. Satu portal dan satu nama ini jelas akan memudahkan dan pengguna Brainly untuk terhubung dengan 40 juta pengguna dari 35 negara.

“Ide awalnya adalah untuk mengakomodasi koneksi Internet di Indonesia yang masih belum stabil. Aplikasi baru ini lebih ringan dari pendahulunya namun tetap menyajikan UX yang optimal dengan tampilan yang kekinian. Selain itu, Brainly ingin membuka kesempatan bagi para pengguna kami untuk mengakses database Brainly di negara lain melalui aplikasi yang sama. Dengan demikian, pengguna memiliki akses tidak terbatas atas knowledge repositories yang dimiliki Brainly di 35 negara,” ujar Market Development Brainly Indonesia Paris Turnip kepada DailySocial.

Penyeragaman ini tetap mempertahankan tampilan lokal dari 12 bahasa yang telah tersedia. Meski dilebur, basisdata dari tiap negara dibangun secara terpisah untuk menjamin keteraturan. Skema memungkinkan para pengguna Brainly untuk memilah dan memilih informasi yang mereka butuhkan sesuai dengan sistem pendidikan di negara masing-masing.

Aplikasi baru ini juga sudah dilengkapi dengan fitur autocompletion atau mesin pelengkap otomatis yang akan sangat bermanfaat untuk memulai diskusi atau mencari inspirasi. Misalnya, ada beberapa orang pengguna Brainly yang ingin membuat esai mengenai dinosaurus, namun mereka belum memiliki ide harus memulai dari mana. Para pengguna cukup mengetik kata “dinosaurus” pada kotak mesin pencari di aplikasi Brainly dan semua informasi mengenai dinosaurus yang terdapat pada basisdata Brainly akan muncul di kotak hasil.

Brainly Indonesia saat ini memiliki lebih dari 170 orang sukarelawan yang bertugas sebagai moderator yang memverifikasi setiap konten yang masuk ke Brainly untuk menjamin kualitas konten tetap yang terbaik. Ke depan, Brainly berharap aplikasi baru dengan tampilan yang lebih fresh dan up-to-date ini dapat meningkatkan kepuasan para pengguna kami. Brainly juga berharap dapat menjangkau lebih banyak lagi siswa-siswi di seluruh Indonesia karena kami percaya bahwa teknologi adalah salah satu solusi bagi masalah pendidikan di Indonesia.

Aplikasi Brainly telah tersedia untuk platform Android. Dalam waktu dekat pihaknya akan segera merilis versi untuk platform iOS.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter