Categories

Berita

Aplikasi Otomoto Resmi Meluncur, Bantu Kalkulasi Harga Motor Bekas Secara Lebih Valid

Merupakan rebranding Sumo 365 dengan tambahan sejumlah fitur baru

Marsya Nabila - 3 October 2018

Aplikasi Otomoto meresmikan kehadirannya hari ini, (3/10), untuk memaksimalkan nilai sepeda motor yang dimiliki masyarakat, mengingat motor bukan lagi sebatas alat transportasi melainkan aset berharga.

Otomoto merupakan rebranding aplikasi Sumo 365 dengan layanan booking servis bengkel motor. Sumo 365 merupakan akronim dari Solusi Untuk Motor dan Mobil Online, sementara 365 berarti 365 hari dalam setahun.

Untuk sementara, Otomoto baru tersedia untuk versi Android, sedangkan versi iOS segera menyusul. Secara umum, Otomoto memiliki irisan dengan layanan sejenis, misalnya Moladin yang bulan Juli lalu mendapat suntikan dana segar Rp17 miliar.

Dibandingkan versi sebelumnya, Otomoto memperkaya fitur tidak hanya menyediakan fitur booking, tapi juga memasukkan fitur Price Engine, Smart Inspection, dan Loan.

“Sudah saatnya pemilik sepeda motor melihat potensi kepemilikan sepeda motornya bukan hanya sebagai alat transportasi, tetapi juga sebagai aset yang berharga,” ujar Head of Technology Otomoto Dennis Wu.

Fitur Otomoto

Dengan semangat menyempurnakan aplikasi sebelumnya, Otomoto didesain dengan menggunakan analitik data, algoritma, dan otomasi guna menghadirkan user journey yang maksimal.

Usaha bisa dilihat dari empat fitur baru yang dihadirkan perusahaan. Layanan unggulannya adalah Price Engine untuk memprakirakan harga jual kendaraan dengan akurat berdasarkan data kendaraan. Diklaim fitur ini hadir pertama kalinya di Indonesia.

Pengguna cukup memasukkan tipe kendaraan, tahun produksi, jumlah kilometer, dalam hitungan detik maka perkiraan harga dapat langsung terlihat dari layar smartphone. Rentang harga yang ditampilkan adalah rentang prakiraan fluktuasi harga pasar secara umum.

Hanya saja fitur ini baru bisa digunakan untuk motor merek Honda, dan beberapa jenis merek Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki dengan usia kendaraan maksimal 10 tahun.

Pengguna juga dapat memeriksa kondisi fisik motor dengan detil melalui fitur Smart Inspection yang melibatkan mekanik profesional bersertifikat sesuai standar yang dikeluarkan ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek). Pengerjaan inspeksi memakan waktu kurang lebih 15-30 menit.

Dari hasil inspeksi yang dibagi ke dalam lima kategori, pengguna akan memiliki pilihan untuk meningkatkan kondisi motor dengan melakukan perbaikan. Langkah tersebut pada akhirnya akan menambah nilai jual motor.

Lima kategori ini bisa dipakai sebagai acuan harga saat pengguna mau menjual ke dealer motor bekas atau pembeli perorangan. Bahkan ketika akan mengajukan pinjaman ke multifinance yang telah bermitra dengan Otomoto. Salah satunya adalah Adira Finance untuk cabang Tebet dan Alam Sutera.

Fitur pembiayaan otomotif ini hadir dengan nama Loan. Fitur ini menghubungkan pengguna ke berbagai perusahaan multifinance untuk memperbaiki motor ataupun kebutuhan lainnya.

Ada kecenderungan pengguna motor akan melakukan upgrade setelah sekian tahun. Sekitar 70% di antaranya membeli motor dengan cara mengambil kredit.

“Dengan profil konsumen sepeda motor pada umumnya, biasanya ada kebutuhan terhadap dana yang tidak terantisipasi, misalnya untuk kesehatan, pendidikan, atau hari raya. Dari situ kami berikan beberapa alternatif pendanaan bersama mitra,” tambah Founder dan Board of Advisor Otomoto Marwoto Soebiakno.

Fitur terakhir adalah Booking Service, memungkinkan pengguna dalam melakukan perawatan rutin, mengetahui lokasi bengkel terdekat, dan melakukan pemesanan jadwal kunjungan sesuai lokasi, hari hingga jam yang diinginkan.

Otomoto telah menjalin kerja sama luas dengan mitra bengkel bengkel yang tersebar di banyak daerah, meliputi Jadetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, hingga Bali. Pengguna bisa menikmati berbagai program promosi serta diskon yang diadakan bengkel.

“Ada data analytics yang bisa kita beri kepada mitra bengkel sebagai masukan, dari situ kita bisa diskusi program apa yang bisa dikerjakan bersama untuk menambah kapasitas bengkelnya.”

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter