1. DScovery

7 Aplikasi Pinjaman Online Terbaik yang Sudah Diawasi OJK

Beberapa aplikasi pinjol dengan kelebihan masing-masing yang aman dan terpercaya karena sudah terdaftar di OJK.

Kamu pasti sering mendengar keluhan netizen karena terjerat pinjaman online (pinjol) di media sosial, kan? Meminjam uang bukanlah hal buruk karena opsi tersebut masing-masing memberi keuntungan, baik bagi nasabah maupun bagi pihak pemberi pinjaman.

Namun, di zaman yang serba canggih ini, kamu harus teliti dan hati-hati dalam melakukan transaksi keuangan secara online. Di tengah maraknya perkembangan fintech hari ini, sebaiknya pilih platform, bank, atau aplikasi yang terpercaya untuk meminjam uang.

Salah satu parameternya adalah telah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nah, kami sudah merangkum 10 aplikasi terbaik pinjaman online berupa uang tunai untuk smartphone Android.

Tentunya, semua aplikasi ini telah terdaftar di OJK. Cekidot!

Akulaku

Akulaku adalah platform perbankan dan keuangan digital yang ingin memperkuat ekosistem keuangan dalam satu aplikasi. Kamu bisa menggunakan layanan pinjam uang melalui layanan pinjaman tunai dengan dua opsi. Yang pertama yaitu pinjaman tunai yang terdiri dari Dana Cicil dan KTA Asetku.

Kamu harus memiliki riwayat menggunakan aplikasi Akulaku yang baik terlebih dahulu untuk menggunakan layanan Dana Cicil. Sedangkan, untuk KTA Asetku, kamu bisa meminjam uang dengan proses pencairan yang cepat. Kamu bisa menyesuaikan periode pelunasan dari kredit mulai dari 1 hingga 12 bulan.

Detail aplikasi dan layanan pinjaman uang online di Akulaku.

Syaratnya, kamu harus menyetor nomor rekening dan data pribadi seperti no. handphone dan email untuk verifikasi. Yang kedua, kamu bisa menggunakan layanan kredit pembelian barang seperti HP, laptop, dan sejenisnya. Selain kedua layanan tersebut, kamu juga bisa memanfaatkan Akulaku Paylater.

Akulaku Paylater sendiri telah terdaftar di OJK di bawah PT Akulaku Finance Indonesia. Akulaku Paylater merupakan anggota dari Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI). Untuk pendaftaran akun pertama, kamu langsung bisa mendapat saldo kredit Rp 25 juta, loh!

Download aplikasi Akulaku di sini.

Kredivo

Aplikasi selanjutnya adalah Kredivo yang juga sudah terdaftar di OJK. Kredivo hadir memberikan layanan pinjaman online dengan limit maksimum Rp 30 juta dan bisa dilunasi kapan saja. Bahkan, kamu bisa mendapat bunga 0% jika kamu mencicil kredit dalam kurun waktu 3 bulan.

Detail aplikasi dan layanan pinjaman uang online di Kredivo.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan “Buy Now Pay Later” untuk melakukan online shopping di berbagai merchant yang bekerja sama dengan Kredivo, seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Erafone, Tiket.com, Electronic City, IKEA, McDonald’s, dan masih banyak lagi.

Syarat pengajuan pinjaman juga cukup mudah, yaitu minimal berpenghasilan Rp 3 juta per bulan, menyantumkan KTP dan foto diri, dan NPWP untuk akun premium.

Download aplikasi Kredivo di sini.

Indodana

Berdiri tahun 2017, Indodana memberikan layanan pinjaman tunai, cicilan tanpa kartu kredit, dan paylater. Setahun kemudian, atau tepatnya 2018, Indodana resmi terdaftar di OJK dan saat ini telah tergabung dalam Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Mirip seperti Kredivo, Indodana memberikan cicilan dengan bunga 0% jika kamu memilih periode cicilan 3 bulan. Indodana sendiri juga memberikan kebebasan periode cicilan hingga 12 bulan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pinjaman tunai mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 12 juta.

Detail aplikasi dan layanan pinjaman uang online di Indodana.

Syarat transaksi di Indodana juga mudah, minimal berusia 20 tahun dan maksimal 55 tahun saat pelunasan dan berdomisili di area layanan Indodana. Kamu juga diminta menyertakan KTP, foto diri, memiliki akun bank (khusus pinjaman tunai) dan menempuh proses validasi pendapatan minimal Rp 3,5 juta per bulan.

