1. Entrepreneur

5 Aplikasi Muslim Android yang Cocok Dijadikan Pendamping saat Ramadan

Bertepatan dengan tanggal 13 April 2021 kemarin, seluruh umat Muslim di Indonesia menyambut bulan suci Ramadan 1442 H. Tentu rasanya bulan Ramadan kali ini berbeda dengan bulan-bulan Ramadan sebelumnya.

Pandemi Covid-19 yang tak kunjung reda membuat masyarakat Indonesia tidak memiliki pilihan lain selain melakukan aktivitas untuk menunggu waktu buka puasanya di rumah saja. Namun, Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa aplikasi muslim Android yang dapat digunakan untuk menemani Anda dalam menunggu waktu berbuka puasa, berikut daftarnya :

Muslim Pro

Bagi sebagian umat Muslim di Indonesia, aplikasi ini sudah pasti tidak asing lagi ketika didengar. Berawal dari aplikasi seluler dengan ide sederhana seperti menyediakan fitur waktu salat yang akurat bagi umat Islam, Muslim Pro terus berinovasi sesuai kebutuhan pengguna yang semakin berkembang dan menjadi aplikasi seluler komprehensif yang melayani jutaan pengguna di seluruh dunia.

Menyambut Ramadan 2021 ini, Muslim Pro menambah fitur baru di aplikasinya, yakni pelacakan dzikir dan Audio terjemahaan Al Quran. Kedua fitur tersebut kemudian menambah deretan daftar fitur yang bisa digunakan oleh pengguna setelah sebelumnya hanya terdapat fitur waktu solat, qur'an beserta artinya dan arah kiblat.

Umma

https://youtu.be/fhdGG__HexM

Umma merupakan aplikasi untuk kaum Muslim yang bertujuan untuk mendampingi umat Islam dalam menjalankan ibadah sehari-hari. Untuk menjalankan tujuannya, aplikasi ini terdiri dari berbagai fitur yang dapat membantu umat Muslim seperti waktu sholat dan petunjuk arah kiblat.

Selain itu, Anda juga bisa memperdalam ajaran agama melalui berbagai artikel dan video siraman rohani dari para ustad. Khusus untuk bulan Ramadan, Umma juga menghadirkan konten special yang menampilkan bacaan, tips dan resep makanan untuk berbuka ataupun bersantap sahur.

Tak hanya itu, untuk bacaan-bacaan Al-Quran, Anda juga dapat memutar bacaan meskipun keluar dari aplikasi. Sehingga, Anda tetap dapat mendengarkan suara bacaan Al-Qur'an saat membuka aplikasi lain.

Al Quran Indonesia

Tidak dapat dipungkiri bahwa sekarang ini kita dapat melakukan berbagai aktivitas hanya dengan menggunakan smartphone, termasuk salah satunya membaca Al Quran. Al Quran Indonesia merupakan Al Quran digital dengan terjemahan Bahasa Indonesia dan audio mp3 murottal full, 114 surah atau 30 juz tanpa pembatasan.

Aplikasi ini menawarkan beragam fitur yang dapat digunakan tanpa adanya pembatasan, seperti penandaan bacaan terakhir, berbagi ayat-ayat yang dibaca ke media sosial, jadwal sholat, kalender hijrah, arah kiblat, dan masih banyak lagi. Sama seperti aplikasi pada umumnya, didalam aplikasi ini juga terdapat iklan, namun Anda tidak perlu khawatir, karena penempatannya tidak pada posisi ketika sedang membaca Al-Qur'an. Selain itu, aplikasi ini juga dapat anda gunakan secara offline.

Kalkulator Zakat - Syaban

Hukum zakat adalah wajib (fardhu) atas setiap muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu. Zakat termasuk dalam kategori ibadah seperti haji, salat dan puasa yang telah diatur secara rinci berdasarkan Alquran dan Sunah. Dalam dunia fiqih Islam, zakat dibahas secara khusus dalam pembahasan bab fiqih zakat.

Maka dari itu setiap muslim berkewajiban membayar zakat sebelum hari kemenangan Idul Fitri. Dengan menggunakan aplikasi ini para pengguna tidak perlu lagi kesulitan untuk menghitung uang zakat. Tidak hanya dapat menghitung zakat uang, aplikasi ini juga memberikan beberapa pilihan pada menu utama yang terdiri dari zakat emas dan perak, pertanian, perdagangan, hewan ternak, dan juga harta karun.

Kesan

Aplikasi Muslim yang terakhir yang menjadi rekomendasi adalah Kesan, Kesan merupakan  karya anak negeri yang didesain secara khusus untuk membantu para santri, purna santri, dan segenap umat Islam menjadi pribadi muslim yang lebih baik disetiap waktu.

Dengan menggunakan fitur alarm kebaikan, Kesan senantiasa mengingatkan pengguna untuk melakukan amalan yang positif dan Islami melalui notifikasi relevan dan aktual. Kemudian, khusus untuk Bulan Ramadan, Kesan telah menyiapkan lebih dari 100 doa dan zikir Ramadhan, 30 kitab dan buku seputar Ramadan, serta puluhan hadis dan fikih Ramadan harian.

Selain itu, pengguna juga dapat menemukan artikel Islami harian yang berguna untuk menambah wawasan keagamaan para pengguna.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again