1. DScovery

6+ Aplikasi Pembuat Komik Android Terbaik Cocok untuk Pemula

Inilah adalah aplikasi-aplikasi pembuat komik di Android terbaik yang akan sangat cocok bagi pemula di bidang menggambar

Komik mungkin merupakan salah satu karya yang sering dibuat oleh kamu yang memiliki hobi menggambar. Pembuatan komik digital seringkali dikaitkan dengan komikus yang memakai Personal Computer (PC) dengan pen tablet yang jika kita teliti memerlukan dana yang cukup besar. Harga pasaran dari pen tablet dengan kualitas baik adalah kurang lebih Rp500.000,-.

Walaupun begitu, dewasa ini, komik dapat dibuat melalui HP khususnya Android loh. Ada beberapa aplikasi powerful yang dapat kamu gunakan untuk mendukung aktivitas menggambar kamu, pada khususnya membuat komik. Tidak jarang, aplikasi ini dipakai juga loh oleh artist yang telah sangat profesional di dunia menggambar komik digital.

Aplikasi Pembuat Komik Android Terbaik dan Cocok untuk Pemula

Berikut ini adalah aplikasi-aplikasi pembuat komik Android terbaik yang akan sangat cocok bagi pemula di bidang menggambar.

Ibis Paint X

Ibis Paint X sebagai aplikasi pembuat komik terbaik

AplikasiIbis Paint X merupakan aplikasi pembuat komik di Android terbaik dan terlaris yang dapat kamu coba. Ibis Paint X ini sangat populer akan kemudahan penggunaannya. Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 100 juta kali ini menghadirkan fitur-fitur yang akan mempermudah komikus maupun ilustrator dalam berkarya dan membuat komik.

Fitur yang ditawarkan oleh Ibis Paint X di antaranya adalah kuas (brush) yang sangat beragam, aset background gratis, kemudahan memberikan panel, dan lain sebagainya.

Uniknya, Ibis Paint X banyak dipakai oleh para profesional illustrator loh. Pengguna dapat mengakses brush dari pengguna lainnya dengan memasukkan kode dan terkoneksi dengan internet.

Dengan begitu, artist tidak lagi harus susah-susah mengatur brush yang terlihat bagus. Ibis Paint X juga menyediakan background, tone, dan motif yang dapat pengguna pakai untuk kebutuhan karyanya.

Dengan fitur yang lengkap dan kemudahan penggunaannya, tidak heran bahwa Ibis Paint ini menjadi salah satu aplikasi pembuat komik Android paling laris.

MediBang Paint

MediBang Paint sebagai aplikasi pembuat komik terbaik

Perangkat lunak pembuat komik di Android terbaik lainnya adalah MediBang Paint. MediBang Paint menghadirkan banyak sekali brush dan aset gratis yang dapat kamu manfaatkan untuk mempercantik hasil karya komik dan ilustrasi kamu.

Aplikasi MediBang Paint ini telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna dan menjadi salah satu aplikasi untuk menggambar dan membuat komik yang banyak digunakan oleh profesional.

Hal unik dari MediBang adalah kemudahannya dalam memasukkan teks untuk komik kamu. Aplikasi ini menghadirkan font khusus untuk komik kamu dengan gratis. Selain itu, MediBang memiliki aset seperti efek, latar belakang (background), serta motif yang akan sangat cocok untuk membuat komik yang pengguna buat lebih hidup dan menarik.

Sketchbook

Sketchbook sebagai aplikasi pembuat komik terbaik

Aplikasi Sketchbook adalah perangkat lunak pembuat komik terbaik selanjutnya. Sketchbook menawarkan interface yang bersih dan sederhana agar penggunanya dapat fokus berkarya.

Fitur yang ditawarkan oleh Sketchbook di antaranya adalah brush atau kuas yang sangat mudah untuk dikustomisasi. Selain itu, Sketchbook juga menawarkan ruler dan grid sehingga membantu pengguna untuk menggambar dengan presisi yang tinggi.