Download aplikasi Indodana di sini.

JULO

Aplikasi JULO berdiri satu tahun lebih awal dibanding Indodana yaitu pada 2016. JULO menawarkan pinjaman online dengan periode cicilan hingga 9 bulan dan maksimum dana pinjaman sebesar Rp 15 juta dan minimum Rp 500 ribu.

Selain itu, JULO memiliki penawaran menarik lainnya yaitu cashback saat bayar cicilan hingga undian berhadiah tiap bulannya. Selain sebagai aplikasi pinjam uang online, JULO juga menyediakan fitur-fitur dompet dan pembayaran digital.

Detail aplikasi dan layanan pinjaman uang online di JULO.

Adapun syarat mengajukan pinjaman online di JULO adalah berusia 21-60 tahun, berdomisili di Indonesia, berpenghasilan minimal Rp 2 juta per bulan, dan menggunakan ponsel Android selama transaksi.

Download aplikasi JULO di sini.

Kredit Pintar

Sama dengan Indodana, Kredit Pintar juga muncul pertama kali tahun 2017. Kredit Pintar menawarkan pinjaman online dengan bunga tahunan yang cukup rendah, yaitu tidak lebih dari 11%. Kamu bisa meminjam uang tunai hingga Rp 20 juta dan mencicilnya mulai dari 91 hari sampai 360 hari.

Detail aplikasi dan layanan pinjaman uang online di Kredit Pintar.

Dengan memenuhi syarat minimal 18 tahun ke atas, menyertakan KTP, serta memasukkan data pribadi dengan benar, kamu bisa mendapat uang pinjaman kurang dari 24 jam apabila telah mendapat persetujuan. Cocok bagi kamu yang butuh dana darurat dengan proses cepat.

Download aplikasi Kredit Pintar di sini.

Tunaiku

Berdiri tahun 2014, Tunaiku menyediakan layanan pinjaman uang online dengan periode cicilan yang cenderung lebih lama dibanding kompetitornya, yaitu mulai dari 6-20 bulan. Kamu bisa meminjam mulai dari Rp 2 juta-Rp 20 juta dengan aplikasi ini.

Pencairan pinjaman uang terhitung cepat yaitu menunggu persetujuan hingga 24 jam. Kemudian, kamu baru menandatangani kontrak pinjaman 1-3 hari kemudian. Namun, jika kamu terlambat membayar cicilan, akan dikenakan biaya keterlambatan sebesar Rp 150 per bulannya.

Detail aplikasi dan layanan pinjaman uang online di Tunaiku.

Untuk bisa menggunakan layanan Tunaiku, kamu harus berusia minimal 21-55 tahun, seorang WNI, memiliki rekening bank, mempunyai penghasilan, dan alamat KTP dan domisili sesuai layanan Tunaiku.

Download aplikasi Tunaiku di sini.

Rupiah Cepat

Sampailah kita pada aplikasi terakhir yaitu Rupiah Cepat. Selain terdaftar di OJK, Rupiah Cepat juga merupakan anggota AFPI seperti Indodana. Rupiah Cepat menawarkan periode cicilan dari 91-365 hari.

Detail aplikasi dan layanan pinjaman uang online di Rupiah Cepat.

Bisa dibilang, aplikasi ini memiliki syarat pengajuan pinjaman uang yang paling mudah. Kamu hanya perlu memenuhi usia minimal 18 tahun, mempunyai KTP dan rekening bank. Namun, besaran uang yang ditawarkan cenderung lebih rendah dibanding yang lainnya yaitu mulai dari Rp 400 ribu sampai Rp 10 juta.

Download aplikasi Rupiah Cepat di sini.

Demikian 7 aplikasi penyedia pinjaman uang online di smartphone Android yang terbaik dan diawasi OJK. Ingat, bijaklah dalam meminjam uang! Ajukan pinjaman jika memang ada kebutuhan penting atau mendesak yang harus segera dipenuhi.

Jangan meminjam uang hanya untuk kesenangan dan gengsi semata karena pada akhirnya, kamu juga harus mengembalikan uang yang sudah kamu pinjam. Kamu tidak mau kan berakhir dikejar-kejar debt collector?

Sumber gambar header: iStock Photo.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again