17 November 2012

by wiku

Aplikasi Peta Google Untuk iOS Sudah Masuk Tahap Akhir Pengembangan

Aplikasi peta buatan Google telah memasuki tahap akhir pengembangan, Google sendiri sedang melakukan uji aplikasi versi pre-release. Ini menegaskan kabar sebelumnya yang mengatakan bahwa aplikasi peta Google untuk iOS yang akan hadir sebelum akhir tahun.

Sebuah laporan dari Wall Street Journal mengatakan bahwa Google saat ini sedang memasuki tahap polesan akhir untuk aplikasi ini sebelum mengirimkannya ke Apple. Uji produk juga telah dilakukan di kalangan internal. Aplikasi peta ini diperkirakan akan memiliki fitur turn-by-turn navigation seperti yang ada di aplikasi Android, sebuah fitur yang menjadi negosiasi alot antara Google dan Apple, yang akhirnya membuat Apple merilis aplikasi peta sendiri untuk sistem operasi mobile mereka.

Aplikais dan layanan peta di perangkat mobile adalah medan perang tersendiri dalam pertarungan perangkat bergerak. Nokia, Google dan Apple sendiri bersaing untuk menghadirkan apliakasi peta yang mumpuni. Nokia baru saja merilis merek dan platform baru untuk layanan peta mereka Here yang akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk LiveSight dan peta 3D. Apple merilis aplikasi peta bersamaan dengan diluncurkannya iOS 6 dan menghilangkan aplikasi peta sebelumnya buatan Google, mendapatkan banyak kritik karena kurangnya akurasi.

Google sendiri tentunya menyediakan aplikasi peta di perangkat Android mereka dan kini telah memasuki tahap polesan akhir untuk aplikasi peta iOS. Menarik tentunya untuk melihat sikap Apple atas pengiriman aplikasi ini dan fitur apa yang nantinya akan ada.

Google sendiri memiliki berbagai aplikasi di perangkat iOS, ada 24 aplikasi termasuk peramban Chrome, aplikasi pencarian, Gmail, dan berbagai aplikasi lain.

Sumber: Cnet.