Aplikasi Sketchbook ini mungkin kurang memiliki fitur yang dikhususkan untuk kebutuhan komik seperti pembuatan panel, akan tetapi, Sketchbook memiliki banyak sekali fitur yang akan membuat gambar kamu menjadi lebih keren. Sketchbook pun menawarkan berbagai referensi pose yang sangat cocok bagi pemula. Sampai saat ini, Sketchbook telah diunduh lebih dari 50 juta kali di Play Store.

ArtFlow

ArtFlow sebagai aplikasi pembuat komik terbaik

Perangkat lunak pembuat komik terbaik lain yang dapat kamu coba adalah ArtFlow. ArtFlow menghadirkan berbagai macam fitur yang dapat mempercantik hasil gambar kamu. Aplikasi yang telah diunduh oleh 1 juta pengguna ini memiliki efek dan brush yang banyak dan hampir semuanya ciamik.

ArtFlow pun memberikan fungsi menarik yakni palm rejection, di mana pengguna tidak akan melakukan zooming-in secara tiba-tiba karena pergelangan tangan yang menyentuh layar. Walaupun begitu, ArtFlow ini memberikan batasan akan jumlah layer yang dapat diakses dengan gratis. Sayang sekali jika pengguna sudah membuat beberapa layer, pengguna harus melakukan proses pembayaran untuk menambah layer.

MangaName

MangaName sebagai aplikasi pembuat komik terbaik

Aplikasi MangaName adalah aplikasi dengan developer yang sama dengan aplikasi MediBang Paint, yakni MediBang Inc. Aplikasi ini menawarkan aplikasi ringan yang ditujukan untuk membuat draft komik. Sesuai dengan namanya, name adalah istilah Bahasa Jepang dari draft storyboard manga, sehingga fokus utama dari aplikasi ini adalah agar pengguna dapat menyetor ide komik kapan saja di mana saja. 

Aplikasi MangaName ini hanya memiliki ukuran sebesar 7,9 Mb yang cocok sekali dipakai untuk komikus yang sedang menghemat penggunaan memori pada ponsel. Selain itu, MangaName pun menawarkan kemudahan memasukkan teks ke dalam draft komik yang ingin pengguna buat.

How to Draw Anime and Manga

How to Draw Anime and Manga sebagai aplikasi pembuat komik terbaik

Menurut branding produknya, aplikasiHow to Draw Anime and Manga merupakan aplikasi pembuat komik yang cocok untuk pemula. Tidak hanya menghadirkan fitur untuk menggambar, How to Draw Anime and Manga juga menyediakan video tutorial sehingga pengguna dapat menggambar dengan langkah sesuai panduan tutorial.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali ini juga memiliki banyak aset yang dapat digunakan untuk mempercantik komik kamu seperti bingkai dan efek untuk komik.

How to Draw Anime and Manga ini pun mendukung penggunaan aplikasi secara offline. Dengan begitu, pengguna dapat tetap menonton tutorial yang telah diunduh dan menggambar walaupun tidak terkoneksi dengan internet.

Comic Strip It

Comic Strip It sebgai aplikasi pembuat komik terbaik

Berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, Comic Strip It merupakan aplikasi pembuat komik dengan gambar atau foto dari galeri. Pengguna juga dapat membuat komik dari gambar yang diambil secara spontan melalui kamera ponsel. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan bubble text dan efek komik sehingga komik menjadi lebih menarik.

Pilihan teks bubble dari aplikasi ini sangat banyak dan memiliki bentuk yang unik sehingga pengguna maupun pembaca dari komik menjadi tidak bosan melihatnya. Setelah komik selesai, pengguna dapat membagikan hasil karyanya dengan mudah ke media sosial.

Aplikasi pembuat komik android terbaik cocok untuk pemula | Pexels

Menggambar dan membuat komik saat ini dapat dilakukan dengan mudah melalui Android dengan aplikasi yang menawarkan fitur-fitur menarik. Aplikasi pembuat komik terbaik akan memberikan berbagai kelebihan pada misalnya aset background, berbagai macam brush, pembuatan panel yang mudah, dan lain sebagainya.

Setiap aplikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Nah, itu tadi adalah berbagai aplikasi pembuat komik untuk Android terbaik dan cocok untuk pemula dalam bidang menggambar. Adakah aplikasi pembuat komik yang ingin langsung kamu coba? Selamat menikmati waktu menggambar dan semangat selalu berkarya ya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